Share this
Share

9 shares

8 Hal Untuk Meningkatkan Motivasi Olahraga Biar Rajin Ngegym

3 June 2018

Hal Untuk Meningkatkan Motivasi Olahraga Biar Rajin Ngegym

Motivasi olahraga setiap hari

Menjadi aktif dalam berolahraga tentu memiliki banyak manfaat, mulai dari kesehatan jantung hingga kualitas tidur hingga fungsi otak. Namun dibalik itu semua, kita tentu butuh yang namanya motivasi olahraga untuk tetap fokus dengan tujuan dan menghindari kemalasan.

Bangun pagi mungkin tidak begitu sulit, yang sulit adalah mengumpulkan alasan kenapa kita harus olahraga setelah bangun pagi. Kadang kala, satu alasan tidaklah cukup untuk membuat kita mendapatkan motivasi untuk segera beranjak dari kasur.

Selain itu, kita juga perlu mendapatkan motivasi olahraga untuk pergi ke gym. Jika kamu pernah mengalami kesulitan dalam rutinitas olahraga, mungkin cara-cara di bawah ini bisa diikuti untuk kita tetap fokus dalam rutinitas dan tetap berkeringat.

1. Berpakaian yang tepat untuk olahraga, bahkan ketika kamu sedang merasa malas dan sedang tidak ingin olahraga

Hal Untuk Meningkatkan Motivasi Olahraga Biar Rajin Ngegym

Sering gak sih merasa sedang tidak ingin pergi ngegym atau sekedar tidak ingin olahraga? Hal-hal mager memang cenderung suka kita rasakan terutama di pagi hari. Dalam banyak hal, mungkin pola pikir kita tentang motivasi olahraga perlu diubah sedikit. Biasanya orang berpikir kalau sudah ingin olahraga baru ganti baju workout. Coba deh, cara berpikirnya dibalik. Mau sedang mager atau tidak, kamu boleh coba segera ganti baju olahraga di pagi hari, mengenakan sweatshirt atau celana lari ternyata lebih penting daripada keluar dari pintu untuk pergi ke gym.

Penelitian juga telah membuktikan kalau secara teknis untuk mengatakan bahwa berpakaian yang kita pakai dapat membantu menyulut ambisi untuk menyelesaikan tugas yang ada hubungannya dengan penampilan itu. Singkatnya, kalau kamu memakai peralatan olahraga di pagi hari, kemungkinan kamu keluar dari pintu rumah dan berolahraga menjadi lebih besar.

2. Bikin komitmen bareng sama teman

Hal Untuk Meningkatkan Motivasi Olahraga Biar Rajin Ngegym

Motivasi olahraga juga akan sangat dibantu jika memiliki orang yang bisa diajak ngegym atau lari bareng. Jadi buatlah rencana untuk melakukan latihan bersama dengan seorang teman.

Memiliki perasaan bahwa orang lain mengandalkan kita untuk hadir ke tempat gym akan mengurangi kemungkinan kita untuk malas berolahraga.

3. Buatlah rencana

Hal Untuk Meningkatkan Motivasi Olahraga Biar Rajin Ngegym

Jika kamu ingin benar-benar menjadi aktif, tidak ada salahnya dengan pergi ke gym dan menginvestasikan uang, dan waktu untuk berlatih sehabis pulang kerja. Atau dengan membeli alat-alat olahraga untuk menunjang olahraga harian misalnya membeli sepatu olahraga.

Di sisi lain, semua hal ini haruslah kita rencanakan. Siasati strategimu dengan membuat catatan pengeluaran yang perlu dihabiskan untuk misi kebugaran. Selain itu, menurunkan berat badan juga menjadi pilihan untuk hidup sehat. Belilah beberapa makanan sehat, atau buah-buahan yang perlu dikonsumsi dalam seminggu atau dengan tambahan minuman suplemen otot. Beberapa hal administrasi ini mungkin kelihatan sepele, tapi kalau dijalanin sangat berasa sekali manfaatnya.

4. Pergi ke gym pagi-pagi

Hal Untuk Meningkatkan Motivasi Olahraga Biar Rajin Ngegym

Dengan bangun pagi-pagi dan pergi ke gym atau olahraga, kita akan berhasil menghindari rasa malas yang biasanya datang tiba-tiba. Berolahraga lebih awal dapat memberikan energi yang positif, menjadikannya rutinitas pagi lebih ideal.

Masalahnya kebanyakan orang suka sekali yang namanya menunggu. Kalau kita menunggu, motivasi olahraga kita akan menurun karena matahari yang semakin naik. Segera beranjak dari tempat tidur mungkin sulit dilakukan di awal-awal, tetapi kalau sudah punya temponya, kita akan menjadi senang melakukannya.

5. Mengubah rutinitas

Hal Untuk Meningkatkan Motivasi Olahraga Biar Rajin Ngegym

Ada kalanya manusia suka merasa bosan dengan rutinitas yang monoton. Bahkan untuk sebuah kebiasaan yang bagus sekalipun seperti olahraga. Untuk menghindari kejenuhan ini, cobalah melakukan latihan yang berbeda dari biasanya. Bangun kembali rutinitas ngegym atau workout kamu dengan menambah beberapa latihan yang belum pernah dicoba.

Dijamin cara ini dapat menjadikan kita terhindar dari kebosanan. Dengan beralih ke hal-hal yang lain, kita akan mempunyai rutinitas baru dan menjaga tubuh dan pikiran kita tetap berinvestasi dalam aktivitas.

6. Pikirkan tentang sukses dan manfaat olahraga setiap hari

Hal Untuk Meningkatkan Motivasi Olahraga Biar Rajin Ngegym

Terkadang, motivasi bisa datang dari sesuatu yang tidak disangka. Bisa kapanpun dan dimanapun, meskipun itu hanya berasal dari film yang kita tonton tentang orang yang mengalahkan lawannya di arena tinju. Atau hanya sekedar dari video yang kita lihat di youtube. Dengan datangnya motivasi itu, kita dapat menvisualisasikan sebuah tujuan yang ingin kita capai di masa mendatang.

Biasanya orang cenderung melakukan sesuatu kalau ada alasannya. Pernahkah kita menutup mata sejenak dan membayangkan apa yang akan terlihat dan terasa ingin dicapai dari yang namanya berolahraga? Dengan memikirkan hal tersebut kita akan terus meningat tujuan kita, dan apa yang membuat kita menjadi sukses.

Karena apabila kita tidak siap secara mental, tentu kita tidak akan pernah siap secara fisik. Semangat dan motivasi selalu datang dari alam bawah sadar. Pikirkanlah sebuah konsekuensi apabila kita mempertimbangkan untuk melewatkan latihan dalam satu hari. Dengan membayangkan itu semua, tentu kita akan terus mencoba untuk menjadi yang lebih baik lagi dan yang paling penting, fokus dengan tujuan.

7. Buat catatan record hasil olahraga kamu

Hal Untuk Meningkatkan Motivasi Olahraga Biar Rajin Ngegym

Dengan mencatat jarak, berat, dan hal-hal objektif lainnya dalam misi kebugaran, kita akan dapat melihat kemajuan di atas kertas. Record yang sudah kita catat itu dapat berguna untuk meningkatkan kuantitas latihan kita ke tahap yang lebih tinggi lagi. Di saat yang bersamaan, catatan latihan kita juga dapat membantu kita lebih termotivasi.

8. Istirahat yang cukup untuk memulihkan tenaga

Hal Untuk Meningkatkan Motivasi Olahraga Biar Rajin Ngegym

Istirahat adalah hal yang penting dalam proses menuju apa yang kita impikan. Kamu mungkin merasa ingin pergi ke gym setiap hari atau ingin workout dan berlari setiap hari, no excuse. Pokoknya tanpa meninggalkan satu hari pun untuk menjadi malas dan tanpa olahraga.

Namun pada akhirnya, kita akan menemukan bahwa keinginan tubuh untuk beristirahat akan mengalahkan keinginan otak kita. Kita mungkin akan menemukan sebuah momen dimana kita akan melewatkan satu hari tanpa berkeringat. Itulah dimana kita butuh yang namanya istirahat. Istirahat disini tentu bukanlah bermalas-malasan, namun lebih kepada melakukan pemulihan. Apabila kita sudah menemukan kondisi seperti itu, segeralah istirahat. Dengan begitu, kita akan terhindar dari rasa kelelahan untuk mengatasi sesi latihan berikutnya.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #motivasi #ngegym #olahraga
Share

Pilihan editor