Bersantai di 10 Wisata Batam: Alternatif Liburan Kaum Milenial

Spread the love

Saat memilih destinasi wisata untuk liburan, kemungkinan ada empat tempat yang terpikirkan. Apalagi kalau bukan Bali, Yogyakarta, Malang, dan Bandung. Meski keempat wilayah tersebut punya beragam objek wisata yang hits, nggak ada salahnya kamu buat cari suasana baru. Bolehlah coba-voba melipir ke sebelah Barat..ke Batam, misalnya. Kota yang terletak di Kepri ini juga ngga kalah menariknya dalam hal wisata. Malah, disana juga banyak aneka pantai yang cocok banget buat pemburu sunset dan sunrise. Nah, biar ke Batam nggak cuman nyari hape iPhone murah transit’ otw ke Singapura, silakan mampir ke sepuluh wisata Batam populer di bawah ini.

1. Kebun Raya Batam

Kebun Raya Batam menjadi rekomendasi pertama untuk liburan di Kota Industri ini. Objek wista yang satu ini berada di Sembulang, Galang, Kota Batam. Suasananya bisa dibilang sejuk, dan lumayan menyegarkan di tengah Kota Batam yang panasnya menyengat. Kebun Raya ini konon dikelola oleh Pemerintah Kota Batam.

Selain bisa berfoto dengan aneka latar yang cantik, kamu juga bisa menemukan aneka tanaman cantik. Ada anggrek raksasa, gaharu, bintangur, dan masih banyak lagi. Tempat ini buka selama 24 jam, dan tidak ada htm alias gratis!

2. Wisata Batam Pulau Abang Besar

Kamu yang penasaran dengan pantai atau pulau Batam yang cantik, langsung aja melipir ke Pulau Abang Besar. Pulau yang satu ini katanya sih masih perawan karena pulau ini nggak berpenghuni. Pulau Abang Besar punya daya tarik tersendiri. Ada terumbu karang yang cantik, dan juga ikan berwarna-warni. Bahkan, kamu juga bisa melakukan aktivitas snorkling dan diving. Wisatawannya juga nggak cuman lokal, tapi mancanegara. Untuk bisa sampai disini, kamu cuman butuh naik perahu boat yang memakan waktu 30 menit dari Jembatan Balerang.

3. Jembatan Barelang

Jembatan Balerang terkenal sebagai ikon Kota Batam. Selain dijadikan objek wisata, jembatan ini punya fungsi utama, yaitu sebagai pengubung antar pulau, seperti Pulau Nipah, Pulau Tonton, Pulau Rempang, Pulau Galang, dan Pulau Galang Baru. nama jembatan yang didirikan pada tahun 1992 ini  diambil dari tiga tempat, yaitu Batam, Rempang, dan Galang. Wisatawan seringkali sengaja berhenti di jembatan ini untuk sekedar mengambil foto. Lihat saja gambar di atas. Pemandangannya emang cantik banget. Pernah kesini?

4. Wisata Batam Pantai Marina

Pantai Marina juga menjadi salah satu wisata yang hits di Batam. Untuk itu, jangan kaget kalau lokasi ini selalu ramai pengunjung, apalagi pada saat weekend. Selain keinahan pantainya yang cantik, tempat ini juga menyuguhkan sebuah taman hijau yang difungsikan sebagai taman bermain bagi anak-anak. Utuk bisa bersantai di pantai ini, kamu cukup membayar HTM sebesar Rp 3 ribu untuk anak-anak dan Rp 6 ribu untukorang dewasa. Nggak perlu repot bawa bekal makanan dari rumah karena disini juga ada fasilitas restoran.

5. Ocarina Batam Theme Park

Buat kamu yang senang dengan aneka wahana, Ocarina Batam ini bisa jadi solusinya. Disini, ada beragam wahana yang bisa kamu nikmati, diantaranya giant wheel, trampoline, water park dan kiddy land. Untuk tiket masuknya sendiri terbilang murah, yaitu hanya Rp. 10 ribu untuk dewasa dan Rp. 5ribu untuk anak-anak. Namun, harga tersebut belum termasuk naik wahana, ya. Untuk itu, tempat yang satu ini cocok banget dikunjungi saat liburam bareng temen atau keluarga.

6. Pantai Cafe

Menyantap hidangan lezat di pinggir pantai bisa menjadi momen yang langka. Untuk itu, kamu bisa merasakan momen tersebut kalau datang ke Pantai Cafe. Pantai yang satu ini didesain elegan, dengan pemandangan pantai sebagai suguhannya. Sambil menikmati deburan ombak yang tenang, kamu bisa menikmati aneka hidangan lezat. Ada lemon tea, kopi, aneka jus buah, aneka seafood, dan snack ringan. Untuk itu, bawa teman-teman kamu kesini agar suasana nongkrongnya lebih asik. Alamatnya di Komplek Pantai Permata, Blk. E No.1-6, Tj. Uma, Kec. Batam Kota, Kota Batam, ya!

7. Wisata Batam Kampung Vietnam

Kampung Vietnam ini hadir karena adanya cerita di masa lalu. Pada tahun 70-an, tidak sedikit warga Vietnam yang datang ke Indonesia saat terjadi perang saudara. Para imigran tersebut disambut dengan baik dan dipersilahkan untuk tinggal dan hidup di Indonesia. Hingga saat ini, wilayah Kampung Vietnam yang ada di batam ini masih eksis karena anak cucunya terus hidup dan bernaung di Indonesia. Bahkan, tempat ini juga menarik minat wisawatan untuk mengambil beragam foto yang unik dengan latar yang bersejarah. Untuk htmnya sendiri hanya Rp 10ribu per orang, ya.

Baca juga artikel menarik lainnya:

8. Golden Prawn Bengkong

Selanjutnya ada wisata Golden Prawn yang terkenal sebafai wisata kuliner. Tempat yang satuini cukup populer karena menyuguhkan aneka seafood dengan harga yang relatif terjangkau, yaitu mulai dari Rp 12ribu saja. Menu yang bisa dipesan beragam. Ada udang, cumi, kerang, renjom, ketam, puyunghai, ayambakar, dan masih banyak lagi. Menikmati hidangan ini akan semakin mantap karena kamu bisa menyantapnya di pinggir laut. Buat kamu yang ingin berlama-lama disini, bisa banget menginap di penginapan berkelas bintang lima di area sini.

9. Waterboom Queen Garden

Wisata Waterboom emang paling ideal dikunjungi bersama keluarga. Di Batam sendiri, kamu bisa menemukan Waterboom Queen Garden yang lokasinya ada di kawasan Bengkong. fasilitasnya dinilai lengkap, mulai dari wahana untuk anak-anak, dewasa, hingga semua usia. Jika dihitung, disini ada sepuluh wahana seluncuran yang bisa dinikmati. Kolam renangnya sendiri ada yang mencapai dua meter, dan khusus digunakan orang dewasa saja. HTM per orangnya adalah Rp 35ribu saat weekday, dan Rp 55ribu saat weekend.

10. Wisata Batam Hutan Wisata Mata Kucing

Yang terakhir adalah Hutan Wisata Mata Kucing. Objek wisata yang satu in termasuk ekowisata yang berdiri di atas lahan seluas 193 hektar. Lokasinya ada di Jalan Diponegoro, kawasan Sekupang, Batu Aji. Hutan wisata yang satu ini menyuguhkan pemandangan alam yang cantik serta koleksi satwa. Diantaranya ada beruang madu, buaya, ular, dan kura-kura. Selain itu, kita juga bisa melihat aneka spesies primata seperti monyet, beruk, siamang coklat dan siamang hitam. Ada juga spesies burung seperti elang, bangau dan burung perkutut.

Kalau sudah puas melihat-lihat satwa cantiknya, kamu juga bisa bersantai di dekat kolam yang cukup besar yang dihiasi oleh ikan-ikan raksasa. Ada ikan arwana raksasa, lele dumbo, dan ikan predator arapaima gigas.

Itulah sepuluh wisata Batam yang bisa jadi alternatif untuk liburan bareng orang tercinta. Mana yang paling menarik minat kamu?

Berikan komentarmu