Share this
Share

shares

Bertamasya Ke Nara Dreamland, Taman Rekreasi Angker Di Jepang

3 June 2017

Bertamasya Ke Nara Dreamland, Taman Rekreasi Angker Di Jepang

Dalam kesempatan tamasya terakhir di Jepang, fotografer Romain Veillon mencoba petualangannya untuk menjelajahi sisa-sisa peninggalan dari Nara Dreamland, sebuah taman rekreasi yang kini sudah ditinggalkan. Dulu dibangun di Nara, Jepang, pada tahun 1961, waktu itu taman rekreasi ini dibuat berdasarkan konsep yang mirip dengan Disneyland di California meskipun sama sekali tidak ada hubungannya dengan perusahaan Amerika.

Cerita Nara Dreamland dimulai dari seorang pengusaha Jepang yang bernama Kunizo Matsuo. Beliau pernah mengunjungi California pada tahun 50an. Kebetulan waktu itu Disneyland yang baru dibuka di Anaheim pada tahun 1955. Dari sini, taman bermain yang ramai di Amerika itu mulai menarik perhatiannya. Dia bertekad untuk membawa daya tarik tersebut ke tanah airnya.

Pada tahun 50an, di Jepang belum ada taman bermain yang terkenal. Disneyland di Tokyo baru ada di tahun 1983. Kunizo pun ingin membuat taman bermain yang sama di kota Nara.

Nara adalah ibukota Jepang sebelum Tokyo di abad ke 8. Itulah sebabnya Kunizo ingin membangunnya di kota tersebut. Namun, royalti yang diinginkan Walt Disney untuk lisensi terlalu tinggi untuk pengusaha Jepang itu. Sebagai gantinya, Kunizo memutuskan untuk membuka taman bermainnya sendiri. Konsep taman bermain itu ingin mirip seperti Disneyland, maka dari itu kunizo mendatangkan insinyur Amerika untuk membantu penyelesaian akhir fase konstruksi.

Beberapa mengatakan bahwa Nara Dreamland adalah rip-off nya Disneyland, menawarkan jenis atraksi yang sama. Waktu pertama kali dibuka, Nara Dreamland sempat sukses besar dengan memberikan kesempatan mendapati ribuan pengunjung setiap tahun dan memiliki pengunjung penuh sepanjang hari. Namun pada saat Disney World dibuka di Tokyo dan diikuti dengan Universal Studio Jepang yang dekat dengan Osaka, nasib taman rekreasi ini perlahan-lahan mulai surut. Semenjak itu Nara Dreamland tidak mampu untuk bersaing dengan kompetitor. Nara Dreamland pada akhirnya taman ini pun ditutup pada tahun 2006.

Berikut adalah foto-foto karya Romain Veillon dalam kunjungannya ke Nara Dreamland.

Bertamasya Ke Nara Dreamland, Taman Rekreasi Angker Di Jepang

Bertamasya Ke Nara Dreamland, Taman Rekreasi Angker Di Jepang

Kini Nara Dreamland adalah tempat mati yang kelihatan angker yang masih utuh di tengah kota. Ada perasaan yang sangat menakutkan berada di taman hiburan yang sangat luas ini sendirian.Samar-samar kamu bisa mendengar lalu lintas dari jalan-jalan di sekitarnya tetapi, jika tidak, satu-satunya suara adalah burung-burung di pohon dan kakiku sesekali menginjak kerikil.

Bertamasya Ke Nara Dreamland, Taman Rekreasi Angker Di Jepang

Tempat yang dahulu perkasa ini pun mulai mati di telan waktu. Beberapa kanopi dan wahana mulai mengelupas catnya, ditambah dengan munculnya tumbuhan di antara besi yang berkarat. Gerai-gerai tiket masih berdiri di samping pintu masuk naik, gerbong masih duduk di rel rollercoaster, bahkan kursi dan mesin kopi masih di restoran. Seperti itulah penampakan dari Nara Dreamland yang sekarang sudah kosong.

Semenjak setelah ditutup, situs taman bermain ini menjadi tempat yang menarik untuk para fotografer mengambil gambar. Beberapa tempat yang memorial dan bangunan-bangunan kosong menjadi kesan tersendiri yang membawa aura mistis dan gelap untuk diabadikan dalam gambar. Beberapa sudut tempat dan bagian dari wahana yang sudah berkarat terlihat sangat kental dan memiliki kesan yang angker.

Bertamasya Ke Nara Dreamland, Taman Rekreasi Angker Di JepangBertamasya Ke Nara Dreamland, Taman Rekreasi Angker Di JepangBertamasya Ke Nara Dreamland, Taman Rekreasi Angker Di JepangBertamasya Ke Nara Dreamland, Taman Rekreasi Angker Di JepangBertamasya Ke Nara Dreamland, Taman Rekreasi Angker Di JepangBertamasya Ke Nara Dreamland, Taman Rekreasi Angker Di JepangBertamasya Ke Nara Dreamland, Taman Rekreasi Angker Di JepangBertamasya Ke Nara Dreamland, Taman Rekreasi Angker Di Jepangtaman bermain kosong dan angker di Jepangtaman bermain kosong dan angker di Jepangtaman bermain kosong dan angker di Jepangtaman bermain kosong dan angker di Jepangtaman bermain kosong dan angker di Jepang

taman bermain kosong dan angker di Jepang

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #angker #dreamland #jepang #nara
Share

Pilihan editor