8 Fakta Alas Purwo, Hutan Cantik Berselimut Nuansa Angker

Spread the love

Apa saja objek wisata yang kamu tahu di ujung timur Pulau Jawa? Apakah hanya sekedar Kawah Ijen, Pulau Tabuhan, atau Green Bay? Di Banyuwangi, sebenarnya masih banyak objek wisata yang bisa kamu telusuri selain tiga tempat di atas. Salah satunya adalah kawasan Alas Purwo. Tempat yang satu ini konon menjadi objek wisata yang nggak kalah cantiknya. Potensi alamnya berhasil dimanfaatkan menjadi destinasi wisata yang jarang sekali sepi dari pengunjung. Meski begitu, Alas Purwo ini disebut-sebut angker dan menyimpan kisah-kisah mistis. Apa karena hutannya yang lebat? Apapun itu, sebaiknya simak aja dulu fakta Alas Purwo di bawah ini.

1. Hutan Tertua di Pulau Jawa

Alas Purwo merupakan salah satu hutan tertua di Pulau Jawa. Namaya sendiri diambil dari bahasa Jawa. “Alas” berarti hutan, dan “Purwo” berarti permulaan. Jadi, pemberian nama tersebut sesuai dengan usia hutan tersebut yang sudah lama eksis di Pulau Jawa. Konon, masyarakta setempat percaya bahwa hutan tersebut ada penunggunya. Nggak sedikit yang pernah melihat penampakan makhluk-makhluk halus di sekitar hutan tersebut. Ya, maklum saja. Hutannya saja sudah lama eksis.

2. Fakta Alas Purwo: Punya Puluhan Gua

Fakta menarik lainnya terkait Alas Purwo jadalah memiliki sebanyak 40 gua. Masing-masing gua tersebut katanya ada penunggunya yang katanya sudah bersemayam disana selama ratusan tahun. Untuk itu, nggak heram kalau gua di Alas Purwo in juga terkenal dengan keangkerannya. Bahkan, gua-gua tersebut juga sering digunakan sebagai tempat bersemedi orang-orang yang meminta kekuatan ghaib. Salah satunya yang paling terkenal adalah gua Istana.

3. Tempat Belajar Ilmu Gaib

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Alas Purwo ini selalu dijadikan tempat untuk bersemedi atau belajar ilmu gaib. Ini bisa dibuktikan lewat gua-guanya yang selalu kedapatan meninggalkan jejak-jejak manusia. Ilmu yang dipelajari masih tanda tanya. Namun, orang yang belajar ilmu gaib di Alas Purwo ini konon akan menjelma menjadi sosok yang luar biasa saktinya.

Selain digunakan untuk memperdalam ilmu gaib, Alas Purwo juga sering dijadikan tempat untuk meminta keberkahan dan kekayaan atau pesugihan kepada penunggu yang ada di gua atau hutan tersebut. Tempat yang satu ini sangat ramai dikunjungi khususnya pada malam satu suro. Kamu bisa melihat puluhan atau ratusan orang yang bersemedi di  sana. Apalagi kalau bukan untuk mencari wangsit atau ilmu hitam.

4. Fakta Alas Purwo: Spot Favorit Bung Karno

Alas Purwo juga menjadi spot favorit Presiden pertama RI, Bung Karno. Sang Proklamator diceritakan sering berkunjung ke kawasan Alas Purwo ini.  Tujuannya adalah untuk bersemedi memikirkan bangsa. Tidak hanya itu, Bung Karno juga idsebut-sebut melakukan ritual tersebut untuk bisa berkomunikasi dengan sang penguasa Pantai Selatan alias Nyi Roro Kidul. Alasannya katanya untuk mendapatkan kejayaan. Namun, perihal berkomunikasi dengan sosok Ratu Pantai Selatan ini masih simpang siur karena beliau sendiri tidak pernah mengatakannya secara langsung.

5. Sering Terjadi Hal-hal Mistis

Hutan Alas Purwo sudah tidak asing dengan keangkerannya. Masyraklat seringkali menjadi saksi akan kejadian-kejadian mistis yang terjadi disana. Salah satunya adalah kejadian orang-orang yang menghilang secara misterius. Mereka dipercaya tidak bisa keluar dari hutan tersebut, yang pada akhirnya harus menetap disana selamanya. Selain itu, tempat ini jga dicap angker karena dipercaya sebagai tempat kerajaan jin terbesar. Menurut orang “pintar”, kerajaan gaib yang berdiri di atas Alas Purwo ini begitu megah dan ramai oleh penghuninya. Kamu punya indera keenam? Coba deh kesini…

6. Fakta Alas Purwo:  Taman Nasional

Alas Purwo rupanya disulap menjadi Taman cagar alam berupa hutan, atau yang sering disebut Taman Nasional. Taman yang terhampar luas ini menampung beragam jenis flora dan fauna di Indonesia. Luasnya yaitu sekitar 43.420 hektare dan dikelompokan menjadi beberapa zona bagian. Bahkan, kamu juga bisa menikmati pesona alam liar yang mirip seperti di Afrika.

Spot tersebut adalah Savana Sadengan. Padang rumput ini menjadi salah satu yang selalu ramai oleh pengunjung. Kamu bisa menyaksikan langsung hewan liar di habitat aslinya. Bahkan, kamu jug abisa menikmati pemandangan hewan-hewan liar dari ketinggian, tepatnya di sekitar Sadengan menyediakan menara pandang berlantai tiga. Untuk bisa masuk ke Taman Nasional ini, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp 15ribu saja per orang.

7. Dikelilingi Objek Wisata Cantik

Meski terkenal dengan keangkerannya, Alas Purwo ini menyuguhkan pemandangan yang cantik serta objek wisata di sekitarnya yang memanjakan wisatwan. Ada Padang Savana yang luas, pantai Plengkung, Pantai Pancur, Pantai Trianggulasi, Pantai ngagelan, Pantai Cungur, Kawasan Hutan Mangrove Bedul, dan Pura Luhur Giri Salaka. Jadi, pastikan Alas Purwo ini masuk ke dalam daftar destinasi wisata kamu. Pas banget buat rekreasi bareng keluarga, atau sekedar untuk menjernihkan pikiran. Btw, Taman Nasional ini juga sekaligus menjadi mata pencharian masyarakat disekitar tempat wisata ini untuk menyambung hidup. Jadi, kamu nggak bakalan susah untuk mencari makanan atau oleh-oleh disini.

8. Terdapat Makam 7 Meter

Makam Mbah Dowo

Fakat menarik selanjutnya yang ada di Alas Purwo ini adalah adanya makam sepanjang tujuh meter. Ini tentu saja sangat unik karena panjangnya melebihi tinggi manusia pada umumnya. Makam tersebut disebut-sebut sebagai tempat peristirahatan terakhir Eyang Suryo Bujo Negoro alias Mbah Dowo, seorang misionaris agama Islam sebelum masa Wali Songo. Namun, tempat ini juga seringkali dijadikan sebagai lokasi pesugihan. Pengunjung biasanya datang ke tempat in hanya untuk mengambil air sumur di dekat makam. Mereka percaya bahwa air tersebut mujarab untuk pengobatan.

Baca juga artikel menarik lainnya:

 

Berikan komentarmu