Share this
Share

Share

shares

8 Wisata Ekstrem di Yogyakarta, Cocok Banget Buat Uji Nyali!

4 October 2020  Ajeng

Menguji adrenalin tidak hanya pergi ke tempat wahana-wahana ekstrem. Di Yogyakarta sendiri, kamu bia menemukan beberapa objek wisata alam yang bisa menguji keberanian. Tidak hanya sejenis flying fox, tetapi ada juga  jembatan gantung yang dibawahnya merupakan deburan ombak yang sangat kencang. Kalau kamu tertarik untuk menyatu dengan alam sekaligus menantang adrenalin di Kota Gudeg, mampir saja ke delapan wisata ekstrem di Yogyakarta berikut ini.

1. Gunung Tali Purba

via kanaljogja.id

Gunung Api Purba kini wujudnya  seperti bukit batu yang menjulang tinggi. Padahal, dulunya tempat ini merupakan gunung api vulkanik di zaman purbakala. Suasananya yang asri dengan pemandagan yang eksotis dimanfaatkan dengan baik oleh pengelola wisata. Mereka membuat cliff swing yang bisa dinikmati semua pengunjung.

Kamu tentu saja tidak semudah itu bisa sampai disana. Pertama, kau harus melewati jembatan yang hanya berupa seutas tali. Ngerinya, tidak ada pegangan sama sekali, sehingga kamu hanya bisa pegangan pada tali pijakan saja. Setelah itu, kamu bisa mulai bersantai di cliff swing tersebut. Ini tidak direkomendasikan untuk kamu yan takut ketinggian, ya.

Lokasi: Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55862
Harga tiket: Paket 1-5 orang – Rp 3,5 juta, paket 6-10 orang Rp 4 juta (sudah termasuk transportasi dari kota Yogyakarta ke Gunung Api Purba).

2. Pantai Timang, Wisata Ekstrem di Yogyakarta

via ngetripyuk.id

Pantai Timang yang ada di Kawasan Gunung kidul Yogyakarta ini pernah dijaikan lokasi shooting Running Man. Saat itu, Lee Kwang Soo dan jeon So in harus menjalani hukuman dengan mengendarai gondola yang ada di Pantai Timang. Sensasinya tentu saja menegangkan. Bahkan mereka sampai teriak histeris saat ombak besar menerpa. Mulai dari situlah Panai Timang ini menjadi lebih dikenal wistawan dan tidak sedikit yang ingin mencobanya.

Awalnya, gondola merupakan alat  yang digunakan nelayan untuk membawa hasil tangkapan lobster. Karena konsepnya yang unik dan tradisional, gondola tersebut malah dijadikan sebagai wahana ekstrem. Selain gondola yang menakutkan, ada juga jembatan tali yang tidak kalah menguji nyali. Saat tertiup angin, kamu bisa terombang-ambing dan merasa akan terjatuh. Jadi, pegangan yang kuat, ya!

Lokasi: Jl. Pantai Sel. Jawa, Pantai, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Harga tiket: 10,000 IDR untuk masuk area pantai Gunungkidul; 150,000 IDR untuk naik gondola, 100,000 IDR untuk naik jembatan gantung.

3. Goa Jomblang

via theearthlyparadise.com

Caving ke Goa Jomblang adalah pilihan tepat lainnya untuk menguji adrenalin. Untuk mengunjungi empat ini, setidaknya wisatawan sudah memiliki keahlian khusus mengendalikan tali untuk bisa sampai di permukaan goa. Kedalaman goanya nggak main-main, yaitu mencapai 15-80 meter dari permukaan tanah. Untuk itu, selalu disini selalu sediakan tour guide bagi kamu yang pertama kali mengunjungi Goa Jomblang.

Meskipun adrenalin kamu diuji, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan  cantik hutan pohon jati, lumut dan paku-pakuan saat menuruni mulut gua. Setelah tu, kamu diarahkan untu melewati jalan setapak yang licin dan terjal. Jangan lupa juga charge hp kamu karena di sini ada stalaktik cantik yang bisa membuat hasil foto menjadi lebih nyentrik.

Lokasi: Jetis Wetan, Pacarejo, Kec. Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55893
Harga tiket: gratis untuk caving mandiri (membawa peralatan pribadi), Rp 450 ribu menggunakan jasa guide.

4. Bukit Gupit, Wisata Ekstrem di Yogyakarta

via jogjaholic.com

Yogyakarta memiliki spot terbaik untuk melakukan paralayang. Sebut saja Bukit Gupit atau yang biasa disebut Watugupit oleh warga setempat. Dengan tinggi yang mencapai 900 mdpl, tempat ini selalu menjadi favorit kalangan komunitas paralayang, mulai dari lokal sampai internasional.

Angin kencang di area Bukit Gupit bisa membuat siapa saja terbang bebas tanpa khawatir akan tersangkut di pohon-pohon. Nggak nyesel nyobain paralayang disini. Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan eksotis apalagi pada sore hari.

Lokasi: Giricahyo, Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872
Harga tiket: Rp 300 ribu/orang

5. Bunker Kaliadem

via @ichaitem025_

Pencinta motor trail wajib banget datang ke Kawasan Gunung Merapi. Treknya sangat menantang karena dibalut dengan pasir halus dan bebatuan gunung yang keras. Kamu tidak perlu membawa motor trail dari rumah, Di tempat wisata ini, pengelola sudah menyediakan sewa motor trail khusus pengunjung. Jadi, kamu disini akan mendapatkan pengalaman baru dengan melintasi berbagai lintasan yang sangat menantang nyali. Jangan lupa pakai jaket karena udaranya sangat dingin.

Lokasi: Kinarejo, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582
Harga: Sewa motor trail mulai dari Rp 250 ribu

6. Pantai Siung, Wisata Ekstrem di Yogyakarta

via jogjaadventuretrip.com

Kalaiu kamu suka manjat tebing, kunjungi saja Pantai Siung. Di wisata alam yang satu ini, kamu bisa menikmati panorama pantai dengan cara yang lumayan menantang, yaitu rock climbing. Saat ini, ada lebih dari 50 jalur panjat yang sudah dilengkapi dengan hanger.

Memanjat tebing di Pantai Siung tentu saja akan memberikan suasana baru. Kamu bisa merasakan semilir angin khas pantai dan juga suara deburan ombak yang menenangkan. Kalau kamu sebelumnya belum pernah panjat tebing, nggak usah khawatir. Di sini disediakan jalur khusus pemula yang sudah dilengkapi dengan perangkat keamanan.

Lokasi: Dusun Duwet, Kecamatan Bumi Sari Natar, Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul.
Harga tiket: Rp 5 ribu untuk masuk Pantai Siung, rock climbing mandiri gratis dan ada harga khusus jika menggunakan jasa guide. 

7. Bukit Klangon

via wisatakaka.com

Wisat aekstrem lainnya yanga da di Yogyaarta adalah Bukit Klangon. Tempat yang satu ini coock banget buat kamu yang hobi dengan aktivitas  sepeda downhill. Untuk bisa sampai di garis finis, kamu harus menempuh perjalanan sejauh 20 km dengan waktu yang dibutuhkan kurang lebih 1,5 jam. Treknya tidak seru kalau tidak menantang. Ada jalur bebatuan dan lintasan yang berkelok-kelok, bahkan jembatan kayunya yang tidak kalah menguji adrenalin.

Alamat: Kalitengah Lor, Glagaharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55583
Tiket masuk: Gratis, 4,000 IDR untuk parkir

8. Pantai Sinden

via Instagram: @jogjakartaid

Saat mengunjungi Pantai Timang, jagan lupa mampir juga ke Pantai Sinden. Lokasinya sangat berdekatan, jadi sayang banget untuk dilewatkan. Di sini, kamu bisa menikmati panorama cantik perbukitan karang yang tinggi , serta birunya pantai yang memanjakan mata.

Jalur ekstrem yang akan kamu lalui adalah jembatan gantung sepanjang 40 meter yang menyatukan dua bukit. Saat ada angin kencang, jembatan itu bakalan auto goyang. Bahkan, hal yang lebih menegangkan adalah saat kondisi air sedang pasang.  Air laut bisa saja mengguyur susunan kayu dan tali jembatan tersebut saat ada ombak. Jadi, udah kebayang ngerinnya?

Alamat: Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55883
Harga tiket: Rp 25 ribu untuk naik jembatan

Itulah delapan wisata ekstrem di Yogyakarta yang cocok banget untuk uji adrenalin. Di tempat kamu, ada objek wisata seperti di atas?

Berikan komentarmu

Related articles

 #bukit gupit #gua jomblang #jembatan gantung pantai sinden #pulau timang dimana #pulau timang lokas shooting #tiket pulau timang #trek moto trail #wisata ekstrim di bandung #wisata ekstrim di jawa barat #wisata ekstrim luar negeri #wisata ekstrim yang paling seru #wisata paling ekstrim #wisata paralayang #wisata uji adrenalin #wisata uji nyali #wisata untuk uji nyali
Share di whatsapp

Pilihan editor