Biar Seru, 10 Tradisi Ulang Tahun Unik Ini Bisa Jadi Inspirasi

Spread the love

Perayaan ulang tahun rupanya lumrah dilakukan untuk merayakan umur seseorang yang mulai bertambah. Alih-alih was-was karena mulai banyak beban beranjak dewasa, kita malah lebih suka merayakannya. Tentu saja bukan sekedar “foya-foya” karena di dalamnya ada bentuk syukur, harapan, dan do’a dari orang-orang tercinta. Selebrasinya sendiri biasanya ditandai dengan ikon kue ulang tahun dan balon, lengkap dengan nyanyian Happy Birthday To You. Namun, di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia, ada tradisi ulang tahun unik yang bisa jadi inspirasi perayaan ultah di tahun ini. So, langsung aja kepoin poin nomor satu.

1. Makan Mie – China

Saat merayakan ulang tahun seseorang. orang-orang di China biasanya merayakannya dengan menyantap mie. Itu tentu saja bukan karena mie sudah jadi makanan lumrah mereka, terlebih karena makanan berbahan tepung itu punya makna tersendiri. Mie dipercaya bisa mendatangkan umur panjang. Semakin panjang menyeruput mie, semakin panjang juga umur orang yang berulang tahun tersebut. Untuk itu, mereka pantang sekali memotong mie seperti yang dilakukan orang Indonesia pada umumnya. Ya orang-orang kita mah kan biar mudah aja gituuu..

2. Tradisi Ulang Tahun Unik: Potong Rambut – India

India juga punya tradisi perayaan ulang tahun yang tergolong unik. Seseorang diharuskan untuk memotong rambutnya saat usianya bertambah. Tujuannya tentu saja baik, yaitu agar dijauhkan dari dari roh-roh jahat di masa lalu. Selain itu, orang-orang India juga percaya kalau memotong rambut bisa melahirkan jiwa yang baru seiring dengan pertambahan usia mereka.

Selain memotong rambut, anak-anak yang berulang tahun juga harus menggunakan baju berwarna-warni. Nggak lupa juga mereka harus membagikan coklat pada teman-temannya.

3. Telinga Dijewer – Italia

Hadiah atau surprise yang menarik nggak berlaku bagi orang-orang Italia saat berulang tahun. Mereka punya tradisi tersendiri, yaitu menjewer telinga orang yang sedang berulang tahun. Uniknya lagi, jumlah jeweran telinga itu disesuaikan dengan pertambahan umur saat itu. Jadi, kalau kamu berulang tahun ke-20, mau nggak mau telinga kanan dan kiri harus menahan pedih sebanyak duapuluh kali jeweran. Namun, perlakuan tersebut tentu saja nggak menyiksa banget, ya. Pokoknya standar iseng-iseng aja 😀

4. Tradisi Ulang Tahun Unik: Smash Cake – US

Tradisi ulang tahun smash cake atau menghancurkan kue biasa dilakukan masyarakat Negeri Paman Sam. Tradisi tersebut hanya berlaku bagi toddler yang baru menginjak usia satu tahun. Kue tersebut nantinya akan disimpan di depan si bayi, dan dia bebas untuk menghancurkan dan mengacak-acan kue tersebut. In itentu saja momen yang lucu karena wajah si bayi sendiri bakal belepotan. Dan endingnya terserah, apakah kue tersebut akan dimakan, atau orang tua mau ikut nyicip juga boleh. Yang jelas momen ulang tahun ini memang sayang untuk dilewatkan karena bayi kamu nggak bakal lagi kembali ke usia tersebut.

5. Hadiah Menarik – Belanda

Salah satu kebiasaan unik orang-orang Belanda saat merayakan ulang tahun adalah memberi hadiah berupa gift card. Kartu hadiah tersebut diberikan kepada mereka yang berulang tahun ke-5,10,15, 20 dan 21 tahun. Untuk saldonya sendiri beragam, yang penting “puas” untuk menuhin keranjang belanja. Untuk usia 22+, hadiah ini nggak berlaku, ya.

Selain itu, kue, permen dan camilan juga menjadi hidangan favorit saat pesta ulang tahun. Kue-kue tersebut biasanya dihias secantik mungkin menggunakan krim kocok ataupun buah-buahan. Sambil menikmati hidangan, para tamu harus duduk melingkar dan menyanyikan lagu Happy Birthday to You.

6. Memukul Boneka – Meksiko

Permainan memukul boneka (Pinata) sepertinya sudah tidak asing, terlebih kita sering melihatnya di layar kaca. Aktivitas ini ternyata sering dilakukan orang-orang Meksiko saat merayakan ulang tahun. Bonekanya sendiri terbuat dari kardus dan dibentuk menjadi bentuk unicorn. Agar semakin cantik, bagian luarnya dihiasi dengan kertas warna-warni. Boneka tersebut kemudian digantung dan siap dipukul. Kalau sudah robek, boneka tersebut bakal mengeluarkan banyak permen dan itu bakal jadi rebutan anak-anak. Seru!

7. Diolesi Mentega Pada Hidung – Kanada

Tradisi ulang tahun murah meriah dan simpel ada di Kanada. Orang yang berulang tahun biasanya akan diolesi mentega pada hidungnya. Namun, ini hanya berlaku bagi anak perempuan saja. Dan tradisi tersebut dipercaya bisa memberikan keberuntungan dan menjauhkan dari kesialan pada si yang berulang tahun. Meski terkesan receh, tradisi ini rupanya masih sering dilakukan.

8. Tradisi ulang tahun unik: Disiram Air, Tepung, dan Telur – Indonesia

Tradisi ulang tahun orang Indonesia yang lumayan low budget adalah menyirami si korban ulang tahun dengan air, telur, dan terigu. Aktivitas ini biasanya terjadi pada anak-anak dan remaja. Si korban biasanya (pura-pura) nggak tahu kalau dia bakal diperlakukan seperti itu. Diapun sok-sok bakalan menghindar dan akhirnya malah kena juga. Dan jadilah adonan bakwan! Apapun itu, rupanya tradisi ini seru banget karena siapa saja bisa kena getahnya. Bahkan kalau isengnya kelewatan bisa sampai pake telur busuk 🙁

9. Makan Sup Rumput Laut – Korea Selatan

Orang-orang Korea jarang banget menyuguhkan kue dan lilin saat merayakan ulang tahun. Mereka lebih suka untuk menyantap sup rumput laut atau miyeokguk bersama dengan keluarga atau orang-orang terdekatnya. Sup rumput laut tersebut bisa dibilang sebagai pengganti kue ulang tahun. Agar lebih cantik, sup tersebut biasanya dihiasi dengan tulisan taeonajwoso gomawoyo yang artinya “terima kasih sudah lahir di dunia ini”.

10. Tradisi ulang tahun unik: Ditempeli Tulisan Konyol – Skotlandia

Di Skotlandia, perayaan ulang tahun biasanya dilakukan dengan cara yang konyol. Si korban yang sebelumnya nggak tau apa-apa bakal ngerasa malu setelah sadar kalau kata-kata konyol yang ditempelkan pada punggungnya. Itu biasanya dilakukan oleh teman-teman terdekatnya. Sedangkan anggota keluarga biasanya bakal menempelkan kata-kata doa atau harapan. Jadi, jangan sampe temen kamu keluar rumah setelah perayaan ulang tahun di rumah!

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu