Share this
Share

3 shares

6 Cara Yang Harus Dicoba Untuk Berhenti Main Facebook

3 June 2017

Cara Yang Harus Dicoba Untuk Berhenti Main Facebook

Kamu pasti tahu yang namanya facebook. Iya-lah. Sebelum facebook ada yang namanya Friendster. Walau kamu hidup di jaman friendster, tapi kebanyakan orang mengakui kalau facebook adalah ‘cinta pertama’ mereka. Atau mungkin mereka mendapatkan cinta pertama mereka karena facebook. Seperti itulah jejaring sosial yang ada pada masa kini. Terus berkembang, namun menjebakkan.

Tanpa kita sadari, kini facebook sudah bermain dalam kehidupan kamu terlalu jauh. Karena pada saat kamu memulai memasuki dunia facebook, kamu tak sadar bahwa kamu telah kehilangan duniamu, kini facebook lah yang berada di dunia kamu. Alih-alih dibentuk atas nama teknologi yang mengesankan, namun jejaring sosial seperti ini telah mengambil alih kehidupanmu, memakan hidup-hidup harga-dirimu, dan lebih parahnya lagi, teknologi yang satu ini mempelajari kehidupan privasi-mu dan bahkan tahu ‘apa yang kamu pikirkan’. Jika kamu sadar akan hal ini, berarti kamu siap untuk mengucapkan selamat tinggal untuk jejaring sosial ini.

Tidak semua orang yang setuju bahwa meninggalkan jejaring sosial adalah hal yang baik. Beberapa dari orang tetap saja masih merindukan chatbox dengan emoticon lucu yang bakal menemani mereka sebelum tidur. Kemudian ada juga alasan untuk tetap ‘stay connected’ atau menjaga silaturahmi dengan teman dan kolega. Kalau begitu, Cerpin.com akan menulis beberapa tingkatan langkah agar kamu dapat memilih bagaimana kamu mengambil alih kembali hidup kamu, menghindari ke’autis’an, dan berakhir menjadi orang yang tidak terjebak di dunia maya.

1. Cara Pertama : Hapus Aplikasi Facebook

Cara Yang Harus Dicoba Untuk Berhenti Main Facebook

Jika kamu benar-benar ingin berhenti main Facebook, tapi masih ingin melihat kehidupan temanmu berjalan seperti apa, bagaimana pesta semalam, atau mantan sekarang jadian sama siapa, kalau begitu kamu hanya cukup menghapus aplikasi Facebook kamu dari gadget. Pada akhirnya kamu akan main Facebook hanya pada saat kamu ingin membukanya saja. Dengan melakukan ini, kamu sudah cukup berhenti main facebook karena tidak perlu dikagetkan oleh notifikasi dari facebook yang kadang membuat kamu iri karena temen kampus kamu baru beli ninja.

Semua gadget baik itu Android ataupun iPhone pasti sudah terinstall aplikasi facebook secara default. Kamu hanya tinggal menghapus aplikasi ini dengan melakukan tap pada tombol ‘X’ di ujung icon sebelah kiri atau kanan. Jangan terlalu ambil pusing, kalau kamu ingin main Facebook lagi, toh tinggal download lagi saja. Kan gratis!

2. Cara Kedua : Blokir Facebook dari komputermu

Cara Yang Harus Dicoba Untuk Berhenti Main Facebook

Apa cara pertama tidak cukup membuat kamu stay cool dengan Facebook? atau mungkin saja kamu sudah muak dengan foto mantan kamu yang kini jadian sama sahabatmu, kamu sudah muak sama teman-teman SD kamu yang foto-foto di KFC tanpa ajak-ajak kamu? Yaudah, kalau begitu kamu sudah hampir 50% sadar betapa kamu harus benar-benar menjauh dari Facebook. Untuk kamu yang tidak punya pengetahuan cukup tentang komputer, jangan khawatir Karena caranya sangat mudah!

Kamu hanya perlu mem-blokir situs facebook dari browser yang kamu biasa pakai. Untuk kamu yang pakai google-chrome, kamu bisa pakai aplikasi BlockSite yang bisa kamu download disini : Aplikasi BlockSite

Setelah selesai download, aplikasi akan terinstall otomatis dan kamu tinggal klik kanan di situs facebook.

Pilih Blok site > Add current site to blacklist. Selesai!

Lain kali kamu buka facebook tanpa sadar, mungkin kamu habis bangun tidur, jadi agak-agak lupa dengan apa yang terjadi apa yang baru saja kamu lakukan. Atau mungkin mungkin nyawa kamu belum kekumpul lengkap jadi kamu dengan tanpa dosanya ngetik www.facebook.com. Tapi tenang saja, berhubung Facebook sudah di-block, jadi akan muncul gambar kira-kira seperti ini:

Cara Yang Harus Dicoba Untuk Berhenti Main Facebook

Kalau kamu ingin membuka facebook kembali, caranya dengan melakukan klik kanan seperti di atas, pilihlah ‘Options’, disitu kamu dapat menghapus situs yang sudah kamu blok sebelumnya.

3. Cara ketiga : Nonaktifkan akun Facebook

Cara Yang Harus Dicoba Untuk Berhenti Main Facebook

Kalau kamu masih penasaran dengan cara lain, berarti kamu sudah sungguh serius untuk berhenti Facebook-an. Kamu sudah tidak peduli lagi dengan beranda kamu yang penuh dengan foto-foto teman kampus yang kini sudah menikah, bekerja, dan mempunyai kawan-kawan baru, kamu tidak peduli di hari ulang tahunmu, kamu dapat ratusan notifikasi dari orang yang mengucapkan ‘happy birthday’ ke timeline kamu namun tidak ada satupun orang yang ingat ultahmu di dunia nyata, dan kamu sudah tidak peduli dengan skor liga inggris yang biasa dijadikan status para alay tidak bertanggung-jawab yang pada akhirnya kamu sadar bahwa mengetahui hal tersebut tidak ada hubungannya sama sekali sama hidupmu.

4. Langkah serius yang perlu kamu lakukan adalah ‘Menonaktifkan akun facebook’.

Jika kamu rasa ‘perlu’ untuk menonaktifkan akun facebook, kamu hanya tinggal klik panah yang berada di samping akun gembok/kunci dan klik ‘Settings’ yang biasanya berada di barisan bawah. Sampai akhirnya kamu akan mendapati tampilan seperti di bawah ini, dan klik ‘Deactivate your account’ atau ‘Nonaktifkan akun’ jika dalam bahasa Indonesia.

Cara Yang Harus Dicoba Untuk Berhenti Main Facebook

Kemudian, kamu akan membaca kalimat ‘Are you sure you want to deactivate your account?’ yang seolah-olah Facebook adalah sahabat sejati yang tidak mau kamu pergi jauh. Namun jangan khawatir, karena itu hanya tipu daya facebook yang tidak mau kamu menjadi ‘normal’ sepenuhnya.
Dan di bawah kalimat tersebut, akan ada deretan foto dan nama orang yang menjadi teman kamu di facebook. seperti ‘Tom will miss you’, ‘Kelly will miss you’.

Tapi jangan harap ada kalimat ‘Angelina Jolie miss you’ atau ‘Channing Tatum will miss you’, karena itu tidak mungkin!

Cara Yang Harus Dicoba Untuk Berhenti Main Facebook

Kemudian juga ada beberapa kolom yang harus diisi untuk memberitahu facebook alasan kamu meninggalkannya. Sampai disini sudah selesai dan kamu sudah serius berpisah dari facebook dan berhenti facebook-an.

4. Cara keempat : Hapus akun facebook

Cara Yang Harus Dicoba Untuk Berhenti Main Facebook

Masih kurang lagi, kali ini sepertinya kamu 100 persen ingin menjauh dari Facebook, karena kamu sudah kesal ditanya teman kamu kenapa kamu menonaktifkan akun kamu, mungkin mereka pikir kalau kamu membenci mereka, atau kamu dituduh membuat akun baru sama pacar kamu karena punya gebetan lain di facebook. duh!

Kalau begitu, yang kamu rasa perlu lakukan adalah menghapus akun facebook kamu. Sebelum penghapusan dimulai, kamu dapat mengambil kembali data dirimu yang selama ini terperangkap dalam facebook.

Untuk download data, Kembali menuju ‘Settings’ dan klik ‘Download a copy of your facebook data’

Kalau kamu sudah putuskan dan siap untuk hapus akun facebook, silahkan menuju link ini dan klik ‘Delete My Account’. Semakin serius, semakin mudah bukan?
Satu hal yang harus kamu ingat, cara ini ‘permanen’.

5. Cara kelima : Lempar Gadgetmu ke laut!

Cara Yang Harus Dicoba Untuk Berhenti Main Facebook

Ini adalah level frustasi tingkat tinggi karena betapa kamu seriusnya berpisah dari facebook. Kamu hanya menginginkan kedamaian yang nyata dan menjalani kehidupan tanpa jejaring sosial. Dan kamu berpikir kalau ini adalah saatnya untuk menghindari semua godaan dan fokus dengan kehidupan nyatamu. Kalau kamu tidak menyukai cara-cara yang ada di atas, kamu dapat ikuti cara ini. Yang cukup kamu lakukan hanyalah melakukan satu dari 3 gerakan atletik, yaitu Lempar!

Jika kamu yang tinggal di dekat laut, hal ini mungkin akan terlihat realistis, karena tujuan dari awal adalah memang laut. Namun, itu tidaklah penting, kamu hanya perlu mencari sungai terdekat atau tempat dimana orang tidak melihat kamu sedang melempar gadget mahal yang akan membuat mereka iri dan bahkan melakukan ‘update status’.

6. Cara Keenam : Go Underground!

Cara Yang Harus Dicoba Untuk Berhenti Main Facebook

Kamu bilang cara di atas tidak cukup menarik dan tidak cocok dengan gaya hidupmu yang ekstrim dan anti-mainstream. Kalau begitu, cara terakhir yang dapat kamu lakukan adalah mengikuti cara hidup John Connor yang menghindari dirinya dari ancaman terminator dengan hidup sebagai gelandangan tanpa uang, tanpa tempat tinggal, dan yang paling penting, tanpa FACEBOOK! Daripada buka facebook, mending baca artikel di cerpin.com.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #facebook #sosmed #trick
Share

Pilihan editor