Bertemu Satwa Liar di 10 Wisata Taman Safari: Menantang Nyali!

Spread the love

Traveling ke kebun binatang sebenernya seru-seru aja. Cuman, kita hanya bisa menikmati aneka satwa liar di balik kandang tanpa bisa menyentuhnya secara langsung. Kalau mau yang lebih seru dan menantang nyali, nggak ada salahnya buat melipir aja ke wisata Taman Safari. Disini, kamu bisa melihat langsung kehidupan satwa liar seperti di habitat asalnya. Untuk itu, perlu kendaraan khusus untuk bisa menemui mereka, atau cukup dengan kendaraan pribadi roda empat yang tertutup. Kalau pake motor, nanti kamu jdi santapan makan siang Sang Raja Hutan. Di Indonesia sendiri, apalagi kalau bukan Taman Safari Bogor yang sering jadi incaran wisatawan. Selain itu, masih ada beberapa taman safari lainya yang nggak kalah seru. Untuk, simak aja langsung rangkumannya di bawah ini.

1. Wisata Taman Safari Cisarua, Bogor

Taman Safari Cisarua, Bogor adalah taman safari yang paling hits di Indonesia. Kamu cukup menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan wisata yang disediakan disini untuk bisa berjumpa dengan aneka satwa liar seperti seperti harimau Benggala, jerapah, orangutan, kuda nil, zebra, gajah, dan masih banyak lagi. Disini juga ada kawasan Baby Zoo, dimana kamu bisa bertemu dengan bayi-bayi hewanyang gumuuusshh. Taman safari ini menampung kurang lebih 3000 satwa dari 200 spesies. Untuk harga tiket masuknya sendiri mulai dari Rp 170ribu – Rp 210ribu untuk wisatawan lokal, dan Rp 300ribu-400 ribu untuk wisatawan mancanegara.

2. Bali Safari and Marine Park, Bali

Selain Taman Safari Bogor, kau juga bisa berkunjung ke Bali Safari & Marine Park. Tempat ini menampung sebanyak 60 spesies, diantaranya ada komodo, orangutan, jalak bali, dan masih banyak lagi. Selain bisa bertemu langsung dengan satwa-satwa tersebut, kamu juga bisa melakukan beragam aktivitas seru, salah satunya adalah ikut Night Safari untuk merasakan sensasi bermalam yang seru. Kalau sudah keroncongan, kamu bisa mengisi perut di restoran Tsavo Lion yang tak jauh dari Bali Safari & Marine Park. Untuk harga tiketnya sendiri mulau dari Rp 120ribu – Rp 150ribu saja, tergantung dari usia.

3. Wisata taman safari Prigen, Pasuruan

SSelain kedua Taman Safari tersebut, Prigen juga punya kawasan untuk menampung satwa-satwa liar. Taman Safari Prigen ini berlokasi di lereng Gunung Arjuno, tepatnya di ketinggian 800-1.500 mdpl. Jadi, kamu bisa berinteraksi secara langsung bersama hewan-hewan tersebut sambil menikmati suguhan pemandangan alam dari ketinggian yang memukau.

Taman safari ini dinobatkan sebagai yang terluas di Asia. Kurang lebih ada 2500 satwa yang ditampung disini dari 300 spesies.  AKalau sudah puas berkelling disini, kamu bisa langsung meluncur ke Aquatic Land untuk menyaksikan penguin lucu bermain. Kalau berencana menginap, bisa banget bermalam disini di akomodasi unik yang mengusung konsep ala Afrika di African Resort. Masa nggak nyobain?

4. Nagarhole National Park, India

Sekarang, mari beralih ke India. Disini juga terdapat Taman Safari yang tak lain adalah Nagarhole National Park. Uniknya, disini hanya ada satu spesies saja, yang tak  lain adalah gajah. Pasalnya, mayoritas penduduk India menganut agama Hindu, sehingga  keberadaan gajah sangatlah dihormati. Di taman ini, kurang lebih ada 5000 ekor gajah. Kamu bisa berinteraksi langsung menggunakan kendaraan pribadi. Khusus untuk turis, disini disediakan paket tour, jadi kamu nggak bakalan bengong aja pas jalan-jalan kesini.

5. Bwindi Impenetrable National Park, Uganda

Selanjutnya, beralih ke Uganda yang mana disana ada Bwindi Impenetrable National Park yang berlokasi di ujung lembang Rift, barat daya Uganda. Disini, kamu bisa melihat aneka flora dan fauna. Sejak 25.000 tahun yang lalu, disini sudah tumbuh kurang lebih 400 jenis tumbuhan, sehingga tempat in idijuluki “Impenetrable Forest”. Menariknya, tempat ini juga menjadi habitat bagi 320 gorila, dan beebrapa hewan mamalia dan unggas. Jadi, jangan kaget kalau kamu lebih serin gmenemukan gorila dibandingkan dengan hewan lainnya.

6. Maasai Mara National Reserve, Kenya

Di Maasai Mara National Reserve atau Mara ini, kamu bisa merasakan sensasi menikmati safari sambil melihat tingkah “kucing-kucing besar”. Nama Taman Safari yang terletak di Narok County, Kenya diambil dari nama dari suku yang sudah lama mendiami wilayah tersebut. Di sini, kamu bisa melihat langsunghabitat asli singa Masai, leopard, dan juga cheetah. Dan di waktu-waktu tertentu, kamu juga bisa melihat secara langsung migrasi dari para zebra dan juga wildebeest. Migrasi ini terjadi setiap tahun, yaitu sekitar bulan Juli hingga Oktober.

7. Madikwe Game Reserve, Madikwe

Madikwe Game Reserve atau The Big Five merupakan salah satu kawasan yang dilindungi di Afrika Selatan. Penamaan taman safari ini diambil dari nama sungai yang mengalir di dekat daerah tersebut. Taman safari ini jga dinobatkan sebagai yang terbesar di dunia. Adapun satwa yang bisa dijumpai, mulai dari singa, badak, leopard, gajah, dan juga kerbau. Kalau kamu berkunjung pada malam hari, siap-siap saja terpukau dengan kerlip bintang yang sangat cantik.

8. Wildlife Reserves Singapore, Singapura

Biar nggak terlalu jauh ke Afrika, kamu bisa melipir ke negara tetangga, Singapura. Di nNegeri Singa ini, kamu bisa bereksplorasi di salah satu taman safarinya yang menarik, Wildlife Reserves Singapore. Selayaknya tempat tinggal bagi hewan-hewan liar, kamu bakal berjumpa dengan aneka satwa seperti yang ada di Afrika. Ada gajah, macan, singa, buaya, zebra, hewan reptil, dan masih banyak lagi. Bahkan, disini juga disediakan atraksi Night Show, khusus bagi pengunjung yang ingin melihat kehidupan hewan malam seperti musang.

9. Wisata taman safari Bukit Gambang, Malaysia

Bukit Gambang Safari Park ini bisa kamu temukan di hutan subur Malaysia. Taman Safari ini menampung kurang lebih 300 spesies satwa liar, diantaranya singa putih Malaysia, elang emas, beruang coklat, kanguru putih, cheetah dan masih banyak lagi. Untuk itu, sayang banget kalau kesini ternyata baterai handphone kamu habis. Pasalnya, kapan lagi mengabadikan hewan-hewan cantik di taman safari ini. Setelah puas menjelajahi seluruh area ini, kamu bisa langsung menonton pertunjukan “African Yabara Fire” yang menampilkan aksi hewan-hewan eksotis. Btw, pertunjukan lainnya juga nggak kalah seru. So, sempetin dateng kesini, ya…

10. Pacific Rim National Park, Kanada

Yang terakhir ada Pacific Rim National Park, yang lokasinya ada di barat Kanada. Tempat ini merupakan sebuah Pulau yang merupakan pemisah dari tiga wilayah, yaitu Long Beach, The Broken Gorup Islands, dan West Coast Trail. Saat berkunjung kesini, kamu bisa melihat beragam satwa liar, mulai dari beruang, lumba-lumba, dan juga ikan paus. Selain itu, ada juga berbagai aktivitas seru yang bisa kamu coba disini, salah satunya olahraga kayak (olahraga air dengan menggunakan perahu ringan). Taman safari ini sudah eksis sejak tahun 1970 yang menjadi taman nasional tertua di Kanada.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu