via piknikyok.com

Bosan Mantai? Cobain 10 Wisata Bendungan Instagramable Ini

Spread the love

Opsi pertama destinasi untuk liburan biasanya jatuh pada pantai. Orang suka mantai mungkin karena suasananya yang khas dengan penampakan sunset sebagai pemanisnya. Namun, kalau mantai terus-terusan orang bisa bosen, lho. So, nggak ada salahnya buat kamu nyobain liburan ke wisata bendungan. Meski hanya berupa dam atau konstruksi untuk menahan laju air, bendungan kini banyak  dijadikan sebagai objek wisata. Pemerintah setempat tentu sangat peduli dengan sektor pariwisata sehingga bendungan masa kini dipoles dengan nuansa yang instagramable. Bagi kamu yang penasaran, bisa banget intip dulu sepuluh wisata bendungan instagramable berikut ini.

1. Bendungan Kamijoro, Bantul

via Instagram/zee_drone

Bantul punya wisata bendungan yang baru saja selesai dibangun pada tahun 2018 lalu. Bendungan Kamijoro, namanya. Bendungan yang satu ini mulanya digunakan sebagai sarana irigasi untuk sawah-sawah yang ada di sekitarnya. Karena bendungan ini ada tamannya, pemerintah tentu tidak akan membuat hal itu jadi mubadzir. Kamijoro kemudian dijadikan sebagai objek wisata. Di sekelilingnya mulai dibangun jembatan dan area bermain. Bahkan, disana disediakan juga area memancing khusus bapak-bapak gabut.

Wisata bendungan ini tidak meminta pengunjungnya untuk membayar tiket dengan harga tertentu. Kamu cukup membayar htm secara sukarela. Berapapun duit yang kamu punya, cus, meluncur kesini buat nikmati keindahan alamnya!

2. Wisata Bendungan Instagramable Jatigede, Sumedang

Foto: Donny Iqbal/Mongabay Indonesia

Ke Sumedang jangan cuman beli tahunya aja, tapi mampir juga ke bendungan Jatigede, ya! Wisata yang satu ini menawarkan pemandangan cantik bendungan yang mirip dengan Benteng Takeshi. Selain itu, beberapa spot instagramable juga bisa kamu temukan disini. Misalnya, Puncak Damar, ukit Pasir Cinta dan Kampung Buricak Burinong, masih ada Tegaljarong, Panenjoan, Pangjugjugan, dan masih banyak lagi.

Selain itu, ada juga beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan disini. Kamu bisa berburu sunset, memancing, camping, naik perahu, dan masih banyak lagi. Siapa saja akan betah liburan disini karena fasilitas yang disediakan sudah tergolong lengkap. Ada area parkir wisata, warung wisata, toilet, spot foto instagenic, wahana wisata adrenalin, camping ground, dan ruang ibadah.

Untuk menikmati liburan disini, kamu cukup membayar htm Rp 5 ribu/orang plus biaya parkir. Enak banget kalau kesini sambil makan tahu Sumedang!

3. Bendungan Rotiklot, Belu, NTT

dok. Kementerian PUPR

Bendungan instgramable juga hadir di Belu, lho! Bendungan yang satu ini didesain menarik sehingga menggoda siapa saja untuk datang kesana. Kontruksi bendungan ini menyerupai rumah adat sehingga cocok  buat kamu yang suka foto-foto. Belum lagi tamannya yang bisa menyejukan mata di tengah cuaca Belu yang panas. Saat bendungan ini diresmikan, Presiden Jokowi beserta rombongan rencananya akan menabur 200.000 benih ikan berupa ikan nila, ikan mujair, dan ikan karper. Selain itu, aneka jenis tanaman juga aka mulai ditanam seperti pohon flamboyan, pohon kelor, pohon juwet, pohon pule, dan pohon beringin.

4. Bendungan Tukad Yeh Unda, Klungkung

via piknikyok.com

Mantai di Bali udah nggak asing. Coba deh sekali-kali pergi ke bendungan Tukad Yeh Unda yang lokasinya ada di Semarapura Kelod Kangin, Klungkung. Bendungan ini punya panorama yang cantik banget! Nggak herankalau misalnya calon pengantin suka datang kesini hanya untuk sekedar sesi foto prewedding. Selain dijadikan sebagai spot foto, bendungan ini juga cocok untuk kamu yang suka aktivitas berenang dan memancing. Pantai Kuta dan bendungan Tukad Yeh Unda sama-sama air, jadi, mana yang lebih menarik perhatian kamu?

