Share this
Share

Inilah Alasan Logis Kenapa Baju Baru Beli Wajib Dicuci Dulu

21 March 2018

Inilah Alasan Logis Kenapa Baju Baru Beli Wajib Dicuci Dulu

Baju baru itu wajib dicuci sebelum masuk lemari

Terkadang orang cenderung berasumsi bahwa pakaian yang baru dibeli artinya sama saja dengan pakaian bersih. Baju yang baru dibeli dari mall langsung dibawa ke rumah dan langsung dipakai karena “masih baru”. Tentunya dengan tidak ada bau yang tercium seperti bau keringat jadi orang tidak sungkan untuk langsung memakainya. Baju baru itu kalau sudah sampai di rumah, antara langsung dipakai atau disimpan di lemari. Sebenarnya ada alasan wajib yang perlu diperhatikan kenapa kalau sehabis beli baju baru lebih baik dicuci terlebih dahulu.

Inilah Alasan Logis Kenapa Baju Baru Beli Wajib Dicuci Dulu

Satu alasannya adalah kutu baju. Menurut profesor ahli dermatologi di Columbia University Medical Center, pakaian yang dipampang di rak-rak toko baju dapat menyimpan infestasi kutu, kudis, atau bahkan jamur. Itulah sebabnya kenapa baju yang setelah dibeli wajib dicuci. Mungkin baju baru itu tidak mengeluarkan bau, tapi baju yang tidak bau bukan berarti bebas kutu. Terkadang kebersihan memang tidak selamanya terlihat dari tampilannya sih.

Kita mungkin akrab dengan kutu rambut yang suka menggigit kulit kepala dan menimbulkan penyakit rambut. Nah, kutu rambut ini bisa juga ditularkan melalui pakaian dan kain. Pernah gak kita berfikir kalau baju yang kita pakai sekarang sebenarnya sudah pernah dipakai duluan sama orang sebelum kita. Atau baju yang sebelum kita beli itu disimpannya di gudang-gudang, tertumpuk dengan pakaian lain dan tidak pernah dicuci. Membayangkannya saja kita sudah jijik, kan!

Inilah Alasan Logis Kenapa Baju Baru Beli Wajib Dicuci Dulu

Selain itu, alasan lain adalah penyakit kudis yang juga berbahaya. Gejala kudis yang berbintik-bintik ini memang sulit dikenali di awal, namun reaksi alergi bisa menyebabkan kulit infeksi. Penyakit ini bisa menyebar di kulit dan menyebabkan kulit memar kemerah-merahan.

Baik kudis dan kutu dapat diobati dengan larutan topikal, tetapi lebih baik membunuhnya dari awal dengan mencuci pakaian baru di air panas. Rendaman baju yang baik juga bisa menghilangkan formaldehid.

Apa itu formaldehid? Semacam bahan kimia yang umum digunakan untuk kain supaya terlihat lebih lembab dan tidak kasar. Formaldehyde biasa digunakan apabila baju baru keluar dari pabrik, bahan kimia ini juga dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit. Untuk semua alasan ini, yang terbaik adalah memasukannya ke mesin cuci atau direndam sebelum baju-baju baru itu masuk ke lemari pakaian kamu.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #baju #jorok #kutu #penyakit
Share

Pilihan editor