via Shutterstock.com

8 Wisata Aquarium yang Cocok Buat Liburan Bareng Keluarga

Spread the love

Untuk bisa berjumpa dengan hewan akuatik, kamu nggak perlu repot nyebur ke laut. Di Indonesia sendiri, ada beberapa wisata aquarium yang menyediakan aneka jenis ikan, mulai dari tawar sampai laut. Namun, bukan berarti kamu nyemplung ke aquarium besar terus pelukan sama hiu, ya. Kamu cukup masuk ke sebuah ruangan atau terowongan, seolah kamu berada di dalam aquarium. Material kacanya tentu saja sudah sangat aman, jadi resiko kecelakaannya pun sangat rendah, Insyaallah. Wisata ini cocok banget dikunjungi bareng keluarga karena kamu bisa sekaligus belajar tentang berbagai jenis ikan, asal, nama latin, dan sejenisnya. Biar kamu nggak repot googling satu-satu, berikut Cerpin rangkum delapan wisata aquarium cantik di Indonesia.

1. WISATA AQUARIUM SEAWORLD

via gotravelly.com

SeaWorld Ancol merupakan ocenarium terlengkap di Indonesia yang menyajikan pengetahuan seputar dunia laut. Disini, kamu bisa menemukan 7.300 ekor biota air tawar yang meliputi 48 Jenis ikan, 1 jenis reptil sampai biota perairan laut yang terdiri dari 11.500 ekor biota. Biota-biota tersebut ditempatkan di  28 display, dengan rincian sembilan akuarium perairan tawar,19 akuarium, dan empat kolam terbuka. Kamu juga bisa melewati terowongan yang ada disana dan melihat ikan pari yang gedenya mungkin sebesar atap rumah. Ada juga ikan-ikan hiu dengan penampakan gigi yang menyeramkan.

Menariknya, disini juga disediakan Kolam Sentuh buat kamu yang pengen megang langsung hewan air tersebut. Biasanya disana ada bintang laut dan penyu hijau. Kamu juga bisa melihat staf disana saat memberi mereka makan. Selain itu, ada juga museum yang berisi awetan hewan-hewan laut, seperti Ikan Purba – Raja Laut (Coelacanth).

Opening Hours : Senin – Jumat 09.00 – 18.00 WIB/ Weekend 09.00 – 18.00 WIB

Tiket : Rp. 115.000 – 185.000

2. JAKARTA AQUARIUM

via Instagram @attahalilintar

Mau ke mall tapi males banget liat harga yang nggak diskon? Segarkan mata kamu ke Jakarta Aquarium! Terletak di Neo Soho Mall, taman rekreasi ini menyuguhkan tema laut dimana pengunjungnya bisa merasakan jalan-jalan di kebun binatang. Asyiknya, kamu juga bisa melihat sekaligus menyentuh hewan laut tersebut. Jenisnya macam-macam. ada Mandarin Fish, Pari Elang, Coconut Crab, Hiu Pari, Cardinal Banggai, dan masih banyak lagi. Biar pengunjung nggak bosen, pengelola Jakarta Aquarium ini juga menyuguhkan pertunjukkan dongeng bawah laut dengan teknik ilusi dan kemampuan hebat perenang profesional.  Selain itu, kamu juga bisa banget dinner romantis kaya Atta dan Aurel sambil menikmati ikan-ikan cantik yang terpampang nyata di aquarium.

Opening Hours : Senin – Minggu 10.00 – 20.00 WIB

Tiket : Rp. 150.000 – 225.000

3. TUNNEL AQUARIUM PULAU PUTRI

via leblung.com

Di Pulau Putri, kamu nggak hanya menikmati cantiknya air laut dari permukaannya saja. Menariknya, kamu juga bisa melihat dalem laut tersebut via terowongan aquarium. Di Tunnel Aquarium Pulau Putri ini, kamu bisa menikmati pemandangan terumbu karang dan aneka hewan laut yang cantik. Selain itu, disana juga disediakan fasilitas Glass Bottom Boat yang berfungsi untuk melihat permukaan bawah laut dari dalam. Kamu sudah pernah kesini?

Opening hours: Setiap hari, 08:00-21:00

Tiket: Rp 750.000 – Rp 1.000.000/package

4. DUNIA AIR TAWAR TAMAN MINI INDONESIA INDAH

foto: Sri Sugiarti

Taman Mini Indonesia Indah juga punya Dunia Air Tawar yang bisa jadi destinasi liburan bareng keluarga. Taman air ini menyuguhkan simulasi dan replica ekosistem dari lahan basah asli. Sesuai namanya, taman ini hanya berisikan biota air tawar terbesar dan terlengkap ke dua di dunia serta terbesar di Asia. Kamu bisa menemukan  6.000 ekor 126 spesies, yang berasal dari berbagai perairan di Indonesia maupun luar negeri. Selain ikan, disana juga ada tanaman air, reptilian, dan crustacean. Biar makin pinter, kamu bisa melipir ke museum, perpustakaan, auditorium, akuarium Nusantara, Pojok Reptilia, Lororng Gurame, dan ruang karantina yang bisa kamu temukan di bagian belakang.

Opening Hours : Senin – Minggu 08.30 – 17.30 WIB

Tiket : Rp. 30.000

5. WISATA AQUARIUM PURBASARI PANCURAN

via Instagram/ mochsabar

Purbasari Pancuran bisa kamu temukan di Purbalingga. Wisata aquarium disini dinamakan Planet Aquarium Toyoshuka. Wahana satu ini sangat bisa memanjakan mata kamu karena aquariumnya dirancang dengan desain yang tidak biasa. Aquarium ini dirancang dengan ukuran lebar 15 m, panjang 25 m dan tinggi 8 m. Dengan demikian, kamu bisa lebih leluasa menikmati pemandangan ikan-ikan cantik tanpa harus berdesak-desakan. Arapaima gigas, ikan air tawar raksasa dari Amazon, adalah salah satu spesies yang jadi daya tarik di wisata aquarium ini. Ikan tersebut memiliki panjang mencapai 3 meter dengan berat rata-rata 200 kg.

Opening Hours : Senin – Minggu 08.00 – 17.00 WIB

Tiket : Rp. 20.000

6. TAMAN AQUARIUM DI TAMAN PINTAR JOGJA

via tamanpintar.co.id

Saat lagi liburan di Yogyakarta, jangan lupamampir ke Taman Pintar Jogja. Akuarium ini berbentuk setengah lingkaran sehingga kamu bisa berjalan-jalan di sepanjang lorong sambil menikmati ikan-ikan air tawar baik disamping maupun di atasnya. Jenis -jenis ikan yang dipamerkan ada ikan  nila, patin putih, patin hitam, koi, silver dollar, lele, sapu-sapu, cat fish, arwana, jenghiskan, tomang, ikan aligator, udang, dan masih banyak lagi. Disini, kamu juga akan disuguhkan beragam informasi terkait jenis-jenis ikan air tawar. Cocok banget kalau kamu dateng bareng adik atau saudara yang masih bocil-bocil 🙂

Opening Hours : Senin – Jumat 13.00 – 21.00/ Weekend 09.30 – 18.00

Tiket : 12.000 – 20.000

7. FANTASTIK AQUARIUM JATIM PARK 2

via jtp.id

Kawasan Jatim Park 2 di Malang juga menyediakan fasilitas Fantastik Aquarium agar pengunjung semakin betah berlama-lama disana. Saat berkunjung kesini, kamu bakalan merasakan sensasi wisata bawah laut. So, bisa banget kamu ngambil gambar disini karena pemandangannya Instagenic banget!

Selain menyuguhkan aneka jenis ikan dan terumbu karang, Fantastik Aquarium juga menyediakan fasilitas 3D Aquarium. Jadi, kamu bakalan ngerasain sensasi berenang di bawah laut dan bertemu dengan hewan-hewan akuati. Biar nggak penasaran, langsung aja atuh dateng kesanaaaa!

Opening hours: Setiap hari, 08.30-16.30

Tiket: Rp 110.000 untuk weekday dan Rp. 120.000 untuk weekend.

8. WISATA AQUARIUM KEBUN BINATANG SURABAYA

Aquarium KBS Surabaya juga menjadi pilihan tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Aquarium ini berada di dalam Kebun Binatang Surabaya. Kamu bisa menjumpai beragam jenis ikan. Jika semula hanya ada 419 ikan, saat ini aqurium tersebut sudah menampung 614 jenis ikan. Kamu nggak bakalan susah nyari informasi tentang ikan-ikan tersebut karena di setiap akuarium ditempelkan papan edukatif mengenai informasi hewan air tersebut. Usai puas berjelajah di sekitar aquarium, kamu bisa langsung melipir ke spot hewan-hewan lainnya.

Opening hours: Setiap hari, 08.00-15.30

Tiket: Rp 10.000

Itulah delapan wisata aquarium di Indonesia yang cocok untuk destinasi liburan kamu bareng keluarga. Dengan mengenal aneka satwa air, pengetahuan kamu tentu saja nggak bakalan sebatas ikan asin atau ikan mas yang sering jadi santapan sehari-hari. Jadi, mau pergi kemana dulu?

Berikan komentarmu