Ada Sensasi Wisata Lumba-lumba di 10 Perairan di Indonesia Ini

Spread the love

Atraksi lumba-lumba menjadi hiburan tersendiri bagi kamu yang sedang liburan keluarga. Apalagi kalau bukan aksinya yang “pintar dan menggemaskan” yang menjadi daya tariknya. Pertunjukan seperti itu biasanya bisa kamu temukan di tempat-tempat wahana seperti Dufan, Taman Safari, dan sebagainya. Namun, sirkus atraksi lumba-lumba kini sangat jarang dijumpai, mengingat hal tersebut dianggap tidak ramah bagi hewan itu sendiri. Bagi kamu yang belum pernah melihat penampakan cantik lumba-lumba, sebenarnya kamu masih bisa menyaksikannya di alam liar. Kalau kamu pergi ke sepuluh perairan ini, sensasi wisata lumba-lumba bisa didapatkan!

1. Wisata Lumba-lumba Teluk Kiluan – Lampung

Teluk Kiluan, Lampung adalah perairan yang berlokasi di Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tenggamus. Dari pusat Bandar Lampung waktu tempuhnya kurang lebih 3-4 jam. Tempat ini cocok buat kamu yang suka petualangan alam, karena kamu bisa berlayar sambil sesekali memergoki atraksi lumba-lumba.

Di perairan ini, kamu bisa menemukan jenis lumba-lumba hidung botol atau lumba-lumba paruh panjang. Lumba-lumba tersebut bakal beratraksi seolah-olah mereka sedang berlomba mengejar perahu kamu sambil berlompatan. Untuk itu, jangan lupa untuk charge hp kamu sampai full biar lebih puas mengabadikan momen disana.

2. Pulau Siladen – Sulawesi Utara

Pulau Siladen bisa jadi alternatif wisata lainnya untuk berjumpa dengan lumba-lumba. Pulau ini yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken ini terkenal pesona lautnya yang cantik. Untuk bisa melihat hewan mamalia tersebut, kamu perlu berlayar menggunakan perahu. Sambil menunggu, kamu juga bisa sambil menikmati keindahan laut dengan mengabadikannya melalui ponsel. Pasalnya, lumba-lumba disini memang terbilang jarang muncul ke permukaan. Jadi, kamu mesti sabar dan semoga saja jadi keberuntungan kamu pas berkunjung kesini.

3. Kepulauan Derawan – Kalimantan Timur

Kepulauan Derawan berlokasi di Berau, Kalimantan Timur. Kawasan ini selalu ramai oleh pengunjung berkat daya tarik pemandangannya serta penampakan lumba-lumba di beberapa spot tertentu. Biota unik yang ada di laut lepas itu sesekali terlihat melompat-lompat seolah sedang berlomba. Namun, perlu kesabaran ekstra karena mereka bisa saja tidak muncul ke permukaan. Kamu punya peluang lebih besar melihat kemunculan mereka jika melakukan perjalanan ke Pulau Marataua.

4. Wisata lumba-lumba Pulau Peucang – Banten

Nggak usah jauh-jauh, Pulau Jawa juga punya spot menarik untuk melihat lumba-lumba. Tak lain adalah Pulau Peucang yang berlokasi di laut lepas Banten. Suasananya sangat memesona berkat dukungan pemandangan alamnya yang eksotis. Ditambah lagi dengan kehadiran lumba-lumba yang sesekali terlihat berenang di kawasan perairan Pulau Peucang ini. Kalau beruntung, kamu bisa sekaligus bermain denga hewan tersebut, lho! Tentu saja dengan pengawasan pengelola atau penjaga pulau, ya! Btw,  Pulau ini seringkali disama-samakan dengan salah satu pantai di Florida, Amerika Serikat. Jadi, jangan heran juga kalau tempat ini selalu ramai pengunjung, ya!

5. Pulau Tunda – Banten

Masih di Banten, Pulau Tunda juga bisa jadi pilihan menarik lainnya untuk wisata lumba-lumba. Pulau ini merupakan habitat asli lumba-lumba, sehingga wisatawan bisa lebih puas menyaksikan atraksi hewan tersebut di laut lepas ini. Untuk bisa berjumpa dengan hewan mamalia tersebut, kamu harus berlayar terlebih dahulu melewati Karang Hantu. Tipsnya adalah kamu haruys datang lebih pagi karena lumba-lumba lebih sering menampakan diri ke permukaan saat cuaca masih belum terlalu panas.

6. Wisata lumba-lumba Pantai Lovina – Bali

Menyaksikan lumba-lumba di laut lepas juga bisa kamu nikmati di Pantai Lovina, Bali. Hewan mamalia laut tersebut bisa hidup dengan bebas. Tentu saja pemerintah menerapkan aturan utuk tetap menjaga biota laut, sehingga keberadaannya tetap terjaga. Jadi, siapapun sangat tidak diperbolehkan untuk menangkap atau menjual lumba-lumba.
Untuk bisa menikmati atraksi lumba-lumba, kamu perlu menyewa perahu khusus yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Nantinya, kamu bakal dibawa berlayar ke spot dimana lumba-lumba banyak muncuk ke permukaan. Untuk perahunya sendiri biasanya bisa menampung 4-5 orang, jadi cocok banget buat sekeluarga.
Baca juga artikel menarik lainnya:

7. Perairan Misool – Raja Ampat

Kalau kamu berencana jalan-jalan ke Raja Ampat, jangan lupa berkunjung ke Perairan Misool. Kawasan ini sudah terkenal dengan keindahan lautnya yang masih jernih ditambah lagi dengan pulau yang masih perawan. Nggak heran kalau tempat ini juga jadi incaran wisatawan.

Di laut lepas ini, kamu bisa melakukan aktivitas diving ataupun snorkeling. Sambil menikmati keindahan bawah laut Perairan Misool, kamu juga bisa bertemu dengan lumba-lumba. Tenang aja, lumba-lumba di perairan ini konon tergolong jinan dan nggak takut dengan keberadaan manusia. Jadi, kamu bisa bermain sambil berenang, dan pastikan nggak agresif juga, ya..

8. Perairan Taman Nasional Pulau Komodo, NTT.

Selain bisa berjumpa dengan komodo, kamu juga bisa menyaksikan atraksi lumba-lumba di Perairan Kawasan Taman Nasional Pulau Komodo NTT. Pertemuan dengan hewan mamalia ini kononbisa terjadi pada pagi hari karena mereka akan muncul kalau matahari tidak terlalu terik. Sama seperti di perairan lainnya, kamu mesti berlayar menggunakan perahu untuk melihat penampakannya. Mereka lebih sering muncul di perairan yang menuju Pulau Padar dan Pulau Kalong.

9. Pulau Morotai – Maluku Utara

Maluku Utara juga punya atraksi lumba-lumba di laut lepas, tepatnya di Pulau Morotai. Pulau yang berlokasi di gugusan kepulauan Halmahera Timur, Maluku Utara ini memiliki pemandangan laut yang begitu memesona. Saking cantiknya, keindahan alam di pulau ini tidak kalah cantik dengan pulau di negara lain.

Pulau Morotai juga memiliki daya tarik berupa habitat lumba-lumba. Hewan-hewan tersebut terkenal ramah terhadap manusia, sehingga wisatawan tidak segan untuk menyentuh atau bahkan bermain dengan mereka. Namun, lumba-lumba tersebut hanya akan muncul ke permukaan di waktu-waktu tertentu saja.

10. Wisata lumba-lumba Laut Sawu – NTT

Selain Kawasan Taman Nasional Pulau Komodo, NTT juga punya spot cantik lainnya untuk menikmati atraksi lumba-lumba. Laut Sawu tempatnya. Laut ini memang jarang sekali dijamah wisatawan, namun disinilah kamu bisa menyaksikan penampakan lumba-lumba. Sama seperti lumba-lumba di perairan lainnya, kemunculan mereka hanya akan terlihat di jam-jam tertentu seperti di pagi hari atau pada saat matahari tidak terlalu menyengat. Selain lumba-lumba, Laut Sewu juga menjadi habitat paus biru.

Berikan komentarmu