Antimainstream: Ngadem Sambil Ngopi di 10 Wisata Sawah

Spread the love

Ada sensasi tersendiri yang bisa dirasakan saat berkunjung ke sawah. Apalagi kalau bukan panorama hijaunya yang membentang luas serta angin yang kerap berhembus kencang. Sinar matahari yang menyengat pun tidak menjadi penghalang karena kamu bisa berteduh sejenak di saung sederhana yang biasanya ada di tengah-tengah sawah. Berkat keindahan dan kenyamanan itulah tidak sedikit persawahan yang kini disulap menjadi tujuan wisata, alih-alih hanya sekedar menyaksikan para petani bercocok tanam. Buat kamu yang belum pernah ngerasain sensasi jalan-jalan seru di persawahan, boleh catat dulu sepuluh wisata sawah hits di Indonesia berikut ini.

1. Wisata Sawah Gatra Kencana – Pemalang

Wisata sawah Gatra Kencana berlokasi di Desa Bojongnangka, Kecamatan Pemalang. Tempat ini selalu jadi incaran warga maupun wisatawan, khususnya pada saat akhir pekan. Yang menjadi daya tariknya adalah penampakan hamparan sawah yang dipercantik dengan jalan papan kayu warna-warni di tengahnya. Melalui jembatan papan kayu tersebut, pengunjung bisa lebih leluasa menikmati cantiknya persawahan, terlebih bisa sambil mengambil foto yang cantik.

Untuk harga tiket masuknya murah banget, yaitu Rp 2ribu saja per orangnya. Tempat ini selalu penuh saat weekend, khususnya i jam-jam pagi atau sore. Katanya sih bisa sampai 2000 orang kalau sebelum pandemi..

2. Wisata Tengah Sawah (WTS) Grobogan

Wisata Tengah Sawah Grobogan ini bisa kamu temukan di Jalan Semarang-Purwodadi, tepatnya di Kecamatan Gubug, Grobogan, Jawa Tengah. Selain bisa menikmati cantiknya pemandangan sawah, kamu juga bisa melakukan beragam aktivitas menarik. Mulai dari wahana ATV, mobil-mobilan, dan motor trail untuk anak-anak yang biayanya belum termasuk tiket masuk. Untuk HTMnya sendiri cuman Rp 2ribu saja per orangnya. Jam operasionalnya mulai dari pukul 08.30-17.30 WIB.

3. Desa Wisata Pujon Kidul – Malang

Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang juga punya objek wisata dengan area persawahan sebagai pemanisnya. Desa Wisata Pujon Kidul namanya. Tempat tersebut merupakan lahan pertanian yang menanam tomat, cabai, dan tumbuhan herbal. Selain itu, disini juga ada peternakan sapi penghasil susu perah. Jadi, kamu bisa membeli tanaman herbal atau susu sapi sebagai oleh-oleh selepas bersenang-senang disini.

Yang nggak kalah menariknya adalah kafe berkonsep kontemporer suguhan pemandangan alam dan suasana sawah. Suasana outdoor seperti ini tentu saja menjadi pemandangan langka, apalagi buat kamu yang tinggal di kota besar. Istilahnya kekiniannya sih cocok buat self-healing gituu…

Untuk spot fotonya sendiri ada taman bunga, jembatan, dan pemandangan dengan latar belakang pegunungan.

4.Wisata Sawah Svargabumi – Magelang

Svargabumi merupakan salah satu wisata alam baru yang lokasinya berdekatan dengan kawasan Candi Borobudur, Magelang. Objek wisata ini begitu menarik perhatian berkat 20 spot selfienya. Salah satunya adalah spot berlatar panorama hijau, yang tentu saja bisa menghasilkan foto cantik Instagenic. Selain itu, ada juga gazebo bernuansa putih untuk tempat bersantai dan menikmati hidangan lezat.  Harga tiket masuknya Rp 25 saja, dengan jam operasional mulai pukul 08.00-17.00 WIB di hari biasa, sedangkan pada Sabtu dan Minggu mulai pukul 06.30-18.00 WIB.

5. Agro Edukasi Wisata Organik Mulyaharja – Bogor

Bogor juga punya wisata sawah yang nggak kalah menarik. Apalagi kalau bukan Agro Edukasi Wisata Organik Mulyaharja. Katanya suasana disana nggak jauh beda seperti di Ubud, bali. Selain menikmat pemandangannya, kamu juga bisa menyaksikan para petani yang sedang merawat padi. selain itu, kamu juga bisa belajar langsung menanam padi organik. Kamu bakal diajarkan cara memilih benih dari jenis padi yang baik, membajak sawah, menanam padi, hingga memanennya.

Jika sudah puas belajar,kamu bisa langsung bersantai sambil foto-foto di spot terbaiknya. Hasilnya tentu akan sangat cantik kalau diambil matahari akan tenggelam. Jika sudah puas mengambil gambar,kamu bisa beristirahat sejenak di kafe yang menyajikan berbagai macam olahan, mulai dari olahan kopi, teh, hingga cokelat. Ada juga hidangan nasi liwet, ubi goreng dan pisang goreng.

Kalau mau datang kesini, meluncur aja mulai pukul 07.00-17.30 WIB. Tiket masuknya hanya Rp 10 ribu per orang.

6. Persawahan di JSPB Songgo Langit Bantul

Nggak cuman eksis berkat Kebun Buah Mangunan saja, Desa Wisata Mangunan Bantul juga punya objek wisata menarik lainnya dengan daya tarik persawahan yang cantik. Namanya Jelajah Sawah Pertanian Bawongan (JSPB) Songgo Langit. Tempat ini cocok banget buat ngadem sembari menyusuri persawahan melalui sepanjang jembatan bambu yang berbentuk melingkar. Sambil berjalan, bolehlah mengambil gambar canti atau membuat travel vlog biar ada kenangan seru saat berwisata di Bantul.

Kawasan ini nggak susah dicari! Lokasinya benar-benar ada di pinggir jalan raya, ya.

7. Wisata Sawah Segar – Bogor

Bogor masih punya persawahanyang juga dijadikan sebagai tujuan wisata. Berlokasi di Bojong Koneng Kecamatan Babakan Madang, Bogor, Wisata Sawah Segar ini menyuguhkan pemandangan serba hijau ditambah dengan angin sepoi-sepoi khas persawahan. Untuk itu, jangan kaget kalau mayoritas wisatawan yang datang kesini adalah yang berasal dari kota-kota besar, yang memang jarang sekali ditemukan pemandangan seperti ini.

Jalan-jalan disini jangan dikira membosankan, ya. Pihak pengelola sudang meyediakan fasilitas memadai, yaitu Wi-Fi, area parkir, toilet, musala, gazebo, dan taman bermain. Untuk hidangannya sendiri merupakan makanan khas Jawa Barat dengan harga bervariasi. Jam operasional tempat ini pada haribiasa dimulai pukul 10.00–18.00 WIB, sedangkan pada akhir pekan pukul 08.00–19.00 WIB.

8. Tegalalang Ubud – Ubud, Bali

Ubud Bali terkenal dengan wisata sawahnya yang dinamakan Tegalalang. Tempat ini menjadi ciri khas tersendiri bagi Kabupaten Gianyar, Bali, yaitu suasana sejuk dan panorama hijau yang membentang luas. sSawah ini punya daya tarik berupa lokasinya yang ada pada lereng curam, namun tentu nggak membahayakan pengunjung. sambil menikmati pemandangan tersebut, kamu bisa memesan makanan di restoran, kafe, dan warung makan yang ada disana. Jam operasionalnya mulai dari pukul 08.00 hingga 18.00 WIB, ya!

9. Wisata Sawah Pematang Johar – Deli Serdang

Kalau lagi ada di Jalan Johar Raya, Kecamatan Labuhan Deli, Deli Serdang, Sumatera Utara, sempatkan bersantai di Wisata Sawah Pematang Johar. Seperti wisata sawah pada umumnya, tempat ini juga menyuguhkan suasana alam khas pedesaan yang tenang, dan pemandangan hijau yang menyejukan mata. Untuk spot fotonya sendiri, kamu bisa berfoto do jalan setapak yang dihiasi sejumlah gapura dengan berbagai bentuk dan juga warna. Kalu sudah puas, kamu bisa menyantap kuliner di area makan yang letaknya berada di tengah sawah. HTMnya hanya Rp 5 ribu per orangnya. dengan jam operasional mulai pukul 08.00 sampai 19:00 WIB.

10. Wisata sawah Kampung Sabin – Cirebon

Wisata Sawah Kampung Sabin adalah wisata menarik lainnya yang ada di Cirebon. Tempat ini memiliki suasana khas Bali. Kamu bisa menemukan gapura, musik gamelan, dan bendera-bendera bermotif khas Pulau Dewata. Kalau penasaran, langsung aja datang ke Desa Sindangjawa, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon.

Masyarakat Cirebon sendiri biasanya sengaja datang kesini hanya untuk mengambil foto di spot-spot menarik yang seolah sedang berada di Bali. Sambil bersenang-senang, kamu juga bisa sambil menyaksikan aktivitas para petani.

Tiket masuknya Rp 20 ribu untuk hari biasa, dan Rp 30 ribu untuk hari libur.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu