9 Mitos Kejatuhan Cicak, Nasib Sial dan Mujur Manusia Jadi Satu

Spread the love

Hal yang paling menyebalkan selain ngangkat galon adalah kejatuhan cicak. Sepele, tapi bisa membuat kita menggerutu, bahkan beranggapan yang lain-lain. Bisa dapet sial misalnya. Kalau memang percaya dengan hal tersebut, kita bakal langsung mencuci area yang kejatuhan cicak itu, dan sumpah serapah amit-amit jabang bayi. Mitos seperti ini rupanya masih dipercayai sebagian orang. Bahkan, beberapa kepercayaan menyatakan kalau kejatuhan cicak ini punya arti yang berbeda-beda, tergantung si cicak ini jatuh di bagian tubuh kita yang mana. Jadi, nggak ada salahnya bagi kita untuk sekedar tau apa saja mitos kejatuhan cicak. Yuk, langsung aja gas ke poin nomor satu.

1. Mitos Kejatuhan Cicak: Mengalami Nasib Buruk

Tradisi agama Hindu percaya kalau seseorang kejatuhan cicak tepat pada kaki, dia akan terkena kesialan atau nasib buruk di hari itu juga. Bisa berupa keuangan yang menurun drastis, kesehatan yang mendadak drop, atau rencana hari itu yang tiba-tiba gagal. Nah, kalau ternyata si cicak itu akhirnya malah manjat ke arah tubuh yang lain, kita diayakini bakalan terkena kesialan lagi. Katanya, bakalan ada orang yang membuat hidup kita selalu sial dan sulit mendapatkan kebahagiaan. Wah.. double kill ini namanya..

2. Mendapatkan Kebaikan Baik

Kejatuhan cicak juga rupanya nggak selalu berupa mitos yang buruk. Mitosnya adalah cicak yang  jatuh di bagian tangan seseorang bakal membawa keberuntungan atau hal-hal baik. Orang tersebut katanya akan mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, keuangannya yang lebih mulus, dan juga lebih dihormati oleh orang-orang di sekitarnya. Bahkan di Eropa juga berkembang mitos kalau cicak yang merayap di tangan seseorang, orang tersebut akan jadi penolong bagi banyak orang. Untuk itu, orang-orang sana yang percaya mitos itu bakal seneng kalau ada cicak merayap cantik di tangannya.

3. Kehilangan Orang Tersayang

Mitos lainnya menyebutkan kalau seseorang kejatuhan cicak di bagian tubuh manapun, orang-orang yang disayanginya bakal terkena kesialan. Entah itu akan terjadi pada ibu, ayah, anak, pasangan, dan lainnya. Mereka bisa saja tiba-tiba kecelakaan, sakit mendadak, dimusuhi orang, dan hal-hal menyebalkan lainnya. Selain itu, orang yang kejatuhan cicak juga disebut-sebut akan bertengkar hebat dengan pasangannya. Ini bisa saja berujung pada perpisahan yang jelas bakal menyakitkan. Untuk itu, selalu disarankan untuk segera mengganti pakaian atau membilas bagian tubuh yang terkena cicak tersebut agar tidak tertimpa kesialan ini.

4. Mitos Kejatuhan Cicak: Bakal Sakit

Ada mitos yang mengatakan kalau kita bakalan auto sakit kalau kejatuhan kotoran cicak. Katanya, bukan karena kandungan dari kotorannya itu sendiri, tapi ada kolaborasi dari dukun yang menjadikan tai cicak itu media untuk mengirimkan penyakit. Duh, nggak modal banget, yak..Untuk itu, orang yang percaya mitos ini bakal panik setengah mati. Kalau ada tahik cicak yang mendarat di rambutnya, dia bakal langsung keramas, nggak pake mikir kayaknya. Katanya lagi, kalau orang tersebut nggak segera membersihkan diri, dia bakalan terus mengalami sakit dalam jangka waktu yang lama.

5. Kehancuran

Kepercayaan dalam agama Hindu menyatakan kalau cicak jatuh pada punggung bisa membuat hidup seseorang mengalami kehancuran. Terdengar ekstrem, tapi begitulah adanya mitos tersebut. Katanya orang tersebut bakal dibuat nggak berdaya akibat menanggung beban yang begitu berat dalam hidupnya. Entah itu menanggung utang saudara, tersandung masalah yang melibatkan hukum, dan masih banyak lagi. Kesialan ini biasanya ada hubungannya dengan keluarga atau orang-orang terdekat.

6. Mitos Kejatuhan Cicak: Mengalami Kesialan

Kalau ada cicak jatuh di pundak, bukan berarti dia sedang patah hati. Menurut mitos, cicak tersebut katanya bakal mendatangkan kesialan. Hal yang nggak menyenangkan tersebut disebut-sebut bakal menimpa keluarga atau orang terdekat kita. Jadi, kita yang kena cicaknya, orang lain yang dapet sialnya. Kok gitu? emang begitu, jadi katanya jangan kaget kalau tiba-tiba adik jatuh dari tangga, sahabat diputusin pacarnya, atau suami yang mendadak pengen jajan Gundam (emang itu sial, ya? :(). Pokoknya, orang yang percaya mitos ini bakalan was-was dan langsung merhatiin orang-orang di sekitarnya.

7. Mendapat Kesialan dari Orang Lain

Kalau ada cicak jatuh di paha, mitos mengatakan itu bisa menyebabkan kita mendapatkan kesialan yang disebabkan oleh orang lain. Kalau cicak itu jatuh di sebelah kanan, kesialan tersebut disebabkan oleh orang-orang yang kita kenali. Sebaliknya, cicak yang jatuh di paha kiri disebabkan oleh kesialan dari orang-orang yang nggak kita kenal sebelumnya. Jadi, kalau tiba-tiba mantan kita kembali mengganggu dan berbuat onar, berarti cicak jatuh di paha…?

8. Keluarga Mendapat Musibah

Kalau cicak sudah jatuh di kepala, mitos mengatakan kita harus siap-siap mendengar berita buruk dari keluarga atau orang-orang terdekat. Entah itu berita kegagalan, kecelakaan, atau sampai bela sungkawa. Untuk itu, orang-orang yang percaya dengan mitos ini biasanya akan selalu waspada dan menanyakan kabar orang-orang terdekatnya. Tentu saja dilakukan sekedar memastikan kalau mereka baik-baik saja dan nggak terkena efek dari mitos tersebut.

9. Mitos Kejatuhan Cicak: Jauh dari Bahaya

Mitos tentang cicak rupaya nggak selalu berupa hal-hal negatif. Kalau ada cicak yang jatuh dan hampir mengenai tubuh, katanya kita  bakalan terhindar dari segala masalah dan kesialan. Baik itu kesialan tentang keuangan, rumah tangga, masalah kantor, dan masih banyak lagi. Jadi, orang yang percaya mitos ini merasa lega kalau cicak jatuh nggak mendarat di tubuhnya.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Ngomongin soal mitos, di dalam agama Islam sendiri hal tersebut termasuk tathayyur (menilai sesuatu menjadi pembawa sial pada seseorang tanpa adanya dalil maupun bukti ilmiah). Tathayyur ini secara tegas dilarang di dalam Islam, karena termasuk bentuk kesyirikan. Apapun yang terjadi itu sudah murni atas kehendak Allah SWT.

Jadi, keberadaan mitos ini bukan berarti sepenuhnya harus kita yakini. Balik lagi, kita percaya apa nggak.. 🙂

Berikan komentarmu