Aura-aura Mistis Dibalik Cantiknya Kepulauan Seribu

Spread the love

Urusan menghabiskan liburan akhir pekan, Jakarta bisa jadi solusinya. Ibu kota Indonesia ini nggak hanya menawarkan kemewahan dari sisi transportasi maupun infrastrukturnya, tetapi juga dari sisi wisatanya. Jakarta punya harta karun yang selalu jadi incaran wisatawan. Namanya Kepulauan Seribu.

Sesuai namanya, Kepulauan ini terdiri atas gugusan pulau-pulau kecil. Jumlahnya kurang lebih ada 128 pulau. Menariknya, beberapa  diantaranya memiliki potensi wisata yang bagus. Pesona keindahan alamnya menggoda siapa saja untuk datang kesana. Sebut saja Pulau Tidung. Kamu nggak bakalan susah nyari spot cantik untuk berfoto. Misalnya, kamu bisa berfoto di Jembatan Cinta dengan latar belakang air lautnya yang sangat jernih. Belum lagi penampakan sunset yang selalu jadi main course saat berkunjung kesana. Pokoknya kebanyakan orang nyesel datang kesini karena nggak punya waktu banyak untuk menikmati panorama cantiknya.

via Instagram/pulauayerresort

Selain menikmati kejernihan air lautnya, kamu juga bisa melakukan beragam aktivitas di Pulau Seribu ini. Kamu bisa menikmati keindahan bawah laut, berburu hewan laut (grouper, red snapper, tenggiri, dll), berpartisipasi dalampelestarian penyu sisik, main dengan ikan hiu, bersantai di cottage, naik perahu, dan masih banyak lagi. Jadi, sayang banget kalau kesini cuman mampir doang alias nggak nginep.

Kalau kamu ingin bermalam di Pulau Seribu, coba aja nginep di Pulau Semak Daun. Pulau yang satu ini tergolong pulau tidak berpenghuni. Suasananya jelas minim keramaian, jadi cocok buat kamu yang lagi nyari quality time bareng keluarga maupun teman. Menginap disini bukan berarti kamu harus reservasi di hotel. Pulau Semak Daun merupakan kawasan camping ground satu-satunya di pulau seribu, jadi kamu cukup membawa tenda dan peralatan pendukung lainnya. Meski tidak bisa tidur di atas kasur yang hangat, setidaknya kamu punya momen berkesan bareng temen-temen di pulau ini.

Selain Pulau Tidung dan Pulau Semak Daun, masih banyak pulau-pulau lainnya yang menjadi magnet bagi wisatawan. Diantaranya adalah Pulau Putri, Pulau macan, Pulau Edam, Pulau Bidadari, Pulau Onrust, Pulau Kelapa Dua, Pulau Pelangi, Pulau Bidadari, Pul;a Ayer, Pulau Perak, dan masih banyak lagi.

Sejarah

via wisataseribupulau.co.id

Ratusan tahun yang lalu, pulau ini dihuni oleh koloni binatang. Koloni tersebut mati di Teluk Jakarta kemudian tumbuh di dalam dasar laut dangkal. Pulau-pulau karang pun mulai terbentuk diatasnya. Di atas daratan karang lapuk itu kemudian tumbuhlah aneka jenis tumbuhan, hingga akhirnya menjadi daratan yang dipenuhi pasir.

Pulau Seribu ini pertama kali disinggahi oleh bangsa Portugis sebelum Indonesia dijajah oleh Belanda. Kedatangan bangsa Portugis ini tepat pada saat Sunda Pajajaran berkuasa di Jakarta dan sekitarnya pada tahun 1513. Meski demikian, tidak banyak peninggalan bangsa Portugis di Pulau Seribu ini, malah lebih banyak peninggalan zaman Belanda yang terlihat disini. Peta beberapa daerah di Indonesia juga pernah dirancang oleh Belanda, salah satunya ada Pulau Seribu.

Selain peninggalan zaman Belanda, disini juga kamu bisa melihat beberapa peninggalan kerajaan zaman dahulu, salah satunya makam-makam tokoh terkenal. Mulai dari raja Pandita dari Kerajaan Kalimantan hingga sultan Mahmud Zakaria dari Kesultanan Banten.

Mitos di Pulau Seribu

Dibalik keindahan Kepulauan Seribu, ada beberapa mitos yang tersebar di kalangan masyarakat sana. Mitos-mitos tersebut kerap menghantui wisatawan karena sesekali bisa membuat tidak nyaman saat berkunjung kesana. Alih-alih menikmati liburan, orang menjadi parno karena takut melakukan pantangan yang menjadi mitos di pulau tersebut. Meski begitu, kamu nggak perlu kuatir. Mitos hanyalah cerita zaman dulu yang sudah sepatutnya kita jaga dan hormati agar budaya kita semakin terjaga eksistensinya.

Setiap pulau di Kepulauan Seribu memiliki ceritanya masing-masing. Namun, hanya ada beberapa pulau dengan cerita mitosny ayang terkenal. Apa saja? Simak rangkumannya di bawah ini.

1. Pulau Pari

via pulau-seribu.com

Pulau dengan julukan Balinya Jakarta ini punya nama yang berasal dari sejarahnya. Konon, ada seorang gadis kecil yang hilang dari Pulau Pari yang lokasinya ada di Pantai Pasir Putih. Namun, ia tidak ditemukan meskipun sudah dicari ke setiap penjuru pulau. Kabarnya, ia menghilang akibat dibawa oleh burung gagak hitam besar yang menyeramkan. Namun, penduduk sana beranggapan bahwa burung gagak tersebut merupakan makhluk halus yang sering disebut Wewe Gombel. Untuk itu, Pulau ini dinamakan Pulau pari untuk mengenang hilangnya anak gadis tersebut.

2. Pulau Cipir

Foto: Istimewa

Sebuah bangunan bertengger di Pulau Cipir yang dulunya merupakan lokasi karantina para jemaah haji yang terjangkit penyakit menular. Saat ini, bangunan rumah sakit tersebut menebarkan aura menyeramkan, apalagi ditambah warna gelap bangunannya dengan tumbuhan liar di sekitarnya. meski demikian, Pulau Cipir ini masih sering dikunjungi wisatawan karena penasaran dengan bangunan tua tersebut. Buat uji nyali juga bisa banget!

3. Pulau Edam

via TIRTO/Andrey Gromico

Pulau Edam juga punya cerita mitos yang nggak kalah seram dan menarik. Mitos tersebut datang dari makam Ratu Fatimah. Pada tahun 1750-an, ada seorang wali sultan bernama Ratu Fatimah Syarifah. Ratu Fatimah ini konon tidak disukai oleh masyarakat pribumi. Ratu ini konon bekerja untuk Gubernur VOC, Baron Van Imhoff.

Suatu hari, Ratu Fatimah ini meninggal dunia, namun sampai saat ini kuburannya tidak diketahui, meski disini ada dua kuburan. Di kuburan tersebut, selalu terlihat sesosok wanita, namun masih belum diketahui apakah ia sosok Ratu Fatimah atau bukan.

4. Pulau Tidung Kecil

via exploretidung.wordpress.com

Pulau Tidung terbagi ke dalam dua bagian, yaitu tidung kecil dan tidung besar. Selain mitos jembatan cinta, masih ada mitos lainnya di pulau ini yang bisa membuat jantung berdegup kencang. Katanya, pernah ada wisatawan yang mengunjungi tidung kecil dan merasakan hal-hal mistis. Salah satunya adalah melihat beberapa penampakan yang menyeramkan. kamu pernah lihat juga?

5. Pulau Bidadari

via RedDoorz Blog

Pulau Bidadari dikelilingi oleh tanaman langka dan pohon yang berusia tua. Pohonnya sangat rimbun dan tinggi. Dua dari banyaknya pohon tersebut  dipercayai masyarakat bisa mendatangkan keberuntungan jika melakukan sesuatu bersama pohon tersebut.

Yang pertama dinamakan pohon rezeki. Katanya, kamu bakalan ketumpahan rezeki jika berfoto sambil menyentuh foto tersebut. Nggak cuman harta, kamu juga bisa mendapatkan jabatan yang lebih baik, tubuh yang sehat, dan lain-lainnya.

Yang kedua adalah pohon jodoh. Sama seperti pohon pertama, katanya kamu bisa mendapatkan jodoh dengan menyentuh sambil berfoto dengan pohon ini. Selain itu, orang yang sudah punya pasangan juga bisa langgeng jika menyentuh pohon ini. Untuk itu, nggak sedikit wisatawan yang penasaran dengan mitos dua pohon ini. kamu mau coba?

6. Pulau Onrust

Pulau Onrust memiliki arti “pulau yang tidak pernah beristirahat”. Namun, sebagian orang berpendapat bahwa nama pulau ini terinspirasi dari nama jendral Belanda, Bais Onrust Cornelist Van der Walck.

Hal-hal mistis yang terjadi di pulau ini adalah makam-makam yang tidak adidentitasnya dan kompleks pemakaman Belanda di pohon Tua. Selain itu, penampakan noni Belanda berbaju pengantin juga sering terlihat menampakan diri. Sosok noni Belanda yang bernama Maria Van de Velde itu meninggal akibat penyakit pes.

Sebuah objek wisata tentu saja tidak terasa lengkap jika tidak ada mitos dibaliknya. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan keseruan sekaligus pengetahuan saat berkunjung ke Pulau Seribu ini. Menurut kamu, mitos mana yang bikin penasaran?

 

Berikan komentarmu