Share this
Share

shares

8 Cara Simple Untuk Meningkatkan Ingatan Otak (Anti pikun)

29 December 2017

Cara Simple Untuk Meningkatkan Ingatan Otak Anti Pikun Cerpin Com 1

Kenapa ingatan otak kita lemah dan cepat lupa?

Setiap orang zaman now butuh ingatan yang kuat. Entah itu orang tua atau anak muda. Karena orang yang gampang lupa ingatan atau pikun tak berarti kalau dia sudah tua. Toh banyak juga mereka yang masih muda tapi suka cepat lupa. Hal ini menunjukan kalau daya ingat manusia sangat erat hubungannya dengan kebiasaan, gaya hidup dan seberapa sering kita melatih otak kita untuk mengingat. Intinya, daya ingat adalah sesuatu yang bisa dilatih setiap saat, sama halnya juga dengan otot di badan kita, yang kalau dilatih bisa jadi kuat. Buat kamu yang kadang suka lupa naruh barang, lupa nama orang kalau ketemu di jalan.

Cepat lupa bukan berarti hanya sekedar faktor usia, bisa jadi itu karena otak kita yang jarang dilatih. Jangan sampai di usia yang tak seharusnya bisa pikun jadi pikun beneran karena tak peduli sama otak sendiri. Ikuti cara-cara di bawah ini supaya gak malu-maluin gara-gara lupa parkir mobil dimana.

1. Melatih konsentrasi dalam 8 detik

Cara Simple Untuk Meningkatkan Ingatan Otak Anti Pikun Cerpin Com 4

Di jaman yang serba cepat dan modern ini. Memang kebanyakan orang dilupakan sama hal-hal yang berbau teknologi di sekitarnya. Apabila kita tak sedang menggunakan gadget, biasakan untuk melatih konsentrasi dalam 8 detik untuk meningkatkan daya ingat. Kenapa harus 8 detik? 8 detik adalah waktu yang cukup untuk otak kita dalam mencari-cari informasi yang dibutuhkan dari short-term memory (ingatan jangka pendek) sampai long-term memory (ingatan jangka panjang). Dalam kurun waktu 8 detik, berpikir dan konsentrasi, kita akan menemukan apa yang sebenarnya dari tadi kita pikirin.

Bayangkan kita ketemu orang di jalan, tapi lupa namanya siapa, cobalah cara ini untuk memulihkan ingatan otak dan mendapatkan informasi yang kita inginkan. Maklum, biasanya orang jaman sekarang cenderung lebih ingat muka daripada nama. Kalau yang ketemu mantan sih biasanya selalu ingat terus.

2. Jangan terburu-buru apabila berjalan menuju pintu keluar/masuk

Cara Simple Untuk Meningkatkan Ingatan Otak Anti Pikun Cerpin Com 5

Pernahkah kamu mendatangi sebuah gedung, dan ketika masuk ataupun keluar pintu di gedung tersebut, seketika kita jadi lupa ingatan sejenak. Atau ketika kita habis bangun tidur, berjalan keluar kamar, menuju kamar mandi dan tanpa sadar kita jadi lupa kenapa kita pergi ke tempat tujuan kita itu. Atau apabila kamu pernah mengalami pindah rumah, dan masuk ke rumah baru, sejenak kamu tertarik oleh sebuah ruangan dan masuk ke ruangan tersebut, ketika masuk, kamu jadi lupa tadi mau ngapain.

Hal ini memang membuat kita bingung dan orang yang ahli pun masih penasaran dengan hal ini. Hampir semua orang cenderung pernah mengalaminya dan masih menjadi misteri. Rumor mengatakan kalau kita masuk ke tempat yang baru kita datangi, otak kita seperti melakukan restart pada ingatan kita yang mengakibatkan kita menjadi lupa apa yang ingin dikerjakan (blank).

3. Melatih ingatan dengan mengepalkan tangan

Cara Simple Untuk Meningkatkan Ingatan Otak Anti Pikun Cerpin Com 3

Kalau orang kantoran yang habis weekend atau liburan, mungkin ada saja sesuatu yang terlupakan. Hal yang ingin dilakukan tapi lupa, entah itu urusan kerjaan, soal janji sama teman kantor, dan sebagainya. Hal simple lainnya untuk membuat ingatan kita tajam adalah mengepalkan tangan. Mengepalkan tangan dapat melatih ingatan kita lebih dalam. Bisa juga mengepalkan tangan sambil meremas stress ball, mainan penghilang stress untuk membantu daya ingat.

Apabila kamu bertangan kanan, kamu bisa coba untuk mengepalkan tangan kanan sebelum mengingat sesuatu, selanjutnya mengepalkan tangan kiri untuk men-trigger ingatan kita lebih dalam lagi. Kalau kamu kidal, silahkan lakukan cara tersebut kebalikannya. Tangan kiri duluan, baru tangan kanan. Dan jangan lupa untuk menahan kepalan tanganmu selama 45 detik sebelum melepaskan. Cara simple ini dapat melatih daya ingat kita, sesuatu saat pasti kamu akan berterima kasih sama cara yang kelihatannya sepele ini.

4. Olahraga

Cara Simple Untuk Meningkatkan Ingatan Otak Anti Pikun Cerpin Com 6

Yup, olahraga, sebuah aktivitas yang memang banyak manfaatnya. Siapa bilang olahraga cuma buat otot doang. Olahraga adalah aktivitas yang menyehatkan seluruh anggota badan kita termasuk otak. Pergerakan yang dilakukan dengan badan kita akan meningkatkan kewaspadaan dan meningkatkan supply oksigen menuju otak. Hal ini dapat menyebabkan pertumbuhan sel di bagian tertentu dalam otak yang berhubungan dengan daya ingat.

Sebuah studi juga menemukan kalau wanita yang selesai olahraga dapat mengingat banyak hal dengan lebih baik daripada mereka yang hanya sekedar bangun tidur dan malas untuk berolahraga. Olahraga disini juga tak harus ke gym, main bola, badminton atau cabang olahraga lain. Dengan hanya lari pagi pun sudah sangat membantu dalam meningkatkan kesehatan otak dan otot kita. Hati-hati, orang yang cepet lupa dan pikun di usia muda, bisa jadi itu karena kurang olahraga. Apabila kalau perutnya buncit karena ketahuan gak pernah olahraga, yah kelar idup lo.

5. Tidur yang cukup

Cara Simple Untuk Meningkatkan Ingatan Otak Anti Pikun Cerpin Com 7

Kehidupan malam memang menyenangkan, banyak hal yang membuat kita ogah tidur cepat. Kebanyakan anak sekolah dan anak kuliahan yang sering begadang demi ujian. Sebenarnya orang yang sudah bekerja atau siapapun juga sama saja sih. Namun kalau kita memang betul-betul sadar dan peduli dengan kesehatan, mungkin lebih baik istirahat dulu sebelum melanjutkan aktivitas lagi. Mungkin tidur cepat sering diremehkan para pengejar kesunyian malam demi mendapatkan hasil yang memuaskan dalam test, tapi tidur lebih cepat adalah kegiatan yang sebenarnya lebih bermanfaat karena otak akan memproses informasi yang lebih baik ketika kita tidur di awal malam dan akan mengeluarkan informasi tersebut ketika kita bangun.

Jadi jangan heran, sebenarnya cara belajar yang maksimal adalah dengan cara tidur di awal malam, dan bangun lagi di dini hari untuk belajar dan bekerja, hasilnya akan sangat berbeda. Kalau dulu jaman sekolah ada kerja kelompok dan rame-rame nginep di rumah temen, selalu ada satu orang yang tidur duluan dan yang lainnya masih pada belajar. Keesokan harinya, orang yang tidur duluan itu nilainya paling bagus daripada yang belajar semalam suntuk tapi tidak memuaskan. Dan jawaban dari mereka yang belajar semalam suntuk itu selalu sama, “ini materinya gak ada yang nyangkut di otak, padahal udah belajar semalaman”. See? Same old story.

6. Mengunyah permen karet

Cara Simple Untuk Meningkatkan Ingatan Otak Anti Pikun Cerpin Com 9

Hati-hati sama orang yang suka makan permen karet. Karena biar begitupun mereka orang-orang yang pandai mengolah informasi. Mengunyah permen karet bukan sok-sokan mau jadi lupus, tapi trik jitu untuk memulihkan konsentrasi dan meningkatkan daya ingat otak. Mengunyah permen karet selama 30 menit dapat memberikan gambaran visual yang lebih baik. Orang yang ingin memberikan persentasi, mereka biasanya suka mengunyah permen karet, selain dapat mengurangi rasa grogi, permen karet dapat meningkatkan fungsi ingatan.

Mungkin kamu pernah nonton film hollywood yang ada scene dimana orang mau diinterogasi sama detektif. Sebelum ditanya, orang itu ditawarin permen karet dulu sama si detektif. Contoh lain yang lebih kredibel, kalau kamu pergi ke suatu tempat trus nyasar, sumber informasi yang terbaik adalah nanya sama tukang parkir yang di mulutnya lagi ngunyah permen karet. Kenapa? Karena jawabannya paling sakti. Ini pengalaman sendiri.

7. Nulis, mencatat itu penting

Cara Simple Untuk Meningkatkan Ingatan Otak Anti Pikun Cerpin Com 2

Mencatat adalah tempat dimana kita bisa mengembalikan ingatan dengan sekejap. Catatan adalah informasi yang sudah kita keluarkan dan meletakkannya di sebuah medium yang lain. Informasi dalam catatan dapat meningkatkan daya ingat kita lebih baik lagi. Kebiasaan mencatat sangatlah baik dan berguna. Orang yang suka mencatat juga menunjukan kalau dirinya adalah orang yang bisa mengelola informasi dengan baik dan seorang manager yang baik untuk dirinya sendiri. Suka mencatat di jaman sekarang yang serba digital ini adalah hal wajib yang pastinya akan sangat berguna.

8. Belajar mengatur musik

Cara Simple Untuk Meningkatkan Ingatan Otak Anti Pikun Cerpin Com 10

Semua orang pasti suka mendengarkan musik. Apalagi kalau sedang kerja atau belajar. Kalau sedang bekerja depan komputer, laptop dan sambil mendengarkan musik itu mungkin bermanfaat, menambah semangat kerja dan meningkatkan mood kita. Apalagi kalau masuk kerja di hari senin, biasanya pagi-pagi orang sudah jadi autis sama headset masing-masing. Nah kalau sedang belajar gimana? Mendengarkan musik atau suara-suara lain ketika belajar tidak dianjurkan. Belajar disini adalah proses kita ingin menyerap informasi dari yang kita baca atau pelajari.

Membaca sambil mendengarkan musik dapat menimbulkan distraksi atau gangguan. Mungkin ketika belajar sambil mendengarkan musik dirasakan asik dan menyenangkan. Namun hal ini sebenarnya kan mempengaruhi bagaimana kita mengolah informasi yang sudah kita baca tadi di kemudian hari. Kalau membaca sambil mendengarkan musik, kita akan cenderung susah untuk mengingat apa yang pernah kita baca. Hal ini sangat ilmiah, karena otak manusia tak bisa berkonsentrasi pada dua hal sekaligus. Mungkin ada yang mengaku kalau belajar sambil mendengarkan musik adalah hal bagus, tapi efeknya akan dirasakan di kemudian hari, bukan disaat kita belajar. Mungkin belajar atau membaca dalam kesunyian dan tanpa musik dirasakan aneh. Tapi percaya deh, di kemudian hari, kita akan cepat mengingat apa yang telah kita pelajari di hari itu.

Baca juga artikel menarik lainnnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #cara #ingatan #memory #otak #pikun #tips
Share

Pilihan editor