via pexels.com

8 Penyebab Berat Badan Susah Turun Meski Sudah Olahraga

Spread the love

Tampil ‘good looking’ dinilai bisa meningkatkan kepercayaan diri. Emang bener, tapi good looking nggak sebatas cuma punya wajah yang sedap dipandang. Misalnya, dari cara berpakaian yang rapi, riasan yang cantik, dan juga bentuk tubuh yang ideal. Kurang lebih seperti itulah standarnya. Ngomongin masalah good looking dan bentuk tubuh yang ideal tentu saja ada hubungannya. Bentuk tubuh yang mulai melebar biasanya menjadikan seseorang jadi nggak percaya diri di depan umum, akhirnya orang itu jadi merasa nggak enak dipandang. Buat beli baju aja masih harus ngubek-ngubek mall biar dapet ukuran yang pas. So, kebanyakan orang mulai berolahraga untuk mendapatkan bentuk tubuh impiannya. Namun, ternyata usaha tersebut nggak juga membuahkan hasil. Salah dimananya, ya? Biar kamu nggak penasaran, simak dulu penyebab berat badan susah turun di bawah ini.

1. Doyan Ngemil

Long Blonde Haired Woman Eating Ice Cream
via pexels.com

Ngemil emang aktivitas paling cozy untuk lidah dan perut. Mulut nggak bakalan berhenti ngunyah, apalagi saat menyantap makanan yang viral di TikTok. Ngemil sebenarnya sah-sah saja, khususnya buat kita yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Salahnya hanya ada pada camilan yang kita makan. Pastikan kamu nggak makan burger, pizza, kentang goreng, dan sejenisnya yang kaya dengan garam dan karbohidratnya yang tinggi. Kamu juga nggak disarankan untuk ngemil yang manis-manis karena kandungan gulanya yang ampun-ampunan. So, kalau ngerasa laper terus, ngemil aja makanan yang kaya akan serat seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan masih banyak lagi.

2. Pola Makan yang Salah

Woman in Brown Classic Trench Coat Eating Mcdo Fries during Daytime
via pexels.com

Lagi diet sebenarnya bukan berarti kamu tidak mengonsumsi makanan berkalori. Hanya saja, asupannya dibatasi sehingga sesuai dengan kebutuhan tubuh kamu. Selain itu, jangan lupan juga untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang, yaitu yang ada kandungan karbohidrat, vitamin, lemak, protein,dan mineral. Misalnya, dalam satu piring, kita cukup menambahkan buah-buahan, sayuran, protein, dan karboihidrat.

3. Penyebab Berat Badan Susah Turun: Kurang Konsumsi Serat

Fruit Salads in Plate
via pexels.com

Kurang mengonsumsi serat nggak hanya bikin pencernaan jadi nggak lancar. Kalau kamu jarang banget mendapatkan asupan serat, berat badan otomatis bakalan susah turun meski sudah berolahraga. Padahal, mengonsumsi serat bisa membuat kamu kenyang lebih lama, lho. Jadi, kamu bisa lebih membatasi makanan-makanan yang nggak diperlukan selama diet. Contohnya, kamu bisa lebih sering makan apel, pepaya, pisang, kangkung, wortel, brokoli, dan maish banyak lagi. Meski rasanya cenderung kurang mantap dibandingkan dengan fast food, percayalahhh… Makanan tinggi serat itu lebih menyehatkan dan bisa bikin kamu good looking! Hhmmm…

4. Olahraga dengan Metode yang Tidak Tepat

Confident woman with towel running in park
via pexels.com

Ada yang sering berolahraga, tapi berat badan nggak turun juga? Apakah itu kamu? Hmmm.. bisa jadi disebabkan oleh metode olahraga yang dilakukan tidak tepat. Semakin panjang durasi olahraga yang dilakukan, semakin banyak juga kalori di tubuh kamu yang dikeluarkan. Namun, itu nggak bakalan efektif kalau misalnya kamu cuman olahraga selama satu satu minggu penuh saja. yang lebih pas adalah jika kamu olahraga secara rutin satu minggu dua kali masing-masing selama 30 menit. Dan itu dilakukan secara terus menerus alias disiplin. Jamin, deh, berat badan kamu perlahan bakalan menyusut. Olahraga yang bisa dilakukan beragam. Mulai dari jogging, bersepeda, senam, lompat tali, danmasih banyak lagi.