5. Wisata Bendungan Instagramable Dam Jati, Magetan

via Instagram/@herdias_nugroho

Bendungan yang ada di Magetan ini emang lain dari yang lain. Dam Jati ini dulunya merupakan kawasan yang sering dijadikan tempat balapan liar dan mabuk-mabukan. Karena warga pada protes, akhirnya pemerintah setempat menyulap tempat ini menjadi kawasan yang lebih berfaedah. Selain menikmati pemandangan bendungan, kamu juga bakalan dimanjakan dengan dinding yang warna-warni. Asyik banget pokoknya buat ngehasilin foto-foto yang Instagenic!

Fasilitas yang disediakan juga cukup membuat pengunjung nyaman. Ada spot foto, toilet, tempat istirahat, hingga pusat kuliner. Ajak keluarga kamu buat jalan-jalan disini, ya! Suasananya udah pasti sejuk, kok 🙂

6. Selorejo, Malang

via instagram.com/mfakhri_26

Bendungan Selorejo juga nggak kalah instagramable.Sambil berkeliling naik perahu, kam juga bisa menikmati cantiknya Gunung Kelud, Gunung Kawi, dan Gunung Anjasmoro. Kalau sudah selesai berkeliling kamu bisa mencoba untuk memancing. Untuk naik peraghu disini, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp80 ribu hingga Rp150 ribuan. Tiket masuknya juga terjangkau, yaitu Rp20 ribuan saja. Biar lebih menghemat, kamu bisa banget bawa bekel atau jajanan dari rumah. Enak aja makan di bawah pohon rindang sambil menikmati cantiknya bendungan ini.

7. Bendungan Sampean Baru, Bondowoso

via backpackerjakarta.com

Mau liat bendungan yang dipoles dengan kesan mewah? Dateng aja ke Bendungan Sampean baru. Objek wisata yang satu ini menyuguhkan kesan yang megah sekaligus Instagramable. Bendungan ini dirancang dengan konstruksi beton yang tertata rapi, dengan latar belakang pemandangan alam yang memukau. Beton tersebut juga bisa dijadikan sebagai pijakan, bahkan untuk mendapatkan spot selfie yang lebih cantik. Yang hobi selfie atau fotografi, wajib banget melipir kesini, ya! Kalau mau hasilnya bagus, pastikan kamu datang kesini saat sunrise maupun sunset.

8. Tegi Lampung, Lampung

via Youtube.com/ TRIBUNWOW OFFICIAL

Tegi Lampung seringkali eksis di feed Instagram para traveler atau pencinta fotografi. Ya gimana nggak, pemandangannya emang bikin speechless, ditambah lagi dengan area hijau di sekitarnya yang bisa menyejukkan mata. Menariknya, wisatawan dari luar Lampung pun sering tergoda untuk berkunjung kesini. Bendungan yang terletak di Hutan, Pagelaran, Kabupaten Pringsewu ini memiliki jarak sekitar 80 km dari Kota Bandar Lampung atau bisa ditempuh dalam waktu empat jam dari Pelabuhan Bakauheni. sambil gelar tikar enak banget tuh!

9. Wisata Bendungan Instagramable Mila, Sumbawa

dok. KemenPUPR

Bendungan Mila juga menjadi salah satu objek wisata yang diminati pada Sabtu dan Minggu sore. Warga atau wisatawan bisa melakukan beragam aktivitas disini, mulai dari senam bersama, menikmati pemandangan cantik,mengambil foto Bendungan Mila, bersepeda, senam bersama, jalan-jalan, dan masih banyak lagi. Fungsi utama dari bendungan ini tentu saja untuk mendukung kontuitas suplai air daerah Irigasi, sumber air baku untuk beberapa kecamatan di sekitarnya, dan mereduksi banjir. Menurut KemenPUPR, mayoritas wisatawan yang datang kesini menggunakan motor, mobil, pick up, bahkan truk.

10. Wisata Bendungan Instagramable Karet Tirtonadi, Solo

via Okezone.com/PUPR

Bendung Karet Tirtonadi Solo kini tidak hanya berfungsi sebagai bendungan biasa,. Masyarakat sekitar Solo kini bisa berwisata di bendungan ini. Kamu bisa menikmati pemandangan sekitar, jogging, duduk-duduk sore, makan-makan, dan masih banyak lagi. Penataannya juga cukup apik, dilengkapi dengan fasilitas umum yang bisa mendukung aktivitas berwisata wisatawan. Kabarnya, nantinya kawasan ini masih akan dilakukan pengembangan, yaitu pembuatan dermaga untuk wisata air, seperti perahu motor.

Itulah sepuluh wisata bendungan Instagrammable yang ada di Indonesia. Menurut kamu, mana yang paling menarik?

Berikan komentarmu