Berani Uji Nyali di 15 Tempat Berhantu di Singapura Ini?

Spread the love

Pengen nyobain sensasi jalan-jalan ke luar negeri? Singapura bisa jadi solusinya. Meski tergolong negara ‘kecil’ dan ‘dekat’ karena tinggal nyeberang dari Batam, Negeri Singa ini menawarkan modernisme yang nggak bisa semua kamu jumpai di kota-kota besar di Indonesia. Misalnya, infrastrukturnya yang bagus, kota yang bersih, jaringan transportasinya yang solid, dan masih banyak lagi. Meski kamu akan disuguhkan oleh ‘hal-hal yang mewah’ disana, ternyata Singapura juga masih menyimpan mitos-mitos dan cerita mistis yang masih berkembang sampai saat ini. Hal tersebut bisa kamu jumpai di lima belas tempat berhantu di Singapura. Ada apa saja? Simak rangkumannya di bawah ini.

1. Tempat Berhantu di Singapura, Kebun Karet Nee Soon

13 Most Haunted Places in Singapore History - Nee Soon Rubber Estate - Wattpad
via wattpad.com

Tempat paling angker pertama ada di perkebunan karet Nee Soon. Tempat yang satu ini dikenal angker karena konon dihuni oleh sosok Pontianaks yang mengerikan. Sosok berupa vampir ini katanya suka banget nongkrong di balkon dan depan pintu rumah warga. Bahan mereka sesekali selalu memperhatikan orang uang sedang menyeberang di Taman Sembawang.

Sembawang merupajan tempat dimana Perkebunan Karet Nee Soon ini tumbuh. Kabarnya, si sosok ini sudah lama tinggal disana dan menjadi pohon-pohobn karet tersebut sebagai tempat tinggalnya. Meski saat ini perkebunan ini sudah dibersihkan dan menjadi lahan untuk pembangunan rumah susun dan industri, hantu Pontianak ini masih betah. Saking luasnya, perkebunan karet ini menutupi area di sekitar Yishun, Sembawang, dan Seletar.  Kalau kamu lagi jalan-jalan ke Singapur, nggak ada salahnya mampir kesini untuk uji nyali. Berani?

2. Tempat Berhantu di Singapura, Pulau Tekong

Pulau Tekong - Wikipedia
via wikipedia.org

Selanjutnya ada Pulau Tekong yang sudah terkenal keangkerannya. Pulau sekaligus lokasi Rumah Militer Singapura ini kabarnya dihuni oleh sosok nenek-nenek berambut panjang dengan usus yang terburai. Kalau di Indonesia, sosok seperti ini dikenal dengan sebutan Kuyang. Si hantu nenek ini konon sering gentayangan bersama cucunya dan mengganggu tentara yang sering tidur larut malam atau begadang.

Sejarah hatu nenek ini bermula saat pulau ini dihuni oleh mayoritas penduduk Tionghoa. Sosok ini mulai menampakan diri saat Tekong diambil alih untuk keperluan militer. Setiap ada anggota baru, cerita seram ini selalu diceritakan. bahkan, cerita seramnya sudah tidak bisa dihitung jari saking banyaknya.

Pulau Tekong ini tidak terbuka untuk umum. Siapa saja bisa berkunjung kesini kalau ingin mendaftarkan anggota keluarganya untuk  Pelatihan Dasar Militer.

3. Jalan Tampines

29-year-old man found hanging from tree near Tampines Road on Oct. 30, 2019 - Mothership.SG - News from Singapore, Asia and around the world
via mothership.sg

Tampines road menjadi salah satu jalan yang angker di Singapura. Orang yang lewat jalan ini konon sering diganggu oleh sosok Pontianak. Makhluk ghaib tersebut konon dulunya adalah sosok perempuan yang meninggal dunia dalam keadaan hamil tua. Menurut beberapa saksi yang pernah lewat jalan ini, sosok pontianak tersebut suka ngikut di jok motor, sehingga pengendara tersebut selalu ngerasa lebih berat. Belum lagi aroma bunga disepanjanga jalannya yang membuat suasana semakin mencekam. Kejadian mengerikan ini seringkali terjadi saat malam hari.

Sepanjang Tampines Road, berjejer pepohonan tinggi. Meski ada beberapa yang sudah ditebang, suasana horornya masih ada. berani kesini malam-malam?

4. Rumah Matilda

Matilda House gets new life as condo clubhouse, Business News - AsiaOne
via Berita Harian

Rumah Matilda juga dianggap mistis oleh masyaralat Singapura. Meski sosok yang mengganggu tidak diketahui persis, ada beberapa saksi yang pernah melihat sosok wanita berambut gondrong. Bahkan beberapa tahun silam, ada seorang pekerja yang meninggal dunia di rumah tersebut.

Rumah Matilda ini dibangun pada tahun 1902 oleh pengacara Irlandia Alexander Cashin. Ia sengaja membangun rumah ini untuk istrinya dan dinamai  nama ibunya. Rumah itu dihuni oleh keluarga Cashin untuk sementara waktu,  hingga akhirnya dibiarkan terbengkalai sebelum disita oleh pemerintah. Menurut cerita yang beredar, rumah tersebut sulit untuk dihancurkan. Rumah tersebut seolah memiliki kekuatan magis yang tidak bisa dijelaskan.

5. Sekolah-sekolah di Singapore

Hospital corridors with dim lights
via pexels.com

Nggak cuman di Indonesia, sekolah-sekolah di Singapura juga konon banyak penunggunya. Sekolah-sekolah tersebut biasanya dihuni oleh sosok-sosok perempuan yang bunuh diri di toilet. Namun, sebenarnya tidak hanya sosok perempuan saja yang sering nampakin diri di sekolah-sekolah di Singapura. Pasalnya, setiap sekolah tentu saja punya cerita seramnya masing-masing yang bisa kamu tanyakan ke teman atau saudara yang sekolah disana. Kalau kamu pengen uji nyali di sekolah-sekolah di Singapura, boleh banget tuh!

6. Museum Nasional Singapura

National Museum of Singapore: Budaya & Sejarah – Visit Singapore Situs Web Resmi
via visit singapore.com

Hantu yang gentayangan di museum ini bukan sosok pontianak maupun hantu kuyangnya-singapura. Sosok yang betah tinggal di museum ini adalah  hantu mantan direktur museum, dokter, dan naturalis Inggris Carl Alexander Gibson-Hill. Ketiga sosok tersebut dikabarkan mati bunuh diri. Penampakan ketiga sosok hantu tersebut konon sering terlihat di area tangga spiral bergaya Victoria. Meski penampakan luarnya sangat cantik dari luar, kamu nggak bakalan tahu ada penampakan apa di dalamnya.

7. Tempat Berhantu di Singapura, Waduk Bedok

20 Tempat Angker di Singapura Lengkap. Lebih Seram dari Indonesia?

Dibalik keindahannay, Waduk Bedok ini ternyata punya penghuni yang cukup mengerikan. Konon, sosok mengerikannya adalah mereka yang bunuh diri disini. Waduk Bedok sempat terkenal dengan enam kasus bunuh diri antara tahun 2011 hingga 2012 di mana keenam mayat tersebut ditemukan pada pagi hari. Untuk itu, masyaralat disana menggelar upacara pemberkatan antaragama dengan tujuan untuk menyingkirkan roh-roh jahat yang ada di area tersebut.

8. Kubur Kassim

Kubur Kassim Muslim Cemetery - A Teaser
via myrotravel.blogspot.com

Hantu yang ‘nongkrong’ di Kubur Kassim ini adalah sosok Orang Bunian (sosk makhluk tak kasat mata yang biasa tinggal di pedalaman). Sosok ini terkenal melalui cerita rakyat melayu. Selain itu, ada juga sosok Pontianak yang sering gentayangan di sini, dan sosok itu jadi inspirasi pembuatan film klasik Melayu Pontianak.

Kubur Kassim sendiri merupakan kuburan Melayu berusia 90 tahun. Jika diperhatikan lagi, kamu bisa menemukan beberapa petak petak kuburan yang didedikasikan untuk ‘Orang Bunian’.

9. Tempat Berhantu di Singapura, Pulau Sentosa

Jelajahi aktivitas seru di Sentosa - Visit Singapore Official Site
via visitsingapore.com

Tempat berhantu di Singapura lainya ada Pulau Sentosa. Pulau yang satu ini konon dihantui oleh sosok tentara yang selalu menampakan diri di beberapa spot yang jauh dari jangkuan mata. Initinya, sosok yang satu ini tidak pernah muncul di keramaian. Dulunya, pulau ini dinamakan ‘Back Island of Death’. Di pulau ini, banyak eksekusi terjadi selama Perang Dunia II ketika Singapura berada di bawah Pendudukan Jepang. Nah, sejak itulah si sosok tentara itu muncul.

10. Rumah Woodneuk

Istana terbiar di Singapura dianggar bernilai RM14.2 bilion Milik TMJ
via jalankami.com

Rumah Woodneuk juga bisa membuat siapa saja merinding. Rumah yang satu ini dihuni oleh berbagai sosok mengerikan. Penampakannya juga nggak main-main, seperti bayangan-bayangan menyeramkan, penampakan roh, poltergeist (benda yang melayang), dan juga bau-bau amis (pertanda adanya hantu).

Bangunan yang satu ini dulunya dikenal dengan nama Istana Woodneuk. Rumah yang sekarang ditinggalkan ini terletak di dalam hutan di kawasan Holland Road dan Tyersall Road. Sultan Johor dan keluarganya duluny atinggal disini, tetapi sekarang terbengkalai begitu saja dhingga tidak terawat. Menariknya, rumah ini katanya nggak ada di peta Singapura. Coba cek!

11. Tempat Berhantu di Singapura, Rumah Sakit Changi

Inikah Rumah Sakit Angker Pertama di Singapura?
via govsingapore/youtube

Di Rumah Sakit Changi kabarnya kamu bakalan denger teriakan-teriakan sosok yang pernah dieksekusi mati oleh Jepang selama Perang Dunia II. Suara tersebut konon bis akamu dengar pada malam hari. Dulu, Kempeitai (polisi militer Jepang) menahan lebih dari 50.000 tawanan perang Sekutu. rumah sakit ini dijadikan sebagai tempat penyiksaan selama Pendudukan Jepang. Selain itu, Changi Old Hospital juga sempat dikosongkan pada tahun 1997, empat dekade setelah pertama kali dibangun. BPengunjung bisa melakukan tur hantu di sana, dan katanya ini adalah salah satu tempat paling menyeramkan di Singapura. Berani?

12. Menara Kuning Amber Beacon

Menara Kuning, Singapura

Sekilas, menara tersebut terlihat tidak menyeramkan. Padahal, menara tersebut katanya dihuni oleh sosok perempuan yang diduga diperkosa dan dibunuh di sana. Hingga saat ini, sosoknya masih menetap di tangga spiral. Ceritanya, ada sepasang suami istri yang ditikam oleh dua penyerang tak dikenal saat mengobrol di tangga menara pada tahun 1992. Perempuan yang saat itu berusia 21 tahun, meninggal sebelum polisi tiba, meskipun tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa dia diperkosa. Pembunuhan itu masih belum terpecahkan hingga hari ini.

13. Pemakaman Bukit Brown

We visited Bukit Brown Cemetery on the first day of the seventh month | SG Magazine Online
via sgmagazine.com

Pontianak adalah salah satu jenis hantu yang paling favorit di Singapura. Sosok ini juga bergentayangan di area pemakaman Bukit Brown. Pemakaman Bukit Brown, atau dikenal sebagai Kopi Sua, adalah salah satu pemakaman Tionghoa tertua di Singapura dan sudah ada 100.000 makam di dalamnya. Untuk itu, nggak heran aja kalau disini banyak makhluk astralnya.

14. Neo Tiew Estate

15 Abandoned Places In Singapore That Were Left For Dead
via Flickr

Hantu pontianak lagi-lagi eksis di Neo Tiew Estate. Menurut cerita yang berdear, sosok yang satu ini telah terperangkap di sana sejak seorang penjudi menolak untuk melepaskan tujuh peniti yang ditempatkan di pohon, sedangkan si pontianak ini dipaksa untuk membantunya memenangkan lotere. Jahat, yes 🙁

Neo Tiew Estate ini pertama kali dibangun oleh seorang  pengusaha yang tengah mengembangkan daerah Lim Chu Kang di awal abad ke-20. Area ini terdiri dari tiga blok bangunan bertingkat tiga, pasar basah (pasar tempat jual ikan, daging, dll), dan taman bermain. Namun, usai dijual pada tahun 2002, area ini dijadikan sebagai tempat pelatihan perang kota oleh Angkatan Bersenjata Singapura.

Kamu nggak bisa masuk semabarang ke area ini, ya, apalagi buat uji nyali. Kamu hanya bisa melihatnya dari jauh, dan itupun masih terlihat menyeramkan.

15. Tempat berhantu di Singapura, Syonan Jinja

via remembersingapore.org

Tempat berhantu di Singapura terakhir ada Syonan Jinja. Tempat yang satu ini konon penuh dengan roh tentara jepang yang mana mereka dulunya melakukan ritual bunuh diri massal melalui seppuku (secara harfiah berarti ‘memotong perut’) untuk melestarikan kesucian kuil.

Tempat yang satu ini dibangun pada tahun 1942 oleh tawanan perang Inggris dan tentara Jepang. Kuil ini didedikasikan untuk dewi matahari Shinto Amaterasu dan digunakan untuk memperingati tentara Jepang yang berguguran. Namun, tempat ini dihancurkan usai penyerahan Tentara Kekaisaran Jepang.

Syonan Jinja kabarnya sudah ditutup untuk umum.

Itulah lima belas tempat berhantu di Singapura yang cocok untuk uji nyali. Jadi, selain having fun di Universal Studio, Merlion park, dan Marina Bay, kamu juga bisa banget berkunjung ke tempat-tempat di atas. Kapan lagi dapet pengalaman mistis di luar negeri?

 

Berikan komentarmu