Share this
Share

shares

8 Cara Alami Untuk Meningkatkan Daya Ingat Otak, Simple Kok!

18 May 2017

Cara Alami Untuk Meningkatkan Daya Ingat Otak, Simple Kok!

Cara Alami Untuk Meningkatkan Daya Ingat Otak, Simple Kok!

Pernah gak sih setiap ada orang yang lupa, langsung bilang, “maklum faktor U!“. Padahal orang yang ngomnog itu umurnya belum tua-tua banget. Apa iya kapasitas otak manusia sampai sebegitu rendahnya sampai orang selalu menyalahkan umur. Hal ini sebenarnya adalah epidemik yang terjadi di masyarakat. Memang sih faktor usia bisa membuat orang jadi cepat lupa alias pikun. Tapi kalau umurnya masih relatif muda, mungkin kita harus memikirkan sebab dan akibat kita menjadi seorang pelupa. Masalah semacam ini sebenarnya bisa diatasi dengan meningkatkan daya ingat otak kita.

Setiap orang tentu memiliki momen-momen dimana lupa akan sesuatu. Terutama ketika sedang masa-masa sibuk. Walaupun ini bisa menjadi kejadian yang masih bisa dikatakan “normal”, kadang memiliki ingatan yang buruk bisa membuat frustasi. Genetika berperan dalam hilangnya ingatan, terutama dalam kondisi neurologis yang serius seperti penyakit Alzheimer. Penelitian telah menunjukkan bahwa pola makan dan gaya hidup memiliki dampak besar pada daya ingat juga. Mari kita mulai berhenti menyalahkan faktor U, dan coba renungkan kembali apakah gaya hidup yang kamu jalanin itu sudah benar atau belum, Yuk!

Berikut adalah 9 Cara Alami Untuk Meningkatkan Memori Otak, Simple Kok! Yuk, simak trik jitu berikut untuk menjadi orang pintar dalam waktu singkat!

1. Jangan mengkonsumsi gula terlalu banyak

Cara Alami Untuk Meningkatkan Daya Ingat Otak, Simple Kok!

Kebanyakan makan gula menimbulkan masalah yang serius dan penyakit yang kronis. Termasuk diantaranya adalah menurunnya daya ingat kita. Penelitian telah menunjukkan bahwa diet yang sarat gula dapat menyebabkan memori buruk dan mengurangi volume otak, terutama di area otak yang menyimpan memori jangka pendek.

Sebagai contoh, satu penelitian terhadap lebih dari 4000 orang menemukan bahwa mereka dengan asupan minuman manis yang lebih tinggi seperti soda memiliki kapasitas memori yang lebih rendah dan ingatan yang lebih buruk secara rata-rata. Selain itu dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi lebih sedikit gula, memori mereka jauh lebih baik.

Mengurangi gula tidak hanya membantu daya ingat, tetapi juga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Makan gula tidak salah kok, yang salah itu kalau makannya kebanyakan, gula mahal bos!

2. Makan suplemen minyak ikan

Cara Alami Untuk Meningkatkan Daya Ingat Otak, Simple Kok!

Minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3, asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA). Lemak ini penting untuk kesehatan otak dan telah terbukti menurunkan risiko penyakit jantung. Minyak ikan juga bisa mengurangi peradangan, menghilangkan stres dan kecemasan.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi suplemen ikan dan minyak ikan dapat meningkatkan daya ingat, terutama pada orang tua. Satu studi dari 36 orang dewasa dengan gangguan kognitif ringan menemukan bahwa skor memori jangka pendek dan kerja meningkat secara signifikan setelah mereka mengonsumsi suplemen minyak ikan terkonsentrasi selama 12 bulan.

3. Meluangkan waktu untuk meditasi

Cara Alami Untuk Meningkatkan Daya Ingat Otak, Simple Kok!

Latihan meditasi secara positif dapat memengaruhi kesehatan kita. Hal ini dikarenakan meditasi merupakan kegiatan yang menenangkan. Dengan ini, kita bisa menemukan sebuah momen untuk mengurangi stres dan rasa sakit, menurunkan tekanan darah dan bahkan meningkatkan daya ingat. Sudah diakui oleh mereka yang rajin bermeditasi.

Faktanya, teknik meditasi telah terbukti meningkatkan materi kelabu di otak. Materi abu-abu mengandung badan sel neuron. Seiring bertambahnya usia, materi abu-abu menurun, yang berdampak negatif pada memori. Oleh karena itu, teknik meditasi membantu meningkatkan daya ingat jangka pendek pada orang-orang dari segala usia, dari orang berusia 20-an hingga orang tua.

Sebagai contoh, satu studi menunjukkan bahwa mahasiswa Taiwan yang terlibat dalam praktik meditasi seperti kesadaran memiliki memori kerja spasial yang jauh lebih baik daripada siswa yang tidak berlatih meditasi.

4. Mempertahankan berat badan ideal

Cara Alami Untuk Meningkatkan Daya Ingat Otak, Simple Kok!

Untuk sebagian orang, mempertahankan berat badan terdengar cukup tricky dan sulit. Namun ini adalah teknik yang sangat penting dan merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga tubuh dan pikiran kita dalam kondisi prima.

Beberapa penelitian telah menetapkan obesitas sebagai faktor risiko penurunan kapasitas otak. Menariknya, menjadi gemuk sebenarnya dapat menyebabkan perubahan pada gen yang berhubungan dengan memori di otak, secara negatif mempengaruhi ingatan. Obesitas juga dapat menyebabkan resistensi dan peradangan insulin, yang keduanya dapat berdampak negatif pada otak. Sebuah penelitian terhadap 50 orang antara usia 18 dan 35 menemukan bahwa indeks massa tubuh yang lebih tinggi dikaitkan dengan kinerja yang secara signifikan lebih buruk pada tes memori.

Obesitas juga dikaitkan dengan risiko lebih tinggi terkena penyakit Alzheimer, penyakit progresif yang menghancurkan memori dan fungsi kognitif dalam otak kita.

5. Cukup Tidur

Cara Alami Untuk Meningkatkan Daya Ingat Otak, Simple Kok!

Tidur adalah salah satu siklus hidup manusia. Jam terbang dari tidur kita bisa menjadi patokan betapa sehatnya hidup yang kita jalani. Kebanyakan tidur salah, karena rejeki dipatok ayam. Nah, kalau kurang tidur bisa salah juga karena bisa mengakibatkan ingatan kita menjadi buruk untuk beberapa waktu.

Tidur memainkan peran penting dalam konsolidasi memori, suatu proses di mana ingatan jangka pendek diperkuat dan diubah menjadi ingatan yang tahan lama (permanen).

Penelitian menunjukkan kalau kamu kurang tidur, bisa berdampak negatif pada memori otak. Pakar kesehatan merekomendasikan orang dewasa tidur antara tujuh dan sembilan jam setiap malam untuk kesehatan yang optimal.

6. Masih suka pelupa juga? Mungkin ini saatnya kamu kurangi Alkohol

Masih suka pelupa juga? Mungkin ini saatnya kamu kurangi Alkohol

Mengkonsumsi terlalu banyak minuman beralkohol dapat merusak kesehatan dalam banyak hal dan pastinya pada memori otak. Ketika kamu minum alkohol, kadar alkohol dalam darah meningkan menjadi 0,08 gram per ml atau lebih. Penelitian telah menunjukkan kalau alkohol bisa mengubah perilaku otak dan membuat defisit pada memori.

Sebuah studi terhadap 155 mahasiswa baru perguruan tinggi menemukan bahwa siswa yang mengonsumsi enam minuman alkohol atau lebih, mengalami kesulitan dalam tes daya inga. Sementara mereka yang tidak pernah makan atau jarang minum, memiliki ingatan yang lebih baik.

Alkohol menunjukkan efek neurotoksik pada otak dan dapat merusak hippocampus, bagian dari otak yang memainkan peran penting dalam memori. Kalau kita masih sayang sama otak, menghindari asupan alkohol berlebihan adalah cara cerdas untuk melindungi memori kita sebelum tua beneran.

7. Latih otak dengan permainan game

Latih otak dengan permainan game

Melatih keterampilan kognitif bisa dengan memainkan permainan otak seperti teka-teki, puzzle. Teknik ini adalah cara yang menyenangkan dan efektif untuk meningkatkan daya ingat kita. Game-game semacam ini bisa kita download secara di smartphone masing-masing. Game yang memperkuat fungsi otak sangat dianjurkan untuk melatih daya ingat kita dan memperkuat memori.

Sebuah studi yang melibatkan 42 orang dewasa dengan gangguan kognitif ringan menemukan bahwa bermain game di aplikasi smartphone selama delapan jam selama periode empat minggu meningkatkan kinerja dalam tes memori. Ditambah lagi, game yang bersifat melatih otak telah terbukti membantu mengurangi risiko demensia pada orang dewasa yang lebih tua.

8. Berolahraga Lebih Banyak

Berolahraga Lebih Banyak

Olahraga penting untuk kesehatan fisik dan mental sekaligus. Mungkin hal ini sering kali kamu dengar, tapi diulang-ulang juga gpp kan, karena memang penting mau gimana lagi. Penelitian telah membuktikan bahwa ini bermanfaat bagi otak dan dapat membantu meningkatkan daya ingat pada orang-orang dari segala usia, dari anak-anak hingga orang dewasa.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat meningkatkan sekresi protein pelindung saraf dan meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan neuron, yang mengarah pada peningkatan kesehatan otak. Jadi singkatnya, semakin rutin kita berolahraga, bisa jadi makin pintar. Bahkan olahraga teratur di usia paruh baya juga mengakibatkan dengan penurunan risiko terkena demensia di kemudian hari.

Sebenarnya masih ada banyak cara yang menyenangkan, sederhana dan bahkan enak untuk meningkatkan daya ingat. Namun cerpin.com hanya merangkumnya sedikit supaya lebih mudah dipraktekin. Beberapa cara alami di atas sudah dipraktekin oleh mimin sendiri, jadi sangat berguna apalagi untuk para anak muda yang dikit-dikit nyalahin faktor U pas lupa nyimpen kunci mobil. Yuk dipraktekin, jangan lupa share ke teman dan keluarga kamu.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #brain #daya ingat #kesehatan #limitless #memory #otak
Share

Pilihan editor