8 Fakta Squid Game, Film Viral Netflix yang Bikin Speechless

Spread the love

Jiwa kepo kita biasanya langsung meledak-meledak saat ada sesuatu hal yang viral. Katakan saja film Squid Game asal Negeri Ginseng. Film yang tayang di Netflix ini baru-baru ini mendadak populer, tentu saja berkat plotnya yang berhasil bikin jiwa penontonnya terguncang. Inti dari film ini menceritakan tentang ratusan peserta dari berbagai latar belakang yang memperebutkan hadiah sebanyak 45,6 miliar KRW. Syaratnya adalah wajib berpartisipasi dalam permainan tradisional anak-anak khas Korea yang malah berujung mematikan. Kalau kamu udah nonton film ini, setuju kan kalau Squid Game ini film serial yang epic banget? Untuk itu, sekarang langsung aja simak delapan fakta Squid Game berikut ini.

1. Fakta Squid Game: Terinspirasi dari permainan anak di Korea Selatan

Hwang  Dong-hyuk. penulis sekaligus sutradara drama serial ini, menyatakan bahwa film ini digarap usai terinspirasi permainan anak-anak di Korea Selatan, Squid Game. Menurutnya, permainan yang satu ini cukup populer di kalangan anak-anak dan lumayan menguras tenaga.

“Squid Game adaah permainan tradisional anak-anak Korea Selatan yang lumayang menguras tenaga dan saya waktu kecil dulu juga suka dengan permainan ini. Squid Game ini menurut saya bisa jadi simbolis untuk menggambarkan kondisi masyarakat di zaman sekarang,” tuturnya saat konferensi pers yang digelar Netflix pada Rabu (15/9/21) lalu.

2. Fakta Squid Game: Naskahnya Sudah ditulis sejak 2009

Hwang Dong-hyuk juga menjelaskan kalau filmini naskahnya sudah digarap sejak tahun 2009. Namun, investro menolak naskah tersebut karena jalan ceritanya dianggap sadis, rumit, dan terlalu kompleks. Namun, pada akhirnya Squid Game kini menjadi salah satu tayangan yang populer. Adegan-adegan brutal di dalamnya memang membuat penonton bergidik, namun film ini juga berhasil membuat penonton ngeuh dengan gambaran yang disampaikan dalam film tersebut, yang tak lain adalah kondisi masyarakat yang kompetitif dalam mengarungi hidup.

3. The Masked Man

Kamu pasti penasaran kan kenapa para pekerja di film Squid Game ini menggunakan topeng dan menggunakan warna baju merah muda. Faktanya, mereka sengaja dibuat seperti itu agar identitasnya tidak dikenali dan bisa lebih mudah dibedakan dengan peserta. Yang lebih menarik adalah simbol yang terdapat pada topeng tersebut. Ada yang menggunakan simbol lingkaran, segitiga, dan kotak. Simbol lingkaran khusus diberikan pada pekerja, simbol segitiga adalah tentara dan simbol kotak adalah manajer alias yang punya jabatan paling tinggi.

4. Serial Multi-genre

Fakta menarik Squid Game lainnya adalah film tersebut rupanya termasuk multi-genre. Hwang Dong-hyuk menyatakan bahwa film yang digarapnya mengandung elemen thriller dan horror.Bahkan, ia juga menyematkan dark comedy, sehingga filmini bisa menjadi lebih hidup dan menarik.

“‘Squid Game ini ada unsur thriller, horror, drama yang dinamis, penuh gaya, dan edgy. Drama ini semakin berkesan dengan adanya selipan dark comedy,” jelas Luca Ippoliti, salah satu pengguna Netflix yang menikmati Squid Game.

5. Fakta squid Game: 456 Peserta yang Betul-betul Hadir

Dalam film tersebut, sebanyak 456 peserta berpartisipasi dalam permainan yang berujung tragis tersebut. Faktanya, jumlah peserta tersebut benar-benar hadir di lokasi syuting, tanpa ada pengurangan jumlah. Dalam cerita tersebut, sebanyak 456 tersebut memiliki latar belakang yang berbeda-beda, dengan tekanan hidup yang nyaris serupa, yaitu terjerat masalah finansial. Dari satu permainan ke permainan lainnya, satu per satu mulai tumbang, dan hanya akan ada satu pemenang yang bisa membawa pulang hadiahnya.

6. Karakter Tokoh yang Menarik

Salah satu hal yang membuat film Squid Game ini seru adalah tokoh-tokoh. Bagi yang udah nonton, pasti tahu, dong. Ada Seong Gi-hun (Lee Jung-jae), sosok duda yang tinggal bersama sang ibu dan terlilit utang akibat bisninsnya gagal. Ada juga Sang-woo (Park Hae-soo), teman masa kecil Gi-hun yang sempat kuliah di Universitas populer dan bekerja di sebuah perusahaan investasi, namun kini terjerat utang akibat ketamakannya. Selain, itu, ada juga Hwang Jun-ho (Donald Jang), Oh-Il-nam (Hideo Kimura), Kang Sae-byeok (Jung Ho-yeon), dan masih banyak lagi. Masing-masing punya karakter yang berbeda yang berhasil membuat penonton gemas selama menonton serial ini.

7. Boneka ‘Seram’ yang Ternyata Properti Pinjaman

Boneka dalam permainan Squid Game juga mendadak viral. Faktanya, boneka tersebut ternyata properti yang dipinjam oleh kuru dari sebuah desa di Korea Selatan. Untuk itu, masyarakat di sana bisa melihat langsung boneka tersebut. Boneka yang dalam film bisa mendeteksi pergerakan itu sebenarnya milik desa kereta kuda di Kabupaten Jincheon di Chungcheongbok-do, Korea Selatan. Boneka tersebut kini sudah dikembalikan dan bertengger di dekat pinti masuk. Jadi, sebelum Squid Game ini ditayangkan, boneka tersebut sudah lebih dulu eksis!

8. Fakta Squid Game: Memecahkan Rekor Netflix

Drama survival yang satu ini berhasil memecahkan rekor sebagai drama Korea terpopuler di Netflix. Saking viralnya, popularitas tersebut juga sukses menggeser Sweet Home dan Money Heist. Dalam lima hari tayang saja, drama ini sukses bertengger di posisi pertama Netflix AS dalam 5 hari tayang saja. Film serial drama survival ini juga sangat populer di Indonesia. Drama yang dikemas ke dalam sembilan episode ini juga berada di posisi pertama di Netflix Indonesia. Peringkat di bawahnya ada Hometown Cha-Cha-Cha dan Sex Education.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Sinopsis Squid Game

Kamu yang belum nonton film serial drma Squid Game, bolehlah intip dulu sinopsisnya di bawah ini.

Sebanyak 456 orang mendapatkan undangan untuk mengikuti permainan setelah sebelumnya memenangkan game Dak Ji dengan sosok misterius. Menariknya, 456 orang yang terpilih tersebut memiliki inti masalah serupa, yaitu tersandung masalah besar terkait finansial. Ada Ki Hoon (Lee Jung Jae) yang terlilit utang, Sae Byeok (Jung Ho Yeon) pencopet yang dilanda masalah keuangan, Deok Su (Heo Sung Tae) seorang gangster, Sang-woo (Park Hae-soo) yang bermasalah dengan perusahaannya, dan masih banyak lagi.

Seluruh peserta akan memperebutkan hadiah sebesar 45,6 miliar won dengan mengikuti permainan tradisional anak-anak di Korea. Terdengar sepele, namun permainan tersebut rupanya berujung mengerikan. Satu per satu peserta berguguran usai melakukan kesalahan di setiap sesi permainan.

Kamu berani ikutan game ini?

Berikan komentarmu