9 Gunung Tertinggi di Malaysia, Sajian Pas Bagi Penjelajah Alam

Spread the love

Seorang pendaki tentu saja tidak puas kalau hanya mendaki dua atau tiga gunung saja. Jiwa eksplorasinya dipastikan selalu menggebu-gebu, apalagi pas summit attack. Meski perjalanannya terkesan gitu-gitu aja, tapi pengalaman yang didapatkan jelas berbeda. Jadi, kalau kamu udah menjarah hampir seluruh gunung di Indonesia, nggak ada salahnya buat ngelirik gunung punya Malaysia. Tetangga sebelah ini memiliki beberapa gunung yang bisa jadi surga dunia bagi pendaki. Rata-rata ketinggiannya juga menantang nyali. So, kamu bisa pilih satu dari sepuluh gunung tertinggi di Malaysia ini buat ditaklukan.

1. Gunung Tertinggi di Malaysia: Kinabalu

Kinabalu dinobatkan sebagai gunung tertinggi pertama di Malaysia. Gimana nggak, ketinggiannya juga mencapai 4.095 mdplt. Menariknya, gunung yang lokasinya ada di daerah Sabah, bagian dari Malaysia Timur ini ternyata sebagian wilayahnya ada di Kalimantan.

Gunung setinggi dan sebesar ini bohong kalau sampai nggak ada mitos. Gunung yang menyuguhkan pemandangan cantik dari ketinggian ini konon punya mitos yang sudah berkembang di kalangan pendaki, dan warga sekitar sendiri. Gunung ini katanya dijadikan sebagai tempat tinggal roh orang yang sudah meninggal dunia.

2. Gunung Trusmadi

Gunung tertinggi kedua di Malaysia dipegang oleh Gunung Trusmadi. Gunung yang satu nii memiliki ketinggian 2.642 mdpl. Lokasinya konon ‘tetanggaan’ dengan gunung Kinabalu mountain. Saat melakukan pendakian disini, kamu nggak hanya ngalamin medan yang begitu terjal. Lelah kamu bakal terbayarkan dengan menikmati ragam faunanya dan juga kondisi alamnya yang begitu segar.

Kalau suka banget menantang nyali, gunung ini cocok banget buat kamu. Eksplor bareng temen-temen kamu dan pastikan tetap mengutamakan keselamatan.

3. Gunung Tambuyukon

Selanjutnya ada Tambuyukon yang menjadi gunung tertinggi ketiga di Malaysia. Gunung yang satu ini populer di kalangan wisatawan karena daya tarik alamnya. Nggak sedikit wisawatan yang rela mendaki kesini hanya untuk menikmati keindahan dari ketinggian. Btw, gunung Tambuyukon sendiri merupakan gunung yang terbentuk di atas pegunungan Crocer yang merupakan dataran tinggi negeri Sabah, Malaysia. Ketinggiannya mencapai 2.579 meter diatas permukaan laut. Jika dilihat dari sisi geografisnya, gunung ini berdekatan dengan gunung Kinabalu dan Trusmadi. Jadi, ketiganya ini masih ada dalam satu kawasan yang dinamakan Kinabalu Park.

4. Gunung di Malaysia: Kaingaron

Kaingaron tercatat sebagai gunung tertinggi di Negeri Jiran. Lokasinya ada di Tambunan, Negeri Sabah. Gunung yang satu ini bisa dibilag masih perawan dengan hutan lebat yang masih terpelihara keasriannya. Untuk itu, nggak sedikit pendaki yang merasa tertantang untuk menjamahi gunung yang satu ini, yang mana diketahui ketinggiannya mencapai 2.476 meter diatas permukaan laut. Selain itu, pendali juga bakal dimanjakan dengan aneka pepohonannya yang lebat. Gimana, tertarik untuk bereksplorasi disini?

5. Gunung Murud

Gunung Murud juga termasuk ke dalam daftar sembilan gunung tertinggi di Malaysia. Pemandangan alamnya nggak usah diragukan lagi, palagi kalau kamu sudah sampai di puncaknya. Gunung yang sering disebut Mount Muru ini punya ketinggian sekitar 2.424 meter diatas permukaan laut. Konon, medannya tergolong unik, sehingga pendaki tertarik untuk datang kesini. Selain pemandangan alamnya yang cantik, katanya kamu juga bisa menemukan pepohonan buah-buahan. Kalau lagi beruntung, bisa banget tuh dipetik dan dikonsumsi selama perjalanan maupun untuk bekal di puncak nanti.

6. Gunung Tertinggi di Malaysia: Mulu

Gunung Mulu lokasinya berdekatan dengan Murud Mountain. Bahkan lokasinya juga masih satu kawasan, yaitu di  Serawak. Pendaki Malaysia sudah asing lagi dengan  gunung dengan ketinggiang 2.376 mdpl ini. Yang menjadi daya tariknya adalah penampakan susunan batu-batu cantik berwarna putih yang tingginya mencapai 700 meter. Kamu nggak bisa selfie disana, dan cuman bisa memotretnya dari kejauhan.

Selain itu, kamu juga bakal takjub dengan penampakan puncak gunung ini. Disana, kamu bakal menemukan goa-goa bersejarah. Ada goa karst, goa deer, dan lain sebagainya. Jadi, kamu juga bisa menyaksikan langsung kelelawar keluar dari sana.

7. Gunung Tahan

Gunung Tahan yang merupakan gunung tertinggi ketujuh di Malaysia ini cocok banget buat aktivitas pendakian. Gunung setinggi 2.178 mdpl ini juga terkenal dengan keindahan alamnya. Kamu bisa menikmati momen sunset dan sunrise sambil menghirup udara segar. Bahkan, dijadikan sebagai latar belakang foto juga menjadi ide yang menarik. Diunggah ke media sosial tentu saja jadi piihan yang tepat karena semakin banyak orang yang menjadi tertantang untuk mendaki ke gunung ini. Jadi, apa kamu udah nggak tahan buat dateng ke Gunung Tahan?

8. Gunung Korbu

Di posisi kedelapan, ada gunung Korbu yang pas banget buat kamu yang pengen hiking. Dengan ketinggian 2.183 mdpl, puncak yang satu ini menyuguhkan panorama alam yang emang nggak kalah cantik dari gunung-gunung lainnya. Jadi pendaki manapun pasti tergoda untuk menaklukan gunung yang satu ini. Medannya juga tidak terlalu terjal, jadi pemula bisa ikut rombongan untuk untuk merasakan sensasi mendaki. Korbu juga sering dijuluki dengan “Titiwangsa” karena gunung ini termasuk bagian dari pegunungan Titiwangsa.

9. Gunung Yong Belar

Yang terakhir adalah gunung Yong Belar yang merupakan tertinggi ke-9 di Malaysia. Ketinggian gunung ini mencapai 2.181 meter diatas permukaan laut. Karena tidak terlalu tinggi, gunung ini selalu jadi incaran wisatawan maupun pendaki yang masih pemula. Meski begitu, kamu harus berhati-hati saat mendaki karena medan menuju puncaknya tergolong cukup terjal. Namun, rasa lelah jelas akan terbayar setelah kamu sampai di puncak dengan panorama alam yang menyejukan mata.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu