9 Film James Wan, Tontonan Pas Pencinta Genre Horor-Misteri

Spread the love

Sebelum menonton film, nggak hanya review dan ratingnya saja yang selalu dicari tahu lebih dulu. Ada hal yang nggak kalah terlewatkan, apalagi kalau bukan sutradaranya. Sutradara atau pembuat film biasanya jadi sorotan karena kepiawannya bisa membuat film tersebut jadi laris manis. Sebut saja James Wan. Pria asal Malaysia tersebut terkenal dengan garapan filmnya yang bernuansa horor. Beberapa filmnya pun sukses menghiasi layar lebar, bahkan sukses mendatangkan antusiasme penonton. Diantaranya adalah sembilan film James Wan di bawah ini.

1. Film James Wan Insidious 

Serial film Insidious berhasil mengundang minat penonton hingga harus rebutan booking kursi bioskop. Film ini punya ciri khas jump scare lengkap dengan sosok hantunya yang mengerikan. Serial pertamanya menceritakan tentang sebuah keluarga yang hidupnya jadi nggak tenang. Rupanya, ada sosok hantu yang meneror mereka sehingga keadaan rumah kini lebih sering didominasi oleh hal-hal ganjil.

Gara-gara kejadian mistis tersebut, anak dari sepasang suami istri keluarga tersebut mengalami koma. Paranormal pun akhirnya didatangkan untuk menyelesaikan masalah ini. Sayang, prosesnya tidak semudah yang diharapkan karena anak tersebut terperangkap di dunia lain.

2. The Conjuring

Serial The Conjuring juga menjadi karya James Wan lainnya yang nggak kalah viral. Ed dan Lorraine Warren kembali unjuk gigi dengan misi yang sama, yaitu mengusir setan. Keduanya kini harus membantu sebuah keluarga yang kehidupannya diusik oleh roh jahat. Bahkan iblis tersebut seringkali mengikuti keluarga tersebut kemanapun mereka pergi. Namun, proses pengusiran tentu saja tidak semudah itu, Ed dan Lorraine harus mengerahkan seluruh kemampuannya agar iblis tersebut musnah.

3. Film James Wan Saw 

Penonton juga sempat dibuat antusias dengan film Saw usai dirilis pada tahun 2004. Film ini mengisahkan tentang dua orang asing yang terkejut saat mendapati dirinya berada di sebuah ruangan. Mereka nggak paham kenapa tiba-tiba bisa berada disana.  Tak lama, akhirnya keduanya menyadari kalau mereka terperangkap di sebuah permainan. Ngerinya lagi, si pembuatnya adalah seorang psikopat. Mereka harus berhasil menyelesaikan setiap permainan karena kalau tidak, nyawalah yang jadi taruhannya.

4. Dead Silence

Dead Silence merupakan salah satu film garapan James Wan yang dirilis pada tahun 2007. Film ini menceritakan  tentang seorang pria yang berambisi mencari tahu penyebab kematian istrinya.  Dalam misinya tersebut, ia mendapatkan bantuan dari seorang detektif. Usai melalui beragam investigasi, kematian istrinya tersebut ternyata ada sangkut pautnya dengan legenda Mary Shaw. Mary Shaw adalah sebuah cerita hantu seram yang menjadi legenda di tempat tersebut. Hingga pada akhirnya, kematiannya pun mulai terungkap secara perlahan, dengan resiko mengerikan yang harus diterima si pria.

5. Annabelle

Film Annabelle yang diangkat dari kisah nyata juga terkenal dengan jump scarenya. Kisah ini mengambil latar pada tahun 1967 di Santa Monica, yang menceritakan tentang pasangan suami istri, John dan Mia. Sebagai hadiah kehamilan istrinya, John menghadiahi Mia sebuah boneka yang dari tampilannya jauh dari kata menggemaskan. Namun, Si Mia ini menyukai boneka tersebut. Namun, hadiah tersebut rupanya tidak memberikan kebahagiaan bagi pasangan tersebut. Mereka malah mendapatkan teror dari roh-roh jahat, hingga pada akhirnya rumah Mia dan John diserang oleh para pemuja setan.

6. Lights Out

Kamu yang takut dengan kegelapan, film ini boleh diskip. Lights Out mengisahkan tentang sosok Rebecca yang selalu merasa ketakutan akibat teror hantu di kegelapan. Hal tersebut bermula saat Paul, ayah Rebecca, tewas secara mengenaskan akibat pembunuhan. Sejak kematian ayahnya, ibu Rebecca dilaporkan adiknya jadi sering berbicara sendiri. Akibat kondisi yang tidak stabil itu, Rebecca memboyong adiknya untuk tinggal bersama.

Tragedi kematian ayahnya seolah tidak berhenti sampai disana. Rebecca malah mendapatkan gangguan berupa sosok bayangan yang telah membunuh ayahnya. Setelah ditelusuri, sosok bayangan tersebut adalah Diana yang selama ini sering berbicara dengan ibu Rebecca. Ia merupakan teman akrab sang ibu yang meninggal dunia secara mengenaskan. Namun, rohnya kini malah menghantui keluarga Rebecca dalam kegelapan.

7. Film James Wan The Nun

Film The Nun menceritakan asal usul hantu Valak di film The Conjuring 2. Kisahnya diawali dengan pihak vatikan dan Suster Irene yang melakukan investigasi kematian Biarawati yang tewas secara misterius. Penyelidikan diawali dengan menemui Franchie, pemuda yang menemukan jasad biarawati. Sayangnya, penyelidikan tersebut tidak membuahkan hasil. Mereka akhirnya memutuskan datang ke biara.

Mereka terkejut saat mengetahui kalau biara tersebut sudah dikuasai oleh sosok Valak.  Sosok tersebut sudah muncul sejak pembangunan biara tersebut. Ada celah tersendiri yang memudahkan Valak masuk ke dunia. Untuk itu, Suster Irene dan yang lainnya sebisa mungkin harus menutup celah tersebut.

8. Malignant

James Wan merilis film terbarunya Malignant, yang sudah tayang pada Oktober 2021. Dalam film ini, diceritakan sosk bernama Madison yang mengalami KDRT. Ia mengalami berbagai kekerasan, salah satunya kepalanya yang dibenturkan ke dinding. Sejak saat itulah rumah tangganya mulai kacau.

Suatu hari, suaminya kedapatan tewas secara misterius. Di saat yang bersamaan,  Madison juga mengalami keguguran untuk yang ketiga kalinya. Sejak kejadian itu, Madison memiliki kelebihan dalam dirinya, yaitu dapat penglihatan terkait aksi pembunuhan sadis. ia dan saudarinya pun berusaha untuk memecahkanmisteri ini.

9. Film James Wan Death Sentence

Death Sentence diproduksi dengan mengusung genre action thriller. Ceritanya adalah tentang kehidupan memilukan seorang pria bernama Nick Hume. Hume bisa dibilang memiliki kehidupan yang sangat berkecukupan, namun hal itu seolah lenyap begitu saja saat tragedi menimpa anaknya. Didorong oleh rasa dendam yang luar biasa, Hume pun berubah 180 derajat menjadi pemburu yang berambisi untuk balas dendam terhadap para gangster berbahaya.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu