Share this
Share

2 shares

10 Bangkai Kapal Paling Terkenal Di Dunia Yang Cocok Jadi Tujuan Wisata

22 January 2018

Bangkai Kapal Paling Terkenal Di Dunia Yang Cocok Jadi Tujuan Wisata Cerpin Com 1

Sepertinya zaman sekarang apa saja bisa dijadikan tempat wisata, selama tempatnya menarik, aneh, dan ada “daya tarik”-nya. Menurut data dari UNESCO, ada kurang lebih 3 juta bangkai kapal yang tersebar di seluruh penjuru lautan di dunia. Data ini tentunya tidak pernah dihitung, hanya diperkirakan sesuai dengan jumlah kapal yang hilang selama bertahun-tahun. Dari data yang hilang, bisa dengan mudah diperkirakan ada berapa bangkai kapal yang saat ini berada di dasar laut dan antah berantah. Sebagian bangkai kapal sudah ditemukan, yang diantaranya yang paling terkenal adalah bangkai kapal legendaris RMS Titanic, dan sisanya masih tidak diketahui, menunggu untuk dieksplorasi. Untuk para pelancong dunia penggemar wisata bahari mungkin sangat tertarik dengan bangkai kapal di pesisir pantai. Setiap kapal karam itu punya sejarah dan ceritanya sendiri.

Percaya atau tidak, bangkai kapal yang telah ditemukan itu kini telah berubah menjadi wisata turis, orang-orang bisa mengunjungi tempat ini sambil berfoto-foto. Meskipun tak boleh sembarangan melangkah atau menyentuh bagian kapal yang sudah lapuk, karena bila hancur akan mengurangi nilai suatau artifak itu sendiri. Inilah 10 Bangkai kapal karam yang bisa kita datangi, kapan lagi kan datang ke tempat-tempat yang anti-mainstream seperti di bawah ini.

1. Bessie White, Fire Island, New York

Bangkai Kapal Paling Terkenal Di Dunia Yang Cocok Jadi Tujuan Wisata Cerpin Com 2

Bessie White adalah kapal karam yang terdampar di lepas pantai Fire Island. Kapal ini diperkirakan berasal dari tahun 1919 atau 1922, para sejarawan masih belum jelas menentukan tanggal persisnya. Kapal ini telah ditinggalkan para kru kapalnya yang sepertinya melarikan diri. Kapal ini seperti sudah lama tertimbun pasir sampai akhirnya pada bulan Oktober 2012, sebuah badai pasir menyisir sisa-sisa lambung kapal ini sampai bisa terlihat oleh orang-orang.

Bangkai Kapal Paling Terkenal Di Dunia Yang Cocok Jadi Tujuan Wisata Cerpin Com 3

2. MS World Discoverer, Solomon Islands

Bangkai Kapal Paling Terkenal Di Dunia Yang Cocok Jadi Tujuan Wisata Cerpin Com 4

Kapal pesiar ini dibuat pada tahun 1974 yang biasanya mengangkut penumpang menuju kutub utara. Kapal ini akhirnya kandas di perairan Solomon Island, sebuah negara kepulauan di Samudera Pasifik pada tahun 2000. Tak ditemukan korban disini, para penumpang sudah menyelamatkan diri dengan kapal ferry. Sampai detik ini, bangkai kapal MS World Discoverer masih menjadi daya tarik wisata di tempat tersebut.

3. Peter Iredale, Oregon, Amerika

Bangkai Kapal Paling Terkenal Di Dunia Yang Cocok Jadi Tujuan Wisata Cerpin Com 6

Sebuah bangkai kapal menghantui pantai Oregon dengan nama Peter Iredale. Kapal ini pernah menjadi kapal layar pengangkut makanan yang dimiliki oleh perusahaan pelayaran Inggris Iredale & Porter. Pada bulan September 1906, kapal tersebut meninggalkan Santa Cruz, Meksiko, dalam perjalanan ke Portland, Oregon, di mana ia seharusnya mengambil gandum yang akan dibawa ke Inggris. Tapi angin kencang dan ombak besar terpaksa harus mengakhiri riwayatnya di pantai dengan tiga tiangnya terlepas dari benturan dalam angin kencang tersebut. Kini bangkai kapal itu masih tersisa dan menjadi objek wisata yang bisa dilihat langsung.

Bangkai Kapal Paling Terkenal Di Dunia Yang Cocok Jadi Tujuan Wisata Cerpin Com 7

4. MV Panagiotis, Pulau Zakynthos, Yunani

Bangkai Kapal Paling Terkenal Di Dunia Yang Cocok Jadi Tujuan Wisata Cerpin Com 8

Bangkai kapal yang satu ini ditemukan pada awal tahun 80an yang ketika itu sedang menyelundupkan rokok dan barang terlarang lainnya. Meskipun tak banyak yang bisa dilihat dari kondisinya sekarang, kapal ini masih menjadi daya tarik mereka yang datang ke pantai di Yunani ini. Selain itu, pantai Zakynthos juga menarik pengunjung untuk perairan yang berwarna hijau pirus yang bening dan pasir putih. Pantai ini salah satu tempat paling populer untuk para penikmat pantai di Eropa dan bahkan dunia. Di dekat pantai ini terdapat teluk yang dapat diakses hanya dengan perahu. Keren deh pokoknya nih pantai.

Bangkai Kapal Paling Terkenal Di Dunia Yang Cocok Jadi Tujuan Wisata Cerpin Com 9

5. SS Maheno, Fraser Island, Australia

Bangkai Kapal Paling Terkenal Di Dunia Yang Cocok Jadi Tujuan Wisata Cerpin Com 10

SS Maheno adalah kapal yang aktif melintasi Laut Tasman antara Selandia Baru dan Australia. Kapal ini juga digunakan sebagai kapal rumah sakit untuk angkatan laut Selandia Baru selama Perang Dunia I. Kapal ini kemudian dijual ke sebuah perusahaan Jepang, namun sayangnya dalam sebuah angin topan ketika perjalanan ke Jepang, kapal ini hancur pada tahun 1935. Sampai sekarang, di Pulau Fraser, orang selalu teringat dengan kapal ini yang telah menjadi objek wisata utama, meski tidak terlalu aman.

Fraser Island, Shipwreck Of Maheno (ship, 1905)

6. SS Oregon, Long Island Sound, New York

Salah satu kapal yang punya predikat “tercepat” di Atlantik, SS Oregon tenggelam pada tahun 1886. Kapal ini hanya berjarak 28 KM dari New York setelah menabrak kapal lain yang tak dikenal. Setelah usaha yang gagal untuk menambal lubang di lambung kapal, sang kapten memerintahkan krunya untuk meninggalkan kapal, meskipun hanya ada sedikit sekoci yang cukup untuk setengah dari 852 penumpang kapal tersebut. Namun untungnya kapal lain tiba untuk menyelamatkan penumpang, dan tidak ada korban jiwa.

Bangkai Kapal Paling Terkenal Di Dunia Yang Cocok Jadi Tujuan Wisata Cerpin Com 12

SS oregon di dasar laut

Di zaman sekarang, bangkai kapal SS Oregon adalah tempat menyelam yang populer di Long Island Sound. Meskipun lambung kapal dan geladak kapal telah hancur selama bertahun-tahun, masih ada bagian-bagian kapal lain yang menarik perhatian para penyelam. Sayangnya karena kondisinya yang berada di dasar laut, foto-foto SS Oregon tidak terlalu banyak.

Video eksplorasi kapal SS Oregon di dasar laut

7. Uluburun, Bodrum, Turki

Bangkai Kapal Paling Terkenal Di Dunia Yang Cocok Jadi Tujuan Wisata Cerpin Com 13

Kapal ini bukanlah seperti bangkai kapal lain yang ada di tempat terbuka seperti laut. Kapal ini adanya di dalam museum, tapi kapal Uluburun, yang tenggelam di lepas pantai Turki adalah legenda sejati. Kapal ini berasal dari Bronze age atau “zaman perunggu”, kira-kira timelinenya adalah 3200 tahun sebelum masehi. Kapal ini adalah salah satu kapal tertua yang pernah ditemukan yang berumur 3500 tahun. Seorang penyelam lokal menemukan bangkai kapal Uluburun di lepas pantai barat daya Turki pada awal tahun 80an.

Para arkeolog kemudian menghabiskan 11 tahun mempelajari kapal tersebut, mengumpulkan 20 ton artefak, termasuk sisa-sisa buah dan kacang-kacangan, tembikar, perhiasan, peralatan, dan senjata. Tidak ada yang tahu siapa yang membangun kapal ini atau kemana tujuannya, tapi dilihat dari jumlah emas yang ditemukan, sepertinya ada orang kaya atau bangsawan yang terlibat. Sisa-sisa kapal dan muatannya, serta replikanya, disimpan di Museum Arkeologi Bawah Laut Bodrum.

8. MV Captayannis, River Clyde, Skotlandia

Bangkai Kapal Paling Terkenal Di Dunia Yang Cocok Jadi Tujuan Wisata Cerpin Com 14

Kapal MV Captayannis adalah kapal pengangkut gula Yunani, dan telah menjadi rumah untuk burung dan satwa liar lainnya sejak tenggelam di Sungai Clyde Skotlandia pada tahun 1974 saat terjadi badai yang mengerikan. Perairan dangkal di sekitar bangkai kapal membuatnya relatif mudah diakses. Bangkai kapal ini masih berada disana hingga sekarang. Satu hal cukup menarik bisa dilihat para pengunjung yang melewati tempat ini. Hal misterius dari kapal ini adalah pemiliknya sampai sekarang tidak diketahui, tidak ada yang tahu siapa yang punya.

Bangkai Kapal Paling Terkenal Di Dunia Yang Cocok Jadi Tujuan Wisata Cerpin Com 15

9. La Famille Express, Turks and Caicos Islands

Bangkai Kapal Paling Terkenal Di Dunia Yang Cocok Jadi Tujuan Wisata Cerpin Com 16

Dibangun pada tahun 1952 di Polandia, La Famille Express melayani sebagian besar riwayatnya di angkatan laut SoviSovietet, di masa itu kapal ini dikenal sebagai Benteng Shevchenko. Kapal ini dijual pada tahun 1999 dan hancur dalam keadaan misterius di tahun 2004. Sekarang terletak hanya beberapa meter dari perairan, menjadikannyna Sebuah landmark menarik bagi para pelaut di Turks and Caicos, Amerika utara.

10. Eduard Bohlen, Namibia

Bangkai Kapal Paling Terkenal Di Dunia Yang Cocok Jadi Tujuan Wisata Cerpin Com 17

Sebuah bangkai kapal yang tak biasa karena kondisinya yang hampir terkubur seluruhnya di pasir. Sekarang terdampar sekitar 1 KM dari pantai. Eduardo Bohlen adalah kapal kargo dengan berat 2272 ton yang menghantam pantai Namibia pada tahun 1909 dalam kabut tebal, kapal tersebut sudah terseret begitu jauh dari air dan sekarang benar-benar tertimbun dengan pasir untuk selamanya.

Bangkai Kapal Paling Terkenal Di Dunia Yang Cocok Jadi Tujuan Wisata Cerpin Com 18

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #atraksi #bangkai #kapal #laut #shipwreck
Share

Pilihan editor