Berikut 10 Perlengkapan Backpacker yang Pantang Ketinggalan

Spread the love

Penyuka aktivitas petualangan biasanya lebih memilih backpacker-an untuk urusan liburan atau berwisata. Tentu menyenangkan karena kamu bakal mendapatkan pengalaman seru menyusuri alam dan tempat-tempat eksotis lainnya. Karena cenderung hidup di alam, para backpacker tentu bisa lebih meminimalisir pengeluaran, khususnya untuk urusan akomodasi dan transportasi. Untuk itu, ada beberapa perlengkapan backpacker yang jangan sampai terlewatkan. Buat kamu yang baru mau banget menjajaki dunia wisata beransel ini, catat dulu sepuluh list barang-barang yang perlu dibawa berikut ini.

1. Perlengkapan backpacker Travel bag organizer

Biar lebih praktis, pastikan backpacker punya travel bag organizer. Tas ini tentu saja berbeda dengan tas ransel pada umumnya yang cenderung bisa bikin perlengkapan berlibur jadi berantakan. Itu tentu bisa memakan waktu lama. Solusinya, kamu bisa menggunakan tas khusus yang satu ini. Travel bag organizer bisa membuat barang-barang kamu menjadi lebih rapi dan teratur. Di dalamnya terdapat kantong-kantong khusus, sehingga kamu bisa lebih mudah dalam mengelompokan barang. Packing juga bisa lebih cepat dan mudah. Untungnya, jenis travel bag organizer banyak dijual di pasaran dengan jenis dan harga yang bervariasi. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan, ya…

2. Jaket Anti Air

Jaket anti air juga menjadi barang penting bagi backpackers. Jaket ini berguna banget, apalagi kalau bukan untuk melindungi tubuh dari hujan, angin, atau cuaca ekstrim lainnya. Bahkan para backpacker yang sudah berpengalaman sudah tidak asing dengan jaket yang satu ini. Mereka cenderung ngerasa nyaman menggunakannya karena jaket nggak perlu dilepas atau dipasang saat mendadak hujan atau kondisi cuaca berangin kencang.

Jaket ini juga multifungsi! Di dalamnya terdapat banyak kantong untuk menyimpan barang-barang penting. Mulai dari uang, HP, kamera (mirrorless) dan lain sebagainya.

3. Sepatu Gunung

Sepatu khusus backpacker juga harus diperhatikan. Pasalnya, kamu bakalan lebih sering berjalan kaki dibandingkan rebahan. Untuk itu, sepatu gunung bisa jadi pilihan yang tepat. Meski nggak bakal naik gunng, tapi sepatu ini dirancan untuk medan-medan yang ekstrim, seperti licin, becek, atau yang lainnya. Nggak usah khawatir nggak nyaman karena sepatu gunung ini ringan di kaki. Untuk modelnya sendiri bervariasi, jadi cewek juga bisa pilih sepatu gunung yang sesuai dengan selera….

4. Perlengkapan backpacker Alat P3K

Barang yang nggak kalah penting adalah Peralatan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan atau P3K. Perlengkapan ini jangan sampai tertinggal kalau kamu mau ngerasa nyaman selama di perjalanan. Kamu nggak pernah tau akan ada kejadian yang tidak terduga seperti apa yang bakal menimpa. Entah itu kaki terluka, dada yang tiba-tiba sesak, kepala pusing, dan lain sebagainya. Untuk itu, pastikan obat-obatan pribadi juga dimasukan ke dalam catatan P3K ini, ya.

5. Powerbank

Di zaman sekarang ini, kayaknya manusia memang nggak bisa kalau nggak main handphone. Percuma bawa smartphone kalau dayanya habis dan nggak ada tempat untuk ngecharge. Solusinya tentu saja dengan membawa powerbank. Barang ini akan sangat bermanfaat apalagi kalau aktivitas kamu itu sering menghabiskan daya baterai. Seperti membuka aplikasi peta, GPS, browsing tempat wisata, ataupun membuka sosmed. Untuk itu, pilihlah kapasitas powerbank yang cukup besar biar aweeet.

6. Quick dry towel

Backpackers juga perlu handuk yang mudah meresap air dan cepat kering. Kamu tentu nggak mau repot saat mandi di perjalanan atau kamar mandi umum, dan harus menunggu handuk sampai kering. Quick dry towel ini bisa jadi solusinya karena terbuat dari microfiber. Bahan tersebut lebih mudah menyerap air dan lebih cepat kering dibanding handuk biasa. Jadi, bisa langsung disimpan di tas tanpa harus dijemur seperti handuk pada umumnya.

 Baca juga artikel menarik lainnya:

7. Perlengkapan backpacker Travelling Pillow Lengkap

Kenyamanan saat beristirahat juga sangat penting. Meski sudah terbiasa tidur di alam bebas atau “sembarangan”, backpackers sepertinya perlu juga membawa traveling pillow atau yang biasa kita sebut bantal leher. Bantal portable berebntuk huruf U ini memang cukup membantu untuk kenyamanan tidur, khususnya saat berada di pesawat, bis, ataupun kereta. Harganya juga nggak bikin kantong jebol, dan biasanya sudah satu paket dengan penutup mata dan penutup telinga.

8. Travel Adaptor/Converter

Yang mau backpacker-an ke luar negeri, travel adaptor atau converter ini jangan sampai lupa dibawa. Biasanya setiap negara punya jenis stop kontak yang berbeda dengan yang biasa kita gunakan. Travel adaptor ini tentu akan memudahkan kita untuk ngecharge atau menggunakan alat-alat elektronik. Untuk itu, cari tahu dulu jenis colokan listrik di negara yang bakal kamu kunjungi. Jangan sampai salah bawa karena kamu nggak banyak nyari tahu.

9. Sunblock

Sunblock bisa jadi barang yang sering terlupakan oleh backpackers. Terkesan sepele, namun barang ini rupanya sangat penting. Sunblock bisa melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Selain bisa membuat kulit jadi belang, efek jangka panjangnya bisa saja membuat kulit mengalami penuaan dini, bahkan kanker. Untuk itu, segera masukan sunblock ke dalam daftar bawaan. Nggak susah dicari karena di minimarket pun benda ini terpampang jelas dengan harga yang reatif terjangkau. Sesuaikan juga sunblocknya dengan kondisi kulit, apakah kering atau berminyak.

10. Perlengkapan backpacker untuk Memasak

Peralatan memasak cocok buat kamu yang mau bermalam di tenda atau lebih suka masak sendiri. Alat-alat yang dibawa nggak perlu terlalu banyak alias disesuaikan dengan kebutuhan. Kamu bisa membawa kompor gas elektrik, panci, dan alat makan. Terkensa seperti ribet, namun rupanya alat-alat tersebut kini tersedia dalam ukuran yang lebih kecil. Jadi, membawa peralatan makan ini juga bisa lebih menghemat budget!

Berikan komentarmu