Share this
Share

1 shares

10 Band Grunge Terbaik Sepanjang Masa Dalam Era Tahun 90an

17 February 2018
Band Grunge Terbaik Sepanjang Masa Dalam Era Tahun 90an

Band grunge

Tahun 90an, jamannya band grunge merajalela, band grunge apa yang sering kamu dengar lagunya?

Awal tahun 90-an adalah surganya pecinta musik grunge. Sebuah genre baru yang beradaptasi dari genre rock yang muncul, disebut dengan musik grunge. Band Grunge muncul pertama kali dari Amerika, dan kebanyakan datang terutama dari Seattle. Musik grunge adalah sebuah subgenre rock alternatif, sebuah versi lain dari musik rock yang istilahnya sudah dipreteli, tapi juga mencakup unsur hardcore punk dan heavy metal bersamaan dengan distorsi gitar, dinamika lagu yang kontras, dan lirik yang penuh emosional.

Beberapa band terbaik dan banyak diminati orang pada awal dekade 90an dekade adalah band grunge. Tak dipungkiri kalau band grunge sangat berperan penting dalam perubahan dunia musik, dan telah merubah sebagian hidup remaja yang hidup di awal 90an dan generasi-generasi selanjutnya. Band-band yang beraliran grunge juga banyak disebut namanya sebagai band terbaik sepanjang masa.

Jadi, siapa saja yang masuk daftar band grunge terbaik? Setiap orang pasti punya seleranya masing-masing, namun nama Nirvana dan Pearl Jam sudah pasti ikonik dan tidak mungkin dilupakan setiap pecinta musik grunge mau berapapun usianya. Nirvana hanya punya tiga album studio namun karirnya kandas di tengah jalan karena kematian frontman-nya Kurt Cobain di tahun 1994. Sementara Pearl Jam masih terus membuat musik sampai hari ini. Keduanya dianggap band musik grunge paling populer dan yang paling dikenal.

Musik sebenarnya hanya masalah selera, apa yang ditulis oleh cerpin.com disini hanyalah urusan selera, tergantung dari opini masing-masing orang yang menilainya. Pastinya ada banyak sekali band grunge yang bagus-bagus selain Nirvana dan Pearl Jam. Berikut adalah daftar band grunge terbaik sepanjang masa versi cerpin.com.

1. Alice in Chains

Band Grunge Terbaik Sepanjang Masa Dalam Era Tahun 90an

Alice in Chains

Kebanyakan band grunge berasal dari Seattle, termasuk juga band ini. Dibentuk tahun 1987 oleh Gitaris Jerry Cantrell dan Drummer Sean Kinney. Vokalisnya Layne Staley meninggal tahun 2002 karena pengaruh heroin dan kokain ketika diotopsi.

2. Soundgarden

Band Grunge Terbaik Sepanjang Masa Dalam Era Tahun 90an

Soundgarden

DIbentuk tahun 1984, aslinya band ini dibentuk oleh tiga orang saja, Chris cornell, gitaris Kim Thayil dan bassis asli Soundgarden Hiro Yamamoto. Soundgarden disebut-sebut sebagai band yang menciptakan aliran musik grunge yang juga berasal dari Seattle. Di tahun 1989, band ini dilabelkan sebagai band grunge pertama oleh rekaman A&M. Namun di masa itu aliran ini seperti tidak pernah eksis, belum dikenal orang sampai akhirnya pada awal tahun 90an, band seperti Alice in chains, Nirvana, Pearl Jam ikut-ikutan mencoba aliran grunge, dan zaman musik grunge pun dimulai.

3. Nirvana

Band Grunge Terbaik Sepanjang Masa Dalam Era Tahun 90an

Nirvana

Nirvana sebenarnya bukan band grunge pertama dan bukan mereka yang melahirkan musik grunge, namun Nirvana sangat berjasa dalam mempopulerkan musik grunge. Sampai akhirnya kalau ada orang yang ingat musik grunge, pasti ingatnya Nirvana.

Nirvana dibentuk di akhir tahun 80an dengan album Bleach yang tidak begitu laku lagunya sampai akhirnya mengeluarkan single “Smells like teen spirit” di album kedua yang berjudul Nevermind. Band ini dengan seketika mendapatkan kesuksesan yang tak terduga dan dikenal luas oleh masyarakat.

4. Pearl Jam

Band Grunge Terbaik Sepanjang Masa Dalam Era Tahun 90an

Pearl Jam

Pearl Jam adalah salah satu movement terbaik di era musik grunge 90an. Selain Nirvana, Pearl Jam adalah band yang cukup laku lagu-lagunya, dan bisa meraih penjualan album yang sukses tidak seperti band-band grunge lainnya. Hingga saat ini mereka telah berhasil menjual rekaman hingga 60 juta copy di seluruh dunia. Hingga saat ini, Pearl Jam adalah salah satu band yang paling berpengaruh di era-nya dan Eddie Vedder adalah salah satu frontman terbaik sepanjang masa.

5. Stone Temple Pilots

Band Grunge Terbaik Sepanjang Masa Dalam Era Tahun 90an

Stone Temple Pilots

Stone temple pilots adalah band grunge yang populer di awal tahun 90an terutama ketika mengeluarkan album Purple yang membesarkan namanya. Lagi-lagi kisah tragis menimpa band yang beraliran grunge ini. Band ini punya dua mantan vokalisnya yang sudah meninggal, yang pertama adalah Scott Weiland, dia dipecat tahun 2013, kemudian 2 tahun kemudian meninggal dalam kecelakaan.

Dari tahun 2013, STP punya vokalis baru, yaitu Chester Bennington dari Linkin Park. Pada tahun 2016, Chester keluar dari STP dan meninggal karena bunuh diri di tahun 2017. Untungnya Stone Temple Pilot masih tetap membuat musik hingga sekarang dengan vokalis barunya Jeff Gut.

6. Temple of the Dog

Band Grunge Terbaik Sepanjang Masa Dalam Era Tahun 90an

Temple of the Dog

Band ini adalah sebuah gerakan tribute atau penghormatan untuk sahabat dari Chris Cornell yang meninggal tahun 1990, yaitu Andrew Wood yang juga merupakan penyanyi dari band Malfunkshun & Mother Love Bone. Itulah kenapa anggota band ini kebanyakan berasal dari bekas anggota band Mother Love Bone. Album studio dari band ini hanya satu dengan judul yang sama “Temple of the dog“, salah satu lagu yang paling dikenal adalah Hunger Strike, pernah dijadikan single di tahun 1991.

7. Bush

Band Grunge Terbaik Sepanjang Masa Dalam Era Tahun 90an

Bush

Kali ini adalah band grunge yang bukan dari Amerika, Bush adalah band asal Inggris. Karena kemunculannya ketika di tengah-tengah musik grunge yang sedang booming, band ini langsung mendapatkan kesuksesannya pada debut album di tahun 1994. Bush juga mendapatkan penghargaan 6 kali multi-platinum oleh RIAA.

Karena kemunculannya yang seketika dan langsung sukses, band ini disebut sebagai salah satu band grunge yang paling sukses dalam hal komersial dalam dekade 90an karena sudah menjual 10 juta rekaman di Amerika sendiri.

8. The Smashing Pumpkins

Band Grunge Terbaik Sepanjang Masa Dalam Era Tahun 90an

The Smashing Pumpkins

Meskipun saat ini The Smashing Pumpkins beraliran alternative rock, namun di awal kemunculannya band ini adalah band grunge yang juga dipengaruhi oleh grunge movement seperti Nirvana dan Pearl Jam. The Smashing Pumpkins juga band yang mendapatkan sukses di dekade 90an karena terpengaruh musik grunge meskipun pada akhirnya mereka bubar di tahun 2000.

9. Silverchair

Band Grunge Terbaik Sepanjang Masa Dalam Era Tahun 90an

Silverchair

Hampir mirip dengan The Smashing Pumpkins, Silverchair juga band yang terlahir dalam dekade musik grunge dan terpengaruh oleh aliran ini. Di awal-awal kemunculannya mereka memainkan musik grunge, namun seiring perjalanan karirnya, musik mereka mengalami perubahan dari grunge sampai ke musik rock.

10. Screaming Trees

Band Grunge Terbaik Sepanjang Masa Dalam Era Tahun 90an

Screaming Trees

Salah satu band yang underrated dalam dekade musik grunge, Screaming Trees. Band ini dikenal sebagai “Godfather“nya musik grunge. Bersamaan dengan band Melvins, Mudhoney, U-Men, Soundgarden, Screaming Trees adalah band yang berasal dari generasi awal musik grunge. Band ini bubar di tahun 2000.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #band #grunge #kurt cobain #musik #nirvana
Share

Pilihan editor