5. Malas Gerak

Young lady in casual wear lying in comfortable hammock leaned on hands near window and radiator in apartment in afternoon
via pexels.com

Mager alias malas gerak emang kenikmatan duniawi yang nggak bisa tergantikan oleh apapun. Rebahan di atas kasur rasanya mantep banget apalagi sambil streaming drama korea. Namun, aktivitas yang satu ini lumayan berbahaya, lho. Selain bisa melalaikan kamu dengan rencana masa depan, mager juga nggak bakalan bisa turunin berat badan. Bayangkan saja, kalori di dalam tubuh kamu sudah meronta-ronta untuk dikeluarkan. Karena jika tidak, mereka bakalan bertransformasi menjadi lemak dan bersarang di beberapa bagian tubuh kamu.

Oleh karena itu, mulailah menggerakan tubuh demi tubuh yang lebih sehat dan bentuk yang lebih ideal. Banyak aktivitas sederhana yang bisa kamu lakukan. Misalnya, menyiram tanaman, memandikan kucing, mencuci baju, beres-beres kamar, dan masih banyak lagi.

6. Penyebab Berat Badan Susah Turun: Stres

Tired man looking in mirror in bathroom
via pexels.com

Stres karena berat badan nggak turun-turun bisa bikin berat badan kamu nggak turun-turun, lho. Eh, gimana sih ni maksudnya? Iya, jadi pikiran yang stres bakalan menghambat proses diet kamu. Saat stres, si hormon kortisol dan hormon lapar ini bakalan ngambek dan bertingkah agresif. Jadinya, kamu bakalan ngerasa sering lapar dan bm banget makanan-makanan yang tinggi kalor. So, enjoy aja, ya. Nggak usah overthinking. Sini puk-puk :’)

7. Penyebab Berat Badan Susah Turun: Sering Begadang

Woman Sitting Beside Table
via pexels.com

Kerjaan yang padat atau kegabutan emang bisa bikin kita begadang. Bedanya, kalau kerjaan sedikit banyaknya mendatangkan manfaat, sedangkan kegabutan hanya mendatangkan masa depan yang suram  ketidak-produktif-an. Untuk persamaannya sendiri, begadang dengan alasan apapun bisa menyebabkan tubuh kurang fit sekaligus gangguan hormon pada tubuh. Akibatnya, kamu malah jadi sering merasa lapar dan gagal diet. So, ucapkan selamat pada berat badan yang semakin bertambah!

8. Konsumsi Obat Tertentu

Person Holding Blister Pack
via pexels.com

Terakhir, berat badan yang susah turun bosa diakibartkan oleh konsumsi obat-obatan tertentu. Misalnya, orang yang mengonsumsi obat antidepresan akan membuat berat badannya tambah naik. Untuk itu, kamu yang sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu disarankan untuk berkonsultasi dulu ke dokter agar pola dietnya lebih tepat.

Itulah delapan penyebab berat badan susah turun meski kamu sudah mati-matian olahraga. Imbangi olahraga dengan asupan gizi yang seimbang dan pola hidup yang sehat. Intinya, kalori yang keluar harus lebih banyak dibandingkan dengan kalori yang masuk melalui makanan yang dikonsumsi.

Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan body goals dan menyandang gelar good lookingBtw, ini hanya berlaku bagi kamu yang punya standar good looking dengan tubuh yang ideal, ya. Pasalnya, nggak sedikit juga orang yang pd pd aja dengan berat badannya yang terkesan gemuk. Jadi, good looking itu kita yang ciptakan, nggak perlu ikut standar orang. Modal aura pede ajaa 🙂

Intinya, selamat menjalankan pola hidup sehat aja dehhh!!

 

 

 

Berikan komentarmu