Share this
Share

Share

shares

9 Film Pendek Indonesia yang Bisa Kamu Tonton di YouTube

2 October 2020  Ajeng

Weekend emang asik kalau dipake buat me time. Salah satunya adalah maraton film yang bisa sampai lupa waktu.  Namun, kalau kamu bosan dengan film yang gitu-gitu aja, nggak ada salahnya untuk nyobain nonton film pendekIndonesia. Menariknya, kamu bisa menonton film-film itu di YouTube, jadi kamu nggak perlu bayar atau berlangganan sama sekali. Film karya anak bangsa Indonesia ini ngga kalah kerennya, lho! Penasaran? Simak daftarnya di bawah ini.

1. Balik Jakarta

via avikomfilm.com

Film yang berudrasi 25 menit ini mengisahkan tentang seorang pria asing asal Jerman yang ingin flashback ke rumah masa kecilnya dulu di Jakarta. Karena Kota Batavia itu sudah berubah drastis, pria tersebut malah kebingungan mencarinya. Ia hanya bermodalkan secarik foto untuk bisa menemukan rumahnya itu tanpa ada alamat yang jelas. Untuk itu, dia kemudian menggunakan jasa tukang ojek dan dari situlah keseruan terjadi, mulai dari percakapan-percakapan ringan sampai dengan celoteh-celoteh kocak yang nmengocok perut.

2. Film Pendek Indonesia KTP

via insideindonesia.org

KTP merupakan salah satu film pendek yang diunggah di Youtube pada tahun 2017. Film ini sangat menyindir kondisi  kita pada saat itu karena menyuguhkan kekecewaan serta keluh kesah masyarakat mengenai kesulitan dalam membuat KTP.  Meskipun terkesan serius, film ini dikemas dengan adegan-adgan yang kocak sehingga kamu bakalan terhibur saat menontonnya. Film ini berdurasi selama 15 menit saja. Pendek banget, ya?

3. Unbaedah

via insideindonesia.org

Siapa yang nggak kenal dengan Bu Tejo? Sosok yang dipernakan oleh Siti Fauziah tersebut mendadak viral setelah sebelumnya bermain dalam salah satu film pendek berjudul Tilik yang sangat menggelitik. Kali ini, ia membintangi film pendek yang berjudul Unbaedah. Film ini mengisahkan tentang seorang perempuan bernama Baedah (Siti Fauziah) yang memiliki sifat tamak dan tidak mau rugi.

Suatu hari, di kampungnya diadakan sebuah acara memperingati tujuh hari kematian tetangganya. Ia kemudian berulah dengan mengambil makanan lebih banyak, sehingga tamu yang lain menjadi tidak kebagian. Karena geram, tetangganya mulai menakut-nakuti Baedah dengan hantu palsu. Dan dari situlah kejadian-kejadian seram dan kocak dimulai. Film ini berdurasi lima menit, ya.

4. Film Pendek Indonesia Anak Lanang

via YouTube.com

Film pendek Indonesia “Anak Lanang” yang diunggah pada tahun 2017 ini disutradarai oleh Wahyu Agung Prasetyo. Film pendek ini mengisahkan tenatng empat bocah SD yang pulang sekolah naik becak. Sepanjang perjalanan, mereka menceritakan berbagai hal kocak, bahkan saling mendebat satu sama lain. Film dengan durasi kurang lebih 15 menit ini berhasil mendapatkan penghargaan Indonesia Film Festival Australia pada tahun 2019. Film ini juga dikemas dengan teknik pengambilan one shot, jadi kamu bisa menontonnya seolah berada di sana.

5. Di Rumah Sendirian

via youtube.com

Kalau dilihat dari covernya, film ini dibalut dengan nuansa horor. Film besutan Hanung Bramantyo ini dibuat saat wabah virus Covid-19 menyerang. Dia dan keluarganya berinisiatif untuk membuat film yang terkesan horor, padahal sebenarnya mengandung nasihat islam. Alur ceritanya mudah dipahami, sehingga kamu bisa menonton film ini bersama saudara atau adik, ya. Durasi filmnya hanya 7 menit saja, kok.

6. Makmum

via flixcinema.com

Pada tahun 2016, Reza Pahlevi menggarap sebuah film pendek yang berjudul Makmum. Film ini sempat viral, sehingga diangkat menjadi film layar lebar  oleh MD entertainment kemudian diliris pada tahun 2019. Film bergenre horor ini menceritakan tentang seorang wanita yang bangun dimalam hari untuk melaksanakan solat sunat tahajud. Namun, begitu ia akan mulai solat, hal-hal ganjil terjadi. Biar nggak penasaran, segera tonton filmnya, ya. Durasinya kurang lebih 10 menit saja.

7. Film Pendek Indonesia Natalan

via youtube.com

Natalan juga bisa menjadi salah satu rekomendasi film pendek untuk menghabiskan akhir pekan. Film yang satu ini menceritakan tentang seorang pemuda bernama Resnu yang ingin Natalan bareng keluarganya di Yogyakarta. Ia dan istrinya kemudian berangkat dari Jakarta menuju Yogyakarta. Sepanjang perjalanan pun ia diliputi rasa gelisah dan rindu pada ibunya itu. Ia takut tidak bisa tepat waktu di sana dan tidak bisa merayakan Natal bersama. Film dengan durasi 28 menit ini dibuat pada tahun 2015 oleh Tata Sidharta.

8. Lemantun

via youtube.com

Pada tahun 2014, seorang mahasiswa membuat film berjudul Lemantun untuk tugas akhirnya di Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Film yang disutradarai oleh Wregas Bhanuteja ini menceritakan tentang pembagian warisan. Uniknya, bentuk warisan itu bukanlah uang, rumah, atau sebidang tanah pada umumnya. Warisan itu adalah sebuah lemari. Dengan alur cerita yang apik, penonton seolah-olah dibawa ke dalam cerita yang menggemaskan ini.

9. Film Pendek Indonesia Tilik

via dok. Indonesia Women Shorts Program

Film pendek yang satu sempat viral karena ulah Bu Tejo yang sangat relate dengan ibu-ibu pada umumnya. Film Tiliki diproduksi pada tahun 2018 yang intinya menggambarkan kebiasaan ibu-ibu pada umumnya pada saat berkumpul.

Suatu hari, Bu Tejo dan rombongan tetangganya pergi menjenguk Bu Lurah yang sedang dirawat di rumah sakit. Sepanjang perjalanan, Bu Tejo dan kawan-kawannya itu membicarakan berbagai hal, bahkan sampai ngegosipinkembang desa yang bernama Dian. Gaya bicara setiap pemeran dalam film tersebut sangatlah memperesentasikan ibu-ibu zaman sekarang. Bahkan, Bu Tejo disebut-sebut sebagai pemeran yang paling menyebalkan karena doyang banget suudzon dan ngegosip.

itulah sembilan film pendek Indonesia yang bisa nemenin weekend kamu. Karena durasinya pendek-pendek, bisa dong nonton semua film ini dalam sehari aja?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berikan komentarmu

Related articles

 #anak lanang #film baru 2021 #film bu tejo #film horor pendek #film joko anwar #film karya hanung #film keluarga 2020 #film netflix seru #film pendek #film pendek indonesia #film pendek terbaik #film terbaru 2020 #nonton streaming gratis #nonton unbaedah #streaming film pendek #streaming flm tilik #tilik
Share di whatsapp

Pilihan editor