Cappadocia Jadi Incaran,10 Wisata Turki Ini Nggak Kalah Hits

Spread the love

Turki memiliki pesona tersendiri untuk urusan objek wisatanya. Katakan saja Cappadocia yang selalu jadi incaran wisatawan dari penjuru dunia. Nggak heran karena objek wisata ini menyuguhkan keindahan alam dari ketinggian, apalagi kalau bukan dilihat via balon udara. Dan dari daratannya pula, kamu bisa menikmati cantiknya puluhan balon udara berwarna-warni. Selain wisata yang terletak di kota kecil Anatolia timur ini, masih banyak tempat lainnya yang bisa dijadikan destinasi wisata liburanmu. So, catet aja dulu sepuluh wisata Turki di bawah ini.

1. Wisata Turki Gunung Nemrut

Gunung Nemrut menjadi salah satu objek wisata yang nggak kalah populer di bagian tenggara Turki, tepatnya tidak jauh dari Kota Adiyaman. Gunung setinggi 2.134 meter ini memiliki daya tarik berupa konstruksi patung-patung besar. Pada 62 tahun SM, tempat ini merupakan pemakaman yang dibangun oleh Raja Antiochus I Theos of Commagene. Pemakaman tersebut diapit oleh patung-patung dirinya yang super besar, serta dua singa, dua burung elang, dan berbagai macam dewa. Namun, kepala patung-patung tersebut terjatuh, dan akhirnya berserakan di seluruh situs bersejarah ini.

Wisatawan sendiri bisa menikmati pemandangan cantik dari Puncak dari Gunung Nemrut ini. Bahkan sunset terlihat lebih cantik jika dilihat dari sini.

2. Kolam Air Panas Pamukkale

Turki rupanya memiliki wisata kolam air panas yang unik, tepatnya di Pamukkale. Jika dilihat sekilas, air panas tersebut seperti diwadahi salju, tapi ternyata itu merupakan logam kalsium yang mengeras. Uniknya lagi, kolam-kolam tersebut terbentuk berundak atau terasering. Dan itu bukan buatan alias alami! Jadi, siapa saja bisa mencoba mandi air panas antimainstream, sambil menikmati pemandangan yang memesona. Btw, ainya juga dipercaya bisa mengobati penyakit asma, rematik, dan berbagai penyakit mata dan kulit.

3. Tempat Wisata Sejarah di Turki – Selcuk

Di Selcuk, kamu bisa banget melihat peninggalan kekasaran Romawi. Adapun peninggalan sejarah tersebut yaitu berupa puing-puingnya saja. Meski begitu, kamu masih bisa mengeksplor kota ini lebih jauh, yang mana di dalamnya masih ada objek-objek wisata yang bisa dinikmati. Mulai dari Kuil Arthemis, The Great Theater, dan Terrace House. Semua peninggalan-peninggalan sejarah tersebut berkumpul menjadi satu dan membentuk kawasan tersendiri yang dinamakan Ephesus Archaeological Site. Buat kamu yang suka banget sama sejarah, tempat ini wajib masuk list, ya..

4. Wisata Turki Blue Lagoon

Blue Lagoon Belcekiz ini cocok banget buat kamu yang suka aneka permainan dan olahraga air. Pasirnya putih dan halus, dan air lautnya sendiri sangat jernih. Untuk itu, nggak usah heran kalau pantai ini tidak pernah sepi pengunjung dari berbagai belahan dunia. Selain berenang dan olahraga air, kamujuga bisa melakukan aktivitas paragliding, yang bisa mencapai ketinggian hingga 1.900 meter di atas laut.Kamu bakal diberi waktu satu jam, dan itu sangatlah cukup untuk menikmati pemandangan dari ketinggian. Pantai ini hanya terbuka sampai pukul 18.00 saja, jadi pastikan kamu lebih nyubuh datang ke tempat ini 😀

5. Mevlana Museum

Mevlana Museum merupakan bangunan yang berisikan karya-karya sastra Jalaludin Rumi. Selain karyanya, kamu juga bisa menjumpai barang-barang pribadi sekaligus makam sastrawan tersohor tersebut. Buat kamu yang tertarik datang kesini, pastikan datang pad bulan Desember, ya. Pada penghujung tahun, biasanya digelar festival Seb-i Arus di Konya, yaitu festival tahunan yang digelar untuk mengenang kembali karya besar Jalaludin Rumi. Nah, hotel-hotel atau penginapan lainnya biasanya full-booked menjelang festival ini digelar. Jadi, pastikan pesan dari jauh hari, ya..

6. Fethiye

Fethiye juga nggak kalah populer dan selalu padat oleh wisatawan saat musim panas. Kamu bisa naik pesawat, turun di bandara internasional Antalya atau Dalaman untuk bisa berwisata di sini. Durasi perjalanan menuju Fethiye ini hanya memakan waktu 1 jam saja, baik dari Antalya maupun Dalaman.

Di sini ada beragam aktivitas yang bisa dilakukan, seperti berenang, memancing, menyelam, paragliding, parasailing, dan permainan kano. Pencinta hiking juga bisa banget datang kesini karena adanya rute pendakian gunung, dan trek sepanjang lebih dari 500 km.

7. Wisata Turki Kastil Bodrum

Kastil Bodrum kini beralihfungsi menjadi museum yang menyimpan sejarah panjang Republik Turki. Kastil yang dibangun pada tahun 1402 ini dulunya dikenal sebagai Castle of St. Peter atau Petronium. Kastil ini sangat minim kerusakan. Dan di dalamnya terdapat koleksi berharga jutaan dolar berupa karya seni dari kapal yang karam di Laut Aegean. Di sini juga kamu seolah dibawa ke masa lalu dengan penampakan koleksi marinir yang masih original. Bahkan disana juga ada peninggalan barang pecah belah, perunggu, tembikar, dan hasil karya dari logam.

8. Ataturk Mousolum

Ataturk Mausoleum adalah salah satu museum yang paling populer di Turki. Di dalamnya terdapat aneka peninggalan sejarah, salah satuya adalah makam Mustafa Kemal Ataturk. Mustafa Kemal Ataturk adalah panglima tersohor Turki zamanya yang berperan besar dalam pendirian Republik Turki. Naas, ia menghembuskan nafas terakhir akibat penyakit liver yang dideritanya. Sempat dimakamkan di Museum Etnografi di Ankara, ia akhirnya dibuatkan Anitkabir (makam Ataturk) yang pembangunanya membutuhkan waktu yang lama. Sebelum berkunjung kesini, ada baiknya baca-baca dulu sejarah tokoh reformasi tersebut. Pasalnya, kematian sosok tersebut rupanya menuai kontroversi 🙂

9. Blue Mosque

Sedefkâr Mehmed Ağa (1616) adalah arsitek yang di perintahkan oleh Sultan Ahmed untuk membangun Masjid Biru ini. Bangunan ini memiliki gaya Timur Tengah dan Romawi dengan desain yang terbilang cukup rumit. Alhasil, pengunjung yang datang puas menikmati  keindahan arsitekturnya. Masjid ini memiliki day atarik berupa kubah bertumpuk dan menara yang besar. Yang lebih menarik, masjid tersebut didominiasi oeh warna biru sesuai dengan namanya. Nah, pemandangan masjid tersebut akan sangat cantik kalau langit sudah mulai gelap.

10. Wisata Turki Pantai Patara

Kalau kamu mau lihat cantiknya pantai di Turki, gaskeun aja ke Patara. Pantai ini punya daya tarik berupa pantai berpasir terpanjang sepanjang 14 km dan penampakan reruntuhan Lykia kuno dan Romawi. Kamu tentu saja bisa berenang, bermain olahraga air, atau sekedar bersantai sambil menikmati minuman dingin. Btw, Pantai Patara juga menjadi lokasi berkembang biak kura-kura tempayan yang terancam punah.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu