Share this
Share

shares

5 Alasan Penting Kamu Harus Berhenti Punya Kebiasaan Ngecek Hp

15 October 2017

Alasan Penting Kamu Harus Berhenti Punya Kebiasaan Ngecek Hp Cerpin Com 6

Bayangin kalau kamu bisa kembali ke masa lalu. 100 tahun yang lalu dan kamu memberi tahu seseorang yang hidup di masa itu kalau di masa mendatang, 100 tahun kemudian, akan ada penemuan smartphone yang bisa dibawa kemana-mana secara praktis.

Orang di zaman itu mungkin akan bilang kalau kamu adalah orang gila. Tapi kalau dipikir-pikir, mungkin ada benarnya juga orang yang hidup di masa lalu itu. Kita semua yang saat ini yang memiliki smartphone, tanpa kita sadari sudah hidup di zaman yang penuh kegilaan. Smartphone memang praktis dan untuk beberapa hal bisa mempermudah hidup manusia, tapi di saat bersamaan kehidupan bersama smartphone juga lambat laun mengubah cara kita hidup dan cara kita berkomunikasi dengan sesama manusia.

Kalau kata Spiderman, With great power comes great responsibility. Kebiasaan ngecek hp di jaman sekarang sudah umum sekali. Orang kalau sudah santai dan megang smartphone, cenderung lupa sama banyak hal. Kita tak sadar kalau kita masih punya banyak tanggung jawab yang mestinya bisa membuat hidup lebih berarti daripada melihat sosial media berjam-jam di depan layar handphone. Menghabiskan begitu banyak waktu untuk menatap layar handphone tanpa kita sadari sudah merusak hidup kita sendiri, baik itu fisik, sosial dan intelektual kita.

Dalam hal ini, cerpin.com ingin sedikit membagian beberapa alasan yang penting yang akan membuat hidup kita lebih baik tanpa melulu bergantung sama handphone.

1. Berhenti punya kebiasaan ngecek hp karena merusak mata

Alasan Penting Kamu Harus Berhenti Punya Kebiasaan Ngecek Hp Cerpin Com 1

Mata manusia adalah organ yang luar biasa, mampu melakukan berbagai macam tugas. Sayangnya, budaya “ngecek smartphone” secara drastis mengurangi jumlah fokus jarak jauh yang kita lakukan. Para ahli menyarankan bahwa penggunaan layar yang berkepanjangan dapat sangat merugikan kesehatan mata, namun mereka sama sekali tidak yakin seberapa buruknya keadaan tersebut.

Eksperimen laboratorium menunjukkan bahwa paparan sinar HEV yang berkepanjangan (seperti jenis yang dipancarkan oleh layar LCD) merusak jaringan retina, dan semakin dekat layarnya, semakin banyak radiasi yang diserap. Ingat, mata adalah aset terbaik yang kita miliki dalam melakukan banyak tugas, sayang banget kalau masih muda sudah pakai kacamata, bukan karena sering belajar, tapi karena sering main handphone.

2. Kebanyakan ngecek hp akan membuat orang disekitarmu ilfeel dan kamu akan dicap orang ber-attitude jelek

Alasan Penting Kamu Harus Berhenti Punya Kebiasaan Ngecek Hp Cerpin Com 2

Penelitian yang dilakukan terhadap generasi smartphone mengungkapkan bahwa kalau kita punya kebiasaan suka ngecek handphone akan merusak persahabatan kita. Sebuah studi di Universitas Essex di Inggris menemukan bahwa orang yang selalu ngecek handphone cenderung bisa membuat orang disekitarnya memiliki kesan negatif terhadapnya. Gimana engga kesel kalau punya teman yang selalu megang handphone sepanjang waktu disaat lagi nongkrong bareng.

Dalam hal ini, ketergantungan orang dengan smartphone yang berlebihan sudah merusak kehidupan sosial. Jangan sampai kebiasaan jelek ini terbawa-bawa di lingkungan kerja, kalau atasan lihat kita suka ngecek hape pas lagi kerja, ya hati-hati aja, jangan sampai hanya gara2 ketergantungan bisa merusak karirmu.

3. Smartphone yang selalu kita pegang-pegang itu mengandung bakteri, semakin sering ngecek hp, semakin banyak bakteri yang kita bawa

Alasan Penting Kamu Harus Berhenti Punya Kebiasaan Ngecek Hp Cerpin Com 3

Mengingat bahwa hampir semua objek yang kita temui dan yang ada dalam kehidupan sehari-hari adalah tempatnya bakteri, termasuk smartphone yang kita selalu kita bawa dan kita kantongi itu. Berita buruknya lagi, smartphone membawa lebih banyak bakteri dan membuat bakteri itu semakin dekat dengan mata dan telinga kita.

Sebuah studi yang dilakukan oleh London School of Hygiene & Tropical Medicine menetapkan bahwa satu dari setiap enam telepon seluler di Inggris terkontaminasi dengan kotoran. Sementara 16% di antaranya membawa bakteri E. Coli. Inilah salah satu dampak dari smartphone yang kelihatannya sepele dan kasat mata tapi bisa berbahaya.

Mencuci tangan secara teratur akan membantu mengurangi masalah ini, namun smartphone kita masih merupakan salah satu sumber penyakit yang bisa membuat kita gampang sakit. Jadi jangan heran kalau punya teman sekampus atau sekantor yang suka sakit-sakitan, lihat dulu aja gimana kebiasaan dia sama smartphone yang dia punya.

4. Selalu bergantung sama smartphone, bikin bahaya di jalanan dan nyusahin orang sih sebenarnya

Alasan Penting Kamu Harus Berhenti Punya Kebiasaan Ngecek Hp Cerpin Com 4

Sekali ngecek hp, pasti akan ketagihan dan menjadi ketergantungan. Satu hal yang paling bahaya dari smartphon adalah, benda ini bisa mengalihkan perhatian kita di jalan entah itu lagi nyetir atau lagi jalan, semuanya sama bahaya dan membahayakan orang lain pastinya.

Faktanya, peningkatan kematian pejalan kaki di zaman milenial ini sebagian disebabkan oleh smartphone. Kebiasaan ngecek hp ketika kita sedang berjalan di pinggir jalan juga sangat berbahaya, di samping bisa menghilangkan konsentrasi, juga pasti akan membahayakan (nyusahin) orang, gimana engga, coba aja lihat orang yang suka main hape di jalan atau sambil nyetir, itu lah golongan orang-orang yang pantes ditabok kalau ketemu.

5. Kebanyakan ngecek hp, malemnya jadi susah tidur, besoknya kerja telat, kerjaan gak kelar, pulang malem dah, yah gitu-gitu aja idup lo tong

Alasan Penting Kamu Harus Berhenti Punya Kebiasaan Ngecek Hp Cerpin Com 5

Banyak orang mengalami kesulitan meletakkan ponsel mereka sebelum tidur, ini murni karena ketergantungan dan kecanduan. Sebelum tidur biasanya jadi ajang orang main video call dan chatting yang bikin kita punya rasa bersalah sendiri kalau kita ga lihat videonya. Sayangnya, sejumlah penelitian telah mengungkapkan bahwa menggunakan layar LCD terutama yang dekat dengan wajah kitam dapat mengganggu siklus tidur. Cahaya biru yang dihasilkan layar handphone itu bakal menghambat produksi melatonin, nama hormon yang nyuruh kita buat tidur.

Kalau memang penting untuk ngecek hape sebelum tidur, disarakan untuk menggunakan fitur “night shift” yang menggunakan iphone atau aplikasi semacamnya yang berguna untuk mengurangi jumlah cahaya biru dari layar handphone supaya mata kita gak cepat lelah.

Baca juga artikel lain di cerpin.com:

Berikan komentarmu

Related articles

 #kebiasaan #smartphone
Share

Pilihan editor