via Instagram/ @rizkakhadafi

Berkunjung ke 10 Wisata Ala Jepang Ini Auto Jadi ‘Turis’!

Spread the love

Jepang menjadi salah satu destinasi wisata favorit untuk liburan masyarakat Indonesia. Selain bisa bersantai di bawah rindangnya pohon sakura, kita juga bisa merasakan atmosfir ‘masa depan’ berupa kecanggihan teknologi yang dimilikinya. Namun, nggak semua orang punya kesempatan untuk berkunjung kesana. Entah itu alasan budget, waktu, dan lain sebagainya. Mengatasi hal tersebut, pengelola-pengelola objek wisata akhirnya memanjakan para traveler dengan inovasinya. Mereka mengemas objek wisata sedemikian rupa sampai penampakannya mirip seperti wisata di Jepang. Dengan begitu, kamu bakal ngerasa auto seperti turis saat mengunjungi tempat tersebut. Btw, replika-replika wisata ala Jepang tersebut bisa kamu temukan di sepuluh objek wisata di bawah ini.

1. Wisata ala Jepang: Kalinampu Pundong, Yogyakarta

Kalinampu Pundong menjadi salah satu objek wisata hits di Yogyakarta dengan tema ala-ala Jepang. Yang menjadi daya tariknya adalah hamparan tanaman eceng gondok. Berpose diantara bunga-bunganya membuat kita serasa lagi di Jepang. Apalagi kalau misalnya kamu menggunakan kimono, baju khas Jepang, yang bisa kita sewa di tempat ini lengkap dengan payung dan kipasnya. Kalimanu Pundong juga punya gerbang ala Jepang (Torii) yang membuat objek wisata ini making Jepang banget, hhe.

Kalau kamu ingin datang kesini, pastikan ajak teman-teman kamu pas siang hari, ya. Bunga eceng gondok bakalan mekar pas cuaca lagi terang-terangnya, dan sebaliknya mereka bakal menguncup kalau nggak ada cahaya.

Tiket Masuk: Rp3.000 | Sewa kimono, Rp25.000/set per 30 menit | Naik perahu: Rp10.000

Alamat: Dusun Kalinampu, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Yogyakarta.

Jam Operasional: 08.00 – 18.00 WIB

2. The Great Asia, Africa, Lembang

Bandung nggak pernah kehabisan ide untuk menyuguhkan objek wisata yang Instagramable. Salah satunya adalah The Great Asia Africa di Lembang. Di tempat ini, kamu bakal diajak ‘keliling dunia’, salah satunya ada Japan Pavilion. Spot ini menyajikan aneka kebudayaan Jepang. Bahkan, disini juga disediakan Gyomo Kingyo Sukui, permainan tradisional Jepang, yang mana kamu harus menangkap ikan-ikan kecil.

Selain itu, kamu juga bisa membawa origami sebagai oleh-oleh, dan berfoto menggunakan kimono yang bajunya bisa kamu sewa disini. Jadi, nggak ada salahnya buat ngajakin adik atau saudara liburan kesini biar makin seru!

Tiket Masuk: Rp50.000 (Senin – Jumat) | Rp65.000 (Sabtu, Minggu, & hari libur nasional)

Alamat: Jl. Raya Lembang – Bandung No.71, Gudangkahuripan, Lembang, Kabu. Bandung Barat, Jawa Barat 40391 (Tepat di seberang Farmhouse Lembang).

Jam Operasional: Senin – Jumat (09.00-18.00) | Sabtu, Minggu & Hari Libur Nasional  (08.00 – 19.00)

3. Wisata Ala Jepang: The Onsen Hotspring Resort, Malang

Onsen adalah salah satu tempat pemandian yang terkenal di Jepang. Kalau masih belum sanggup terbang ke Negeri Sakura, kamu bisa tancap gas aja ke  The Onsen Hot Spring Resort di Batu, Malang. kamu bisa merasakan berendam ala onsen di tengah hutan pinus yang rimbun dengan latar belakang pegunungan. Udah kebayang kan sejuknya kayak gimana?

Selain itu, tempat ini juga menyediakan Torii atau gerbang khas Jepang yang bisa digunakan untuk background foto yang cantik. Jembatan Shinkyo jug anggak kalah menarik. Kalau mau nginep, bisa banget bermalam di resortnya yang juga khas Jepang. Kamu bakal ngerasain gimana rasanya istirahat di tatami (tikar khas Jepang), melakukan chato (ritual tradisional minum teh ala Jepang) sambil menggunakan Yukata.

Lokasi: Jl. Arumdalu No.98, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur
Jam operasional: Setiap hari, 15.00 – 18.00 WIB
Harga tiket: 100,000 IDR

4. Taman Jinja, Bali

Lagi di Bali tapi bisan mantai? Dateng aja Taman Jinja! Tempat yang satu ini cocok banget buat kamu yang pengen ngadem dengan nuansa ala Jepang. Di pintu masuknya, kamu bakalan disambut dengan Torii berwarna merah yang berderet rapi. Di sekelilingnya dihiasi bunga-bunga cantik yang membuat pengunjung makin betah. Konon, spot ini memang jadi lokasi favorit buat foto-foto. Lihat aja gambar di atas, cakep, kan? Kalau lagi nggak berembun, kamu bisa berfoto di taman ini dengan pemandangan Gunung Agung sebagai latarnya. Kalau fotonya di unggah di medsos, orang pasti nyangkanya kamu lagi ada di Gunung Fuji.

Tiket Masuk: Rp15.000 per orang dan Rp5.000 untuk mobil
Alamat: Desa Besakih, Karangasem, Bali.
Jam Operasional: 08.00 – 19.00

5. Little Japanese Jatim Park, Malang

Little Japanese di The Legend Star, Jatim Park 3, Batu menyuguhkan wisata cantik dengan bangunan-bangunan khas Jepang. Disana kamu bisa menemukan istana Kerajaan Jepang, rumah shogun, dan juga pohon sakura. Selain itu, disini juga ada replika patung Hachiko, yang diceritakan sebagai anjing yang setia banget sama majikannya.

Kalau mau foto-foto disini, nggak lengkap rasanya kalau nggak nyewa baju Kimono. Disini, kamu bisa menyewanya seharga Rp 50 ribu untuk durasi 20 menit. Jadi, pastikan kamu memanfaatkan waktu tersebut buat foto-foto cantik di area Little Japanese ini.

Tempat: Jl. Ir. Soekarno No.144, Beji, Kec. Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur

Jam operasional: Setiap hari, 12.00 – 19.00 WIB

Harga tiket: 50,000 IDR per orang

6. Kyotoku Floating Market, Lembang

Bandung juga punya objek wisata lainnya yang bernuansa Jepang, namanya Kyotoku Floating Market, Lembang. kawasan yang satu ini dirancang sedemikian rupa sehingga pengunjung seolah merasa sedang berada di Jepang. Menariknya, kamubisa menaiki perahu sambil menikmati pemandangan bangunan-bangunan khas Jepang yang ada di sekelilingnya. Kamu juga bisa sewa Yukata biar bener-bener kayak lagi di Jepang. Saking cantiknya, tempat ini juga sering dijadikan sebagai spot prewedding. Liat aja foto di atas, siapa sangka ternyata itu ada di Bandung 🙂

Tempat: Floating Market Lembang, Jl. Grand Hotel, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Jam operasional: Setiap hari, 8.00 – 18.00

Harga tiket: 40,000 IDR per orang

7. Little Kyoto, Bogor

Bogor  punya replika Kota Kyoto, lho! Di salah satu sudut di Kota Bogor, tepatnya di Gang Kepatihan ini, kamu bisa menemukan kreativitas warga setempat berupa kampung tematik bernuansa tradisional Jepang. Di sepanjang gang 70 meter ini, kamu bakal terkesima dengan bangunan-banguan tua khas Jepang. Yang bisa dilakukan adalah foto-foto karena kita nggak bisa masuk ke dalamnya. Saking estetiknya, tempat ini juga jadi lokasi favorit nuat foto prewedd, lho!

Alamat: Gang Kepatihan, Bogor, Jawa Barat

Jam operasional: Setuap hari, 6.00 – 21.00

Harga tiket: Gratis

8. Wisata Ala Jepang: Little Tokyo, Jakarta

Kawasan Blok M Jakarta juga punya spot ala-ala Jepang. Kawasan yang satu ini bisa banget jadi ‘trial’ sebelum kita pergi beneran ke Jepang. Disini ada restoran khas Jepang dan juga spot-spot cantik untuk berfoto. Tempat yang satu ini selalu ramai, jadi nggak masalah kalau kamu mau berkunjung saat pagi, siang, atau malam. Biasanya, disini juga suka diadakan festival khas Jepang. Jadi, pantau terus informasinya, yaaa…

Alamat: Jl. Melawai 6 No.15a, RT.3/RW.1, Jakarta Selatan.

9. Sakura Hills Tawangmangu, Karanganyar

Penginapan ala Jepang bisa kamu rasain di supercamp yang ada di Sakura Hills Tawangmangu. Tempat penginapan ini mengusung konsep negeri sakura. Arsitekturnya mirip-mirip dengan pedesaan di Shirakawa-Go, Jepang. TAlih-alih ditutupi salju, atap-atap rumah tersebut ditutupi kabut dan pepohonan hijau. Suasananya sudah pasti sejuk, apalagi degan adanya pemandangan kaki Gunung Lawu.

Kalau tidak berminat untuk menginap, kita masih bisa menikmati fasilitas lainnya. Ada Japanese Park, Water Onsen Park, Sakura Park, Forest Canopy Tour, serta Cafe dan Resto.

Tiket Masuk: Rp30.000 | Supercamp, mulai Rp500.000/malam

Alamat: Jl. Raya Matesih-Tawangmangu No.16, Gondosuli Kidul, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah 57792.

Jam Operasional: 09.00 – 17.00

10. Wisata Ala Jepang: Taman Bunga Nusantara, Cianjur

Terakhir ada Taman Bunga Nusantara yang puanya nuansa ala-ala Jepang. Pencinta tanaman bunga pasti bakalan betah disini karena tempat ini menyuguhkan aneka jenis bunga yang dikreasikan menjadi beragam bentuk yang cantik. Begitu sampai di pintu masuk, kita bakal disambut dengan gerbang khas Jepang. Belum lagi dengan tamannya yang bergaya Zen khas Jepang. Pokoknya, puas banget kalau mau berkeliling disini. Ada juga kolam dengan ikan koi, pepohonan yang rindang, gazebo bergaya Jepang, yang bisa membuat liburan kamu disini semakin berkesan.

Lokasi: Kawungluwuk, Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

Jam operasional: Setiap hari, 8.00 – 17.30 WIB

Harga tiket: 40,000 IDR per orang.

Itulah sepuluh wisata ala Jepang di Indonesia yang bisa jadi alternatif liburan ke luar negeri. Kamu mau berkunjung kemana dulu?

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu