Share this
Share

3 Alasan Kenapa Anak Muda Jaman Sekarang Ngerokok

25 March 2017

Alasan Kenapa Anak Muda Jaman Sekarang Ngerokok

Sadar atau tidak sadar, konsumsi rokok untuk orang indonesia lumayan tinggi. Menurut statistik pun, sekiranya 6 dari 10 orang indonesia itu perokok. Istilahnya kalau ada 1 kelompok orang, ada 1 atau 2 orang yang merokok.

Ini membuktikan kalau merokok di kalangan orang Indonesia sudah menjadi gaya hidup. Tapi kalau kita lihat disini ternyata gaya hidup tidaklah cukup untuk menjadi patokan kenapa orang bisa merokok. Bahkan untuk sebagian orang, mereka rela untuk tidak makan, tapi jangan sampai tidak merokok. Seolah rokok ini sudah menjadi kebutuhan primer menggantikan makanan. Karena demand yang tinggi ini, generasi orang yang merokok tidak akan pernah habis. Ditambah lagi dengan harga rokok di Indonesia yang sangat fantastis (maksudnya murah).

Mendapatkan rokok di Indonesia tidak perlu ngecek KTP, sangat gampang, seolah-olah rokok sudah ada pohonnya, tinggal dipetik doang. Dan kalau kita melek sedikit, rokok ternyata seperti virus menyebar, bisa menular orang yang tadinya tidak merokok jadi ikut-ikutan. Inilah beberapa alasan kenapa anak muda jaman sekarang suka ngerokok.

1. Ngerokok yang cuma ikut-ikutan

Alasan Kenapa Anak Muda Jaman Sekarang Ngerokok

Dengan meningkatnya gaya hidup, sosialita pun meningkat, gengsi juga meningkat. Kalau gak ngerokok, kayaknya gak keren, jadinya cuma ikut-ikutan. Sadar atau tidak, inilah kaum mayoritas orang yang suka merokok. Awalnya bukan perokok, tapi karena terbawa pengaruh lingkungan, jadinya coba-coba rokok.

Pada dasarnya manusia memang makhluk yang sukanya ikut-ikutan, kita cenderung melakukan sesuatu karena orang lain juga ngelakuin hal yang sama, human nature. Dan korbannya yang paling banyak biasanya anak muda, yang masih suka nongkrong bareng-bareng, follower sejati di muka bumi ini.

2. Gak enak nongrong tanpa ngerokok

Alasan Kenapa Anak Muda Jaman Sekarang Ngerokok

Kalau pernah tau sejarah cincin berlian, mungkin analoginya sama seperti itu. Di jaman dulu sebelum ada cincin berlian, orang bebas mau menikah kapan saja. Tapi setelah adanya cincin berlian, dengan propaganda yang massif, masyarakat jadi dibuat berpikir kalau melamar tanpa cincin berlian itu tidak afdol, dan kebiasaan itu masih ada sampai sekarang.

Trik yang sama ternyata dipakai untuk rokok. Orang jaman sekarang, terutama anak muda biasanya ngerokok kalau lagi nongkrong doang. Makanya gak heran kalau mereka beralasan rokok hanya buat kalau ketemu teman, tapi kalau di rumah tidak merokok. Ini juga termasuk korban yang ikut-ikutan, gak keren kalau nongkrong gak ada rokok.

Sebenarnya apa yang salah kalau nongkrong tanpa rokok? tidak ada, hanya saja orangnya sudah terlanjur berpikir kalau rokok harus jadi teman nongkrong.

3. Ngerokok karena kebutuhan

Alasan Kenapa Anak Muda Jaman Sekarang Ngerokok

Terlepas dari sifat rokok yang adiktif, membuat orang ketagihan, sebenarnya alasan lainnya adalah kebutuhan. Stress, depresi biasanya adalah alasan utama mengapa orang ingin menghisap rokok. Nikotin dalam rokok ternyata berguna untuk meredam kemarahan, frustasi dan kegelisahan.

Apakah alasan ini sudah terbukti secara ilmiah mungkin belum tentu. Tapi orang merokok lebih cenderung lebih tenang dalam sebuah pekerjaan.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #alasan #anak muda #jaman sekarang #jamannow #rokok
Share

Pilihan editor