Share this
Share

Share

shares

Aktivitas Produktif yang Bikin Hidup Kamu Lebih Berkualitas

31 July 2020  Ajeng

Di saat pandemi seperti ini, banyak orang yang masih menghabiskan waktunya di dalam rumah. Baik itu mengerjakan tugas sekolah, tugas kantor, dan yang lebih ekstremnya adalah nonton drama korea. Jika dilakukan secara berulang-berulang, tentu saja akan sangat membosankan apalagi jika aktivitas kamu tidak produktif. Padahal, melakukan aktivitas produktif tentu saja sangat penting meskipun hanya di rumah saja.

Rumah tentu saja tidak membatasi ruang gerak kamu untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat. Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan, sehingga hidup menjadi lebih berkualitas. Lalu, aktivitas apa saja yang bisa dilakukan? Simak rangkumannya di bawah ini.

1. Melatih Kemampuan Public Speaking

Via pexels.com

Kemampuan public speaking sebaiknya dimiliki oleh setiap orang. Pasalnya, bersosialisasi dengan orang banyak akan lebih sering kita hadapi, baik itu dalam urusan pekerjaan maupun kepentingan lainnya. Bahkan seorang penulis yang cenderung lebih banyak menulis pun harus memiliki kemampuan yang satu ini agar lebih mudah berdiskusi saat bedah buku atau semacamnya.

Oleh karena itu, kamu harus bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin saat di rumah. Kamu bisa belajar public speaking melalui YouTube dan media-media lainnya. Bahkan kamu juga bisa meminta bantuan kakak atau orang tua yang sudah jago dalam hal ini.

2. Membaca Buku

Via pexels.com

Membaca bisa membuka jendela dunia. Dengan membaca, kita bisa tau banyak hal. Jadi, sangat disayangkan jika kamu melewatkan satu informasi saja dalam sehari. Oleh karena itu, isi waktu luangmu dengan membaca buku, minimal satu buku per hari. Genre buku bisa disesuaikan dengan selera, asalkan kamu bisa memetik hikmah dan pelajaran dari apa yang sudah kamu baca. Kalau nggak punya buku, baca saja melalui e-book. Saat ini, tersedia ribuan e-book gratis di internet, jadi nggak ada alasan untuk nggak membaca, ya!

3. Membaca Berita Setiap Hari

Via pexels.com

Membaca berita juga menjadi aktivitas produktif lainnya yang bisa kamu lakukan. Setiap harinya, ada saja berita yang mewarnai media tanah air maupun internasional seperti isu-isu politik, ekonomi, dan masih banyak lagi. Dengan meluangkan waktu untuk membaca berita setiap hari, kamu bakalan jadi orang yang paling up-to-date dengan isu-isu terkini. Membaca berita tidak harus pada koran saja, tetapi juga bisa di media online yang terbilang cukup praktis.

4. Belajar Mengelola Keuangan

via pexels.com

Managemen keuangan yang buruk bisa membuat siapa saja ‘koleps’. Belum tanggal tua saja, kamu sudah meminjam uang kepada teman untuk bisa makan enak di cafe atau sekedar beli makanan kucing yang sudha hampir habis. Ini sih keterlaluan, ya! So, belajar mengatur keuangan sangatlah penting. Kamu bisa memulainya dengan membuat pos-pos pengeluaran setiap bulannya seperti bayar kostan, listrik, tabungan, kebutuhan sehari-hari, dan masih banyak lagi. Jika sudah terlatih mengelola keuangan, calon pendamping hidup kamu nggak bakalan khawatir lagi. Serius.

5. Meningkatkan Kemampuan Pekerjaan Rumah Tangga

via pexels.com

Meningkatkan skill rumah tangga juga bisa membuat kamu lebih produktif. Coba pikir-pikir lagi, kira-kira hal apa yang belum bisa kamu lakukan. Misalnya, memasak, memasang selang kompor gas, menyetrika baju, memperbaiki mesin sumur, dan masih banyak lagi. Dengan melatih skill rumah tangga, kamu nggak akan khawatir lagi jika terjadi sesuatu. Misalnya, kamu nggak perlu lagi manggil tukang ojek deket komplek untuk sekedar masang selang kompor gas.

Itulah lima aktivitas produktif yang bisa kamu lakukan di rumah. Jadi, kamu sudah melakukan hal apa saja selama di rumah ini? Apakah hidup kamu sudah cukup produktif?

Berikan komentarmu

Related articles

 #aktivitas produktif #cara menjadi produktif #produktif di rumah #quarter life crisis #tips tidak nganggur #zona nyaman
Share di whatsapp

Pilihan editor