Share this
Share

Share

shares

Begini Rasanya Berada Dibalik Air Terjun Beku Minnehaha

3 June 2017  Ajeng

begini-rasanya-berada-dibalik-air-terjun-yang-beku-1

Hari-hari yang sangat berat dialami mereka yang tinggal di Minnesota, Amerika. Daerah ini memang sangat dingin, beberapa hal yang “beku” pun dapat kamu lihat disini saking dinginnya, tidak terkecuali sebuah air terjun!

Ya! Bahkan air terjun pun dapat menjadi beku karena cuaca yang ekstrim. Ini salah satunya terjadi pada sebuah air terjun yang berada dekat pintu masuk Minnehaha Park. Kamu bahkan dapat berdiri di balik air terjun tersebut dan melihat pemandangan menakjubkan.

begini-rasanya-berada-dibalik-air-terjun-yang-beku-2

Air Terjun Minnehaha berada di selatan Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat. Air terjun ini berada di dalam kawasan Minnehaha Park yang sering dikunjungi wisatawan dan dijadikan objek fotografi.

Dilansir dari berbagai sumber, Senin (30/12/2019), suhu di lokasi tersebut bsa mencapai 1 sampai minus 3 derajat celcius. Jika dilihat dari banyak foto yang beredar di internet, lingkungan di sekitar air terjun ini membeku dan sudah dipenuhi salju dan es. Airnya masih mengalir, namun volumenya berkurang. Ini dikarenakan sebagian sisi sungai tersebut berubah menjadi formasi es.

begini-rasanya-berada-dibalik-air-terjun-yang-beku-3

Fenomena alam unik yang terjadi pada air terjun Minnehaha di Minnesota, salah satu negara di AS ini terjadi di penghujung tahun 2019 sampai awal 2020. 

Air terjun yang biasa mengalirkan air sepanjang 16 meter kini menjadi beku dan diselimuti salju. Nyatanya, kondisi tersebut membuat air terjun itu terlihat sangat cantik seperti air terjun yang adai di film Frozen. Kondisi yang dialami air terjun Minnehaha ini tidak jauh berbeda  seperti yang terjadi pada air terjun Niagara pada awal Januari 2019 lalu.

 
begini-rasanya-berada-dibalik-air-terjun-yang-beku-5

Di awal tahun 2019 ini, Air Terjun Minnehaha juga pernah membentuk formasi es. Pada saat itu, cuaca di Minneapolis sangat ekstrem dengan suhu yang mencapai minus 23 derajat celcius. Pemandangan ini pun menjadi daya tarik tersendiri bagi warga yang tidak ingin melewatkan fenomena tersebut.

Penduduk sekitar mengatakan bahwa Air Terjun Minnehaha memang beku setiap tahun. Pada 2014 silam, Presiden Barrack Obama juga turut menyaksikan secara langsung ‘pemandangan Frozen’ ini.

begini-rasanya-berada-dibalik-air-terjun-yang-beku-6

Selain Air Terjun Minnehaha, Air Terjun Niagara yang terletak di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada juga ikut membeku di awal tahun. Berbagai sisi air terjun saat itu membeku, sehingga es ikut terbawa arus menuju sungai di bawah air terjun. Selain itu, pengunjung juga tidak bisa melihat pemandangan pepohonan dengan jelas. Pepohonan di sekitarnya juga tertutup es dan salju akibat suhu ekstrem musim dingin yang suhunya mencapai nol derajat celcius.

begini-rasanya-berada-dibalik-air-terjun-yang-beku-7

Membekunya air terjun Minnehaha menjadi tontonan tersendiri bagi warga Amerika Serikat. Meskipun cuacanya sangat ekstrem, pengunjung berdatangan silih berganti hanya untuk melhat fenomena cantik ini.

Otoritas memperbolehkan warga untuk menikmati air terjun ‘Frozen’ ini. Namun, mereka tidak mengizinkan siapa saja untuk turun karena sewaktu-waktu es bisa pecah. Saking uniknya, air terjun Minnehaha ini setiap tahunnya dikunjungi sebanyak 850 ribu orang dari dalam maupun luar kota.

Berikan komentarmu

Related articles

 #air terjun #amerika #beku #minnesota
Share di whatsapp

Pilihan editor