Share this
Share

1 shares

Bola Batu Raksasa Misterius Di Bosnia, Benarkah Berasal Dari Peradaban Yang Hilang?

1 October 2017

Copyright: Dado Ruvic / Reuters

Bola raksasa misterius bikin geger ilmuwan dan dunia arkeologi belakangan ini, apakah ini pertanda kita semakin dekat untuk menemukan sisa peradaban manusia di masa lampau?

Tempat dimana batu raksasa ini ditemukan terletak di dekat kota Zavidovici, Bosnia and Herzegovina. Bola raksasa ini adalah satu dari kelompok benda terbesar yang ditemukan dari tanah, dan menurut arkeolog Sam Semir Osmanagich, yang menemukan batu itu berasumsi bahwa benda itu memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi dan beratnya lebih dari 30 ton (lebih dari 3000 Kg!).

Bola Batu Raksasa Purbakala Di Bosnia Benarkah Berasal Dari Perdaban Yang Hilang Cerpin Com 2

Lokasi tempat penemuan bola raksasa di Bosnia and Herzegovina

Daerah yang dilingkari merah Bosnia di atas adalah tempat arkeolog Sam Osmanagich menemukan bola batu raksasa yang menurutnya bisa membuktikan peradaban maju yang telah lama hilang pernah tinggal di belahan dunia ini. (The lost civilization? Benarkan ini salah satu dari sisa peradaban Atlantis yang telah lama hilang?)

Arkeolog Sam Osmanagich, kadang-kadang disebut sebagai “Indiana Jones”-nya Bosnia karena perjalanannya ke seluruh dunia dan telah menghabiskan 15 tahun meneliti kasus yang dia sebut sebagai “fenomena bola batu prasejarah”. Dalam sebuah artikel untuk media online arkeologi, menurut Sam Osmanagich bola raksasa di Bosnia ini bisa menjadi bola batu buatan manusia yang terbesar yang diketahui. Dia mengatakan pula bahwa ada sisa-sisa penemuan lain yang mirip dengan bola ini di seluruh dunia yang juga sama-sama menunjuk pada sebuah peradaban maju yang telah lama hilang dari masa lalu yang jauh yang sampai sekarang manusia di masa kini tidak memiliki catatan tertulis tentang mereka.

Hal kedua yang paling penting dari penemuan ini adalah siapapun yang membuat batu ini adalah mereka yang punya ilmu dan peradaban yang sangat maju bahkan jauh berbeda dengan peradaban kita. Hal itu bisa dipastikan dengan mengukur bentuk geometris dari batu temuan di Bosnia. Bentuk bola raksasa itu memiliki tingkat “presisi” yang akurat dan sempurna, sama presisi dengan bentuk piramida yang ada di Mesir. Piramida saja kita gak tahu yang siapa yang buat, apalagi temuan baru ini. Ini membuktikan masih banyak hal di dunia yang masih belum diketahui oleh manusia di zaman sekarang, masih banyak misteri yang perlu dibongkar dan dicari tahu.

Suad Keserovic Cleans A Stone Ball In Podubravlje Village Near Zavidovici

Batu raksasa segede gaban

Suad Keserovic Cleans A Stone Ball In Podubravlje Village Near Zavidovici

Suad Keserovic Cleans A Stone Ball In Podubravlje Village Near Zavidovici

Suad Keserovic Poses As He Measures A Stone Ball In Podubravlje Village Near Zavidovici

Suad Keserovic Cleans A Stone Ball In Podubravlje Village Near Zavidovici

Suad Keserovic Cleans A Stone Ball In Podubravlje Village Near Zavidovici

Menurut UNESCO, bola batu serupa telah ditemukan juga di beberapa lokasi di Kosta Rika. Soal untuk apa dibuatnya atau bagaimana cara membuat bola ini masih menjadi misteri.

Baca juga:

Penemuan arkeolog Sam Osmanagich ini telah memicu kontroversi di kalangan peneliti dan akademisi lain dengan klaim bahwa, selain bola batu besar, bukit-bukit tertentu di Lembah Visoko Bosnia dan Herzegovina menyimpan terowongan bawah tanah kuno dan piramida-piramida. Semuanya masih misterius!

Berikan komentarmu

Related articles

 #arkeologi #sejarah
Share

Pilihan editor