Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

8 Tipe Pengutang yang Ngeselin Saat Ditagih, Kamu Termasuk?

Spread the love

Banyak cara untuk berbuat baik, salah satunya adalah dengan meminjamkan uang. Hati bagaikan ibu peri saat melihat seseorang memelas di hadapan kita. Belum lagi dengan janji-janji manisnya yang membuat kita begitu percaya. Namun, kita bisa mendadak jadi kesal sendiri akibat si orang tersebut susah banget pas ditagih utang. Sebenarnya, siapa saja bisa memaklumi jika si dia tidak bisa bayar utang karena kondisinya yang masih belum memungkinkan buat bayar. Namun, perasaan jengkel akan timbul kalau si dia ‘sengaja’ nggak mau bayar utang, padahal Instastorynya lagi jajan di S*shi Tei. Tipe pengutang kayak gitu emang nyebelin. Bahkan admin sendiri suka berdoa biar dikasih jiwa preman biar nagih utang lancar jaya. Setidaknya, ada delapan tipe pengutang yang ngeselin banget yang pernah mimin temui. Simak, kuy!

1. Pura-pura Nggak Punya Duit

via releasethemind.wordpress.com

Sebenarnya, nagih utang itu nggak enak, lho. Tapi ya gimana lagi, kita juga butuh duit apalagi kalau nominal yang dipinjamnya itu lumayan fantastis. Btw, kita harus udah siap-siap dengan respon si pengutang itu. saat ditagih, biasanya orang tersebut langsung alibi nggak punya duit. Kita ya percaya aja mungkin memang keadaannya benar seperti itu.

Beberapa hari kemudian, kamu lihat dia malah update story di medsos lagi makan enak bareng temen-temennya. Nggak ketinggalan juga pamer update belanjaan branded yang bikin dia terlihat classy. Saat itupula kamu bakalan gedeg banget. Padahal, kamu udah ngarep banget dia bayar pas udah punya duit. Mau negor sungkan, nggak negor malah bikin naik darah. Jadi, sebenernya dia itu punya duit nggak sih? Atau itu cuman pinjem belanjaan punya temennya doang? Biar pasti, kamu harus langsung hubungi dia lagi biar kelakukannya yang meresahkan ini bikin hati kamu tenang.

2. Lebih Galak daripada yang Nagih

Photo by Moose Photos from Pexels

Nggak cuman menunggu, menagih utang berkali-kali juga termasuk hal yang membosankan. Sekali dua kali ditagih si dia masih biasa aja. Setelah kesekian kalinya, dia baru memunculkan sifat garangnya. “YAUDAH NANTI JUGA GW BAYAR, KOK. NGGAK USAH KAYAK ORANG SUSAH, KAN LO BANYAK DUIT!!”, begitulah kira-kira kalau yang ngutang jadi lebih galak dari yang ngutangin. Padahal kita sudah menggunakan tata bahasa yang lembut nan sopan, tapi jawabannya malah air susu dibalas dengan air tuba. Kalau gini caranya, kamu bisa kasih screenshotan ayat atau hadits tentang utang. Kalau perlu sekalian sama adzabnya.

3. Tipe Pengutang Mendadak Amnesia

via zonaseru.id

Amnesia adalah suatu gangguan yang cukup mengerikan. Namun, orang-orang yang ditagih utang malah demen sama penyakit yang satu ini. Pas ditagih, dia malah mengernyitkan dahi sambil bilang,”Eh, utang apa ya? emang pernah aku ngutang sama kamu? Btw, kamu siapa?”

Untuk menghindari tipe manusia ngeselin kayak gini, ada baiknya kamu mengabadikan momen saat ngutang. Kalau dia ngutang via whatsApp, ya tinggal di screenshot. Kalau ngutang secara tatap muka, kamu bisa rekam pakai hp atau gimana lah caranya. Yang penting ada buktiiiiiiiii!

4. Susah Banget Dihubungi

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Kita udah ngerasa kayak polisi atau detektif saat ngejar-ngejar si pengutang. Mereka udah kayak buronan sehingga keberadaannya benar-benar tidak diketahui. Di WhatsApp ceklis satu, ditelfon nggak diangkat, mau teror emaknya nggak enak, hm…pokoknya jadi ribet! Untuk melacak keberadaan si kampret ini, pastikan kamu tau siapa saja teman-teman dekatnya. Kemungkinan besar, ada salah satu diantara mereka yang berkhianat yang ngasih tau keberadaan si pengutang ini *huahhahahaha.

5. Tipe Pengutang Membuat Janji Lagi

via pexels.com

Terlalu banyak menelan janji manis tidak baik untuk kesehatan tubuh dan mental. Saat ditagih, si kampret ini matanya langsung berkaca-kaca dan mengeluarkan jurus janji-janji lainnya yang udah nggak keitung. Kalau misalnya belum bisa bayar, sebenarnya si kampret ini tinggal ngomong aja karena kita juga pasti bisa memaklumi. Namun, kalau udah janji-janji terus, rasanya kita udah kek mau nyerah aja gitu. Btw, enaknya yang kayak gini diapain, ya?

6. Tipe Pengutang Sok Sibuk

via pexels.com

Tipe pengutang lainnya adalah manusia yang sok sibuk. Saat ditagih, dia rencananya emang mau bayar dalam waktu sekian menit lagi. Namun, setelah berjam-jam ditunggu, tidak ada nominal yang masuk ke rekening kita. Alasannya adalah karena dia sibuk ini itu, entah itu karena pekerjaannya dan sebagainya. Namun, dia biasanya menggunakan alibi ‘sibuk’ ini berkali-kali. Emangnya nggak bisa gitu ya buka mobil banking lima menit aja atau lari nyari ATM terdekat. Btw, sibuk kerja atau sibuk cari alasan aja ya? Hmm…

7. Pura-pura Udah Bayar

Photo by Vera Arsic from Pexels

Kita bakalan kaget kalau si dia pura-pura udah bayar utang. Padahal jelas-jelas kita inget banget kapan ia pinjam uang dan sama sekali belum mengembalikan pinjaman tersebut. Biar dia nggak alibi terus, kasih beberapa bukti mulai dari chat, mutasi rekening, dan kalau bisa tanya pada saksi (kalau ada). Kalau dia tetap bersikukuh udah bayar, ajak aja dia ngopi. Obrolin hal ini pelan-pelan sampai dia dapet hidayah. Aamiin!

8. Blokir Nomor WhatsApp dan Media Sosial

via Reuters/Dado Ruvic

Hal yang paling sering terjadi adalah memblokir WhatsApp dan media sosial. Tipe orang yang kayak gini emang bener-bener lari dari tanggung jawab. Bisa jadi emang dia nggak mau bayar utang atau pusing gara-gara kita tagih terus. Solusinya adalah dengan bikin fake account. Pantau terus aktivitas di medsos dan jangan kasih kendor! Kalau emang niat, kamu bisa samperin dia pas update story lagi di suatu tempat. Atau kamu bisa langsung kirim pesan untuk mengingatkan si dia terkait kewajiban membayar utangnya. Kalau diblok lagi? Hubungi keluarga terdekatnya. Gimana lagi 🙁

Itulah delapan tipe pengutang yang bikin naik darah. Btw, kamu pernah ketemu sama tipe yang nomor berapa?

 

Berikan komentarmu