Share this
Share

Share

shares

Buku Karya Pandji Pragiwaksono yang Wajib Kamu Baca

25 July 2020  Ajeng

Membaca buku bisa membuat seseorang memiliki pandangan yang lebih luas terhadap apa yang dilihat dan didengarnya. Melalui membaca juga pikiran bisa menjadi lebih terbuka terhadap isu yang sedang terjadi di masyarakat. Oleh karena itu, buku dengan tema-tema isu sosial sangat cocok untuk kamu baca. Ini bisa kamu temukan di buku buku karya Pandji Pragiwaksono.

Pandji Pragiwaksono merupakan salah satu public figure yang melebarkan sayapnya menjadi penyanyi, aktor, illustrator komik, presenter, komika, dan penulis yang sukses. Kiprahnya di dunia hiburan dan pengalaman Stand-Up Comedy World Tour berhasil dibabadikan dalam salah satu bukunya yang berjudul Persisten. Selain itu, masih banyak buku-buku lainnya yang bisa menginspirasi kita semua.

Biar nggak penasaran, yuk simak enam buku karya Pandji Pragiwaksono di bawah ini.

1. Septictank

Via satumeja.com

Septictank merupakan buku yang menceritakan tentang pengalaman Panjdi saat berkecimpung di dunia politik. Ia menceritakan bagaimana awalnya ia tertarik dengan dunia politik, terlibat dalam kampannye, hingga pandangannya terhadap politik di masa mendatang. Di buku ini, kamu juga bisa mendapatkan starter pack untuk demokrasi dan politik agar siapa saja yang membacanya bisa menuangkan aspirasinya dengan tepat.

Buku ini diberi judul Septictank karena bagi Pandji terjun ke dunia politik sama saja seperti masuk ke dalam wadah pengolahan limbah cair tersebut. Penasaran kenapa? Baca aja bukunya!

2. Menemukan Indonesia

Via m.merdeka.com

Buku yang berjudul Menemukan Indonesia ini digarap setelah Panji melakukan tour di delapan negara. Isinya berupa keresahannya bagaimana jika Indonesia dibandingkan dengan negara lain. Perbandingan ini dilakukan tentu dengan melihat beberapa aspek seperti ekonomi, sosial, budaya, infrastruktur, sampai dengan sistem pemerintahan yang dijalankannya. Dengan demikian, pembaca bisa turut membandingkannya secara objektif dan bisa menilai sendiri bagaimana kondisi Indonesia saat ini. Gimana, tertarik membacanya?

3. Berani Mengubah

Via ksegama.blogspot.com

Jika kamu ingin mendapatkan berbagai sudut pandang menarik mengenai kondisi Indonesia saat ini, buku Berani Mengubah bisa kamu baca saat ini juga. Dalam buku ini, Pandji berusaha untuk ‘membaca’ Indonesia dalam sudut pandang ekonomi, politik, dan hukum yang kemudian ditinjau dalam satu kesatuan. Buku ini terdiri atas delapan bagian dengan pembahasan politik di bagian pembukaannya. Secara keseluruhan, buku ini membahas Indonesia secara umum dengan sudut pandang yang luas.

4. Merdeka Dalam Bercanda

Via kompasiana.com

Buku yang diterbitkan pada tahun 2012 ini menceritakan tentang sejarah stand-up comedy di Indonesia hingga bisa diterima oleh masyarakat seperti saat ini. Selain itu, Pandji juga memaparkan beberapa teori dasar dalam dunia stand-up comedy, sekaligus tips dan triknya. Buku ini tentu saja sangat cocok bagi kamu yang ingin terjun menjadi seorang komika. So, 

5. Persisten

Via twitter.com/pandji

Di dalam buku ini, Pandji menceritakan pahit manisnya saat melakukan tur dunia stand-up bersama tim manajemennya. Pandji merangkum cerita dari 24 kota di 5 benua menjadi satu buku. Dalam proses menulis buku ini, Pandji menggandeng Muhammad Husnil untuk turut membantunya dalam menceritakan perjuangannya selama tur. Di dalam buku ini juga, kamu bisa menyelami lebih dalam apa dan bagaimana itu kerja keras, kegagalan, dan juga kesalahan.

6. Juru Bicara

Via goodreads.com

Buku yang bertajuk Juru Bicara diterbitkan pada tahun 2016. Dalam buku ini, Pandji mengulas tentang keresahan-keresahan orang yang masih takut untuk berpendapat. Jangan heran jika setelah membaca buku ini, kamu bisa lebih berani untuk berbicara, memahami sekaligus menerima perbedaan yang ada di masyarakat. Jika kamu adalah salah satu yang dimaksud dalam buku ini, kenapa nggak coba beli bukunya?

7. Nasional.is.me

Via bahasaindonesiauksw.blogspot.com

Buku karya Pandji Pragiwaksono yang tidak kalah menariknya adalah Nasional.is.me. Buku yang satu ini mengulas hiruk pikuk kehidupan Indonesia di tengah respon buruk masyarakat terhadap kondisi negaranya sendiri sekaligus kepercayaannya terhadap pemimpin negara. Melalui buku ini, Pandji mengajak pembacanya untuk tetap mencintai negara sendiri.

Itulah enam buku karya Pandji Pragiwaksono. Mana yang menurut kamu lebih menarik?

Berikan komentarmu

Related articles

 #buku pandji pragiwaksono #harga buku septictank #rekomendasi buku komedi #rekomendasi buku politik #stand up comedy
Share di whatsapp

Pilihan editor