Share this
Share

shares

5 Cara Efektif Untuk Memaksimalkan Maker's Time Agar Fokus Dan Produktif

3 November 2017

Cara Efektif Untuk Memaksimalkan Maker's Time Agar Fokus Dan Produktif Cerpin Com 3

Antara rekan kerja yang cerewet dan sosial media, kadang-kadang sulit untuk bisa fokus di tempat kerja. Kadang kala kita sudah menyiapkan waktu untuk memulai tugas yang perlu konsentrasi penuh dan menyiapkan jadwal. Disini kita menyebutnya Maker’s time, sebuah waktu pribadi yang akan kita manfaatkan untuk menambah produktifitas bekerja. Namun tanpa kita sadari, dari mulai tugas itu dikerjakan, kita jadi kehilangan fokus. Pasti ada banyak sekali distraksi di sekeliling kita yang membuat Maker’s time kita menjadi pendek dan kita kehilangan momen tersebut, lagi dan lagi.

Apabila kalian adalah pekerja yang perlu di depan layar monitor, pasti sudah mengerti dengan momentum seperti ini. Mereka yang menjadi penulis, animator, desainer, penggiat IT, engineer penting untuk membuat Maker’s time, waktu yang akan digunakan untuk berpikir atau mencari inspirasi. Kadang kala semuanya menjadi tidak berguna apabila waktu yang telah kita buat untuk membuat tugas tersebut menjadi terbengkalai karena kegagalan fokus tadi, alhasil kita hanya membuang-buang waktu terus-menerus.

Cara Efektif Untuk Memaksimalkan Maker's Time Agar Fokus Dan Produktif Cerpin Com 2

Akhirnya, deadline sudah di depan mata dan persiapan matang pun belum juga tuntas. Mungkin disinilah letak permasalahannya, kita perlu melakukan review Maker’s time kita, mungkin ada beberapa hal yang belum kita terapkan dan sangat penting untuk meningkatkan kreatifitas sehingga produktifitas juga meningkat.

Dalam “Zona” waktu tersebut, anggaplah kita berada dalam suatu ruang dan waktu yang terisolasi dan sangat terbatas, dari situ kita bisa memikirkan dengan cermat bagaimana cara untuk meningkatkan produktifitas kita dalam bekerja dan memacu kinerja otak kita dalam upaya mencari informasi dan inspirasi.

Tips dan trik di bawah ini diharapkan dapat membantu teman-teman sekalian dalam menetukan sasaran, menjadi pribadi yang produktif dalam bekerja, tidak melulu menyesal setelah melakukan Maker’s time, tidak ada lagi waktu yang terbuang percuma, dan mendapatkan target yang diinginkan.

1. Review lagi bagaimana kita bekerja, sudah yakin mendapatkan waktu bekerja di jam yang optimal?

Cara Efektif Untuk Memaksimalkan Maker's Time Agar Fokus Dan Produktif Cerpin Com 4

anak kalong

Kita harus tahu kapan kita harus mendapatkan fokus dalam bekerja. Ini adalah hal penting, terkadang manusia memiliki jamnya masing-masing, misalnya tak semua orang bisa bangun pagi dan lebih awal atau tak semua orang bisa bekerja sampai larut malam dan ada pula yang merasa lebih “produktif” ketika malam hari.

Cara Efektif Untuk Memaksimalkan Maker's Time Agar Fokus Dan Produktif Cerpin Com 1

Ada yang merasa kayak gini? LOL

Semua ini adalah hal wajar, kita hanya perlu tahu di jam berapa kita merasa punya power yang lebih dan dominan dalam bekerja agar fokus yang didapat juga maksimal. Apabila kita orang yang morning-person, pagi hari mungkin adalah jam yang efektif untuk kita bekerja, setelah berolahraga, siapkan teh hangat untuk duduk di depan laptop, dan membuat Maker’s time di jam-jam yang kita rasa akan lebih optimal tersebut. Mereka yang selalu bekerja di malam hari karena menyukai ketenangan malam, dapat tidur lebih awal dan bangun di tengah malam untuk mulai bekerja.

Dijamin sekali kita tahu jam-jam yang efektif untuk bekerja, pekerjaan akan terasa lebih ringan, saat kita berada di zona waktu yang pas, otak kita akan bekerja lebih optimal, karena kita tahu, kalau jam-jam tersebut adalah waktunya kita “melek” dan inspirasi akan cepat datang.

2. Biarkan kamu memiliki target, jangan sampai kita bekerja tanpa adanya tujuan dan ekspektasi, karena bersusah-susah dahulu, menikmati target kemudian

Cara Efektif Untuk Memaksimalkan Maker's Time Agar Fokus Dan Produktif Cerpin Com 5

Buat target sebelum bekerja

Fakta alamiah, orang yang suka membuat target dalam bekerja cenderung lebih bahagia. Karena ekspektasi itu penting, kita akan mengharapkan hasil yang terjadi ketika selesai melakukan pekerjaan.

Membuat target akan membuat alur kerja kita lebih terarah dan kita akan merasa puas ketika mengalaminya. Semua ini dapat dilakukan dengan menulis tujuan kita dalam secarik kertas atau di papan tulis.

Kelihatannya sangat sepele namun akan berdampak positif semakin kita tahu cara mainnya. Dengan menulis daftar-daftar target kita, setiap hal yang kita kerjakan akan mengandung makna, dan kita akan terus fokus untuk membuat semua hal itu menjadi kenyataan, just make it happen.

Buatlah target sebelum bekerja, hal ini bisa dilakukan harian atau mingguan, sangat simple, tak perlu nyontek, tidak perlu googling, kita hanya perlu menulis sendiri, dan hasilnya akan sangat efektif, hal yang kita kerjakan akan berasa lebih nyata bahkan sebelum kita melakukannya.

Karena ketika menulis target di secarik kertas itu tanpa sadar kita sudah menaruh seberkas harapan agar membuatnya menjadi kenyataan, The power of mind.

3. Mendengarkan musik saat bekerja akan menambah konsentrasi dan merangsang kinerja otak

Cara Efektif Untuk Memaksimalkan Maker's Time Agar Fokus Dan Produktif Cerpin Com 6

Siapa yang bilang kalau mendengarkan suara-suara ketika belajar/bekerja akan mengganggu konsentrasi. Ya tergantung, musik mana dulu yang sedang kita dengarkan. Kalau kita mendengarkan musik yang keras-keras ya wajar kalau konsentrasi jadi buyar, apalagi ditambah lirik-lirik yang provokatif dan memacu adrenaline. Musik keras dapat membuat kita lebih semangat dan menaikan emosi, ini bukan berarti musiknya tidak bagus, hanya tidak cocok kalau dibawa untuk bekerja.

Dr. Teresa Lesiuk, pakar psikologis mengatakan kalau mendengarkan musik dapat menigkatkan produktifitas, mempercepat menyelesaikan pekerjaan dan lebih cepat mendatangkan ide-ide dan insprirasi dalam bekerja. Ia juga menambahkan kalau musik yang tanpa menggunakan lirik dapat membuat kita lebih konsentrasi karena kita tidak perlu fokus terhadap lirik lagunya yang hanya akan membuat kita ikut bernyanyi.

Pada dasarnya manusia tidak bisa fokus ke dua hal sekaligus, oleh karena itu, mendengarkan musik dalam bekerja bukan untuk membuat kita larut dalam lagu dan ikut menyanyi, tapi untuk merangsang otak kita, menstimulasi cara kita bekerja, mempercepat workflow dan mengerjakan pekerjaan dengan cepat.

Musik-musik instrumen, lagu-lagu klasik, musik-musik ambient, suara-suara alam adalah contoh musik-musik yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk menemani kita bekerja. Semuanya bisa kita cari di youtube, ketik aja “music for study”, disitu sudah banyak pilihannya.

4. Melihat pemandangan untuk membantu meningkatkan fokus, lebih dekat dengan alam

Cara Efektif Untuk Memaksimalkan Maker's Time Agar Fokus Dan Produktif Cerpin Com 7

Susah mendapatkan fokus di awal-awal bekerja? Silahkan duduk dekat jendela yang ada pemandangan hijaunya. Melihat alam secara langsung akan membantu meningkatkan fokus dan secara cepat akan membuat kita berada dalam “zona” ruang & waktu miliki kita sendiri.

Tanpa sadar kita akan cepat menjadi “autis”, karena sudah larut dalam pekerjaan. Oleh karena itu, biasanya di meja kerja perkantoran kita kerap melihat pot tanaman kecil yang diletakan di meja-meja kerja. Sebuah tanaman kecil itu ternyata dapat mengeluarkan aura positif mereka yang melihatnya dan membantu cepat fokus dalam memulai pekerjaan.

Apalagi kamu tinggal di lingkungan yang tergolong sepi, manfaatkanlah momen di pagi hari untuk membuka jendela, biarkan udara alam masuk, duduk dan bekerja di depan jendela, tanpa sadar kita sudah masuk dalam “zona” waktu milik kita, bau embun pagi, dedaunan hijau akan membuat kita lebih semangat.

5. Snack untuk bekerja, kenapa engga? Otak juga butuh asupan nutrisi, jangan biarkan kamu lapar ketika sedang bekerja

Cara Efektif Untuk Memaksimalkan Maker's Time Agar Fokus Dan Produktif Cerpin Com 8

Sedikit snack dalam bekerja adalah ide yang bagus. Makanan-makanan ringan tertentu dapat membantu kita tak keluar dari jalur fokus ketika bekerja. Intinya, jangan sampai kita merasa lapar ketika sedang mengaduk-aduk informasi di depan layar monitor.

Pengertian makanan disini tentu bukanlah kita perlu membawa sepiring nasi ke depan meja kerja, namun hanya cukup makanan ringan atau snack yang istilahnya bisa digunakan untuk mengganjel perut yang kukuruyuk tadi. Makanan yang mengandung Omega 3 seperti yogurt, kacang-kacangan, tak hanya akan menunda rasa lapar, namun menambah nutrisi kita dalam bekerja.

Jangan lupa tambahkan kopi atau teh bila perlu. Ingat, organ vital seperti otak butuh asupan energi dan nutrisi, ketika lapar, siapkan sedikit makanan ringan, dan lanjutkan lagi bekerja sampai selesai.

Baca juga:

Berikan komentarmu

Related articles