via blog.traveloka.com

7 Rumah Angker di Jakarta yang Terkenal Jadi Sarang Hantu

Spread the love

Rumah tidak lagi memberikan kesan nyaman jika beragam hal ganjil mulai terjadi. Bukan ada orang gila yang tiba-tiba masuk rumah, tapi ada hal-hal terjadi yang nggak bisa ditalar. Misalnya, piring yang tiba-tiba berubah posisi dari bawah ke atas. Atau kompor yang tiba-tiba menyala padahal gas habis. Ditambah dengan suara-suara mencekam yag asalnya nggak tau darimana. Alhasil, rumah malah menyandang gelar angker. Di Jakarta sendiri nggak sedikit rumah yang dianggap horor. Setidaknya, ada delapan rumah angker di Jakarta yang sudah terkenal dengan ceritanya yang menyeramkan, yaitu sebagai berikut.

1. Rumah Angker di Jakarta: Pondok Indah

via blog.traveloka.com

Pemukiman elit di Jakarta salah satunya bisa kamu temukan di kawasan Pondok Indah. Rumah-rumah ‘gedongan’ berjejer begitu mewah yang tentu saja penghuninya bukan ‘orang biasa’. Namun di antara semua rumah-rumah tersebut, terselip satu rumah kosong yang besar tapi tidak terurus. Bangunan tersebut memancing perhatian masyarakat setempat karena penampakannya begitu menyeramkan. Orang-orang mulai menyebutnya Rumah Pondok Indah.

Rumah ini mulai dikenal angke pada tahun 2000-an. Saat itu, beredar kabar mengejutkan dari seorang tukang nasi goreng. Konon, ia mendapatkan pesanan nasi goreng dari rumah tersebut. Namun, tukang nasi goreng itu dikabarkan menghilang setelah mengantarkan pesanannnya. Sejak saat itulah rumah ini dicap angker oleh masyarakat setempat.

Selain itu, sebagian warga juga mengaku sempat melihat penampakan disana. Katanya, ada kuntilanank yang sering nagkring disana. Akibatnya, Rumah Pondok Indah ini sering dijadikan lokasi uji nyali untuk membuktikan apakah benar rumah ini jadi sarang hantu atau nggak.

Saking seramnya kisah ini, Rumah Pondok Indah sempat diangkat menjadi film, mulai dari Rumah Pondok Indah (2006) hingga Rumah Angker Pondok Indah (2013). Namun, rumah tersebut sudah dirobihkan pada tahun 2008 dan saat ini kondisinya hanya berupa tanah kosong. Btw, kamu pernah lewat rumah ini?

2. Rumah Kentang Prapanca

Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan

Rumah angker selanjutnya terletak di Jakarta Selatan, tepatnya di Jalan Dharmawangsa 9. Bangunan yang terkenal mistis ini dinamai Rumah Kentang. Masyarakat percaya bahwa tempat bangunan tersebut memang ada penunggunya setelah terjadi tragedi yang mengerikan. Zaman dulu, konon ada seorang anak kecil yang meninggal akibat jatuh ke dalam kuali saat ibunya merebus kentang. Akibat cerita tersebut, rumah ini jadi begitu mencekam. Banyak yang mengaku pernah mencium aroma kentang saat melewati rumah tersebut.

Selain itu, Rumah Kentang ini semakin terkesan mengerikan saat segelintir orang sering mendengar suara tangisan dan teriakan di rumah tersebut. Itu biasanya terjadi di malam hari, sehingga suasananya dipastikan lebih mencekam. Padahal, rumah kentang sendiri nggak keliatan seram kalau dilihat dari luar. Bahkan, rumah ini juga sempat dijadikan mess karyawan dan kantor.

3. Rumah Cantik Menteng

 

via muklasairpikat.blogspot.com

Jakarta juga masih punya rumah angke lainnya, salah satunya ada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Rumah yang satu ini dulunya sangat cantik dengan desain mencolok yang berbeda dari rumah-rumah di sekitarnya. Namun, saat kepemilikan rumah ini berpindah tangan, rumah ini mulai tidak terawat. Bahkan, rumah ini dirobohkan secar asengaja oleh pemborong yang katanya punya surat izin dari dinas terkait.

Penampakan rumah tersebut kini tidak cantik lagi. Bahkan, orang yang lewat rumah tersebut merasa ngeri karena penampakannya yang seram. Konon, rumah ini jadi sarang hantu. Mau coba uji nyali disini?

4. Rumah Bekas Almh. Susan

via kompas.com

Sayang banget rasanya kalau rumah-rumah yang mewah itu ternyata adalah sarang hantu. Katakan saja rumah megah bekas Almh. Susan yang terletak di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan.  Konon, wanita asal Taiwan itu meninggal dunia usai dibunuh oleh tukang kebun yang merupakan suruhan sang suami, Hermanto, pada 1 Maret 2007.

Untuk menghilangkan jejak, Hermanto membawa jasad istrinya ke Perumahan Tanjung Mas Raya yang jaraknya hanya 500 meter dari lokasi pembunuhan pada pukul 23.00 WIB. Ada saksi yang mengatakan bahwa sosok Susan ini terlihat menampakan diri sesaat setelah dibunuh. Konon, ia menampakan diri pada seorang penjual nasi goreng, yang mana ia tiba-tiba menghilang setelah memesan nasi goreng. Saat itu, penampakan Susan ini mengenakan kerudung berwarnah merah, yang mana setelan pakaiannya sama seperti sebelum ia meninggal. Akibatnya, rumah tersebut jadi terkesan angker.

Selain itu, kengerian juga terjadi di dalam rumah. Penghuni rumah tersebut mengaku sering melihat sosok Susan gentayangan di sekitar rumahnya. Ia berambut panjang dengan gaun berwarna putih. Bahkan, hantu Susan ini pernah kedapatan keluar dari patung buatan si anak penghuni rumah tersebut. Apakah Susan ini masih punya dendam?

5. Rumah Angker di Jakarta: Kemang Timur

ilustrasi via Nugroho Sejati/kumparan

Kisah seram selanjutnya datang dari rumah di kawasan Kemang Timur, Jakarta Selatan. Rumah bercat putih ini begitu megah, yang menandakan bahwa penghuninya adalah keluarga yang berada. Namun, rumah ini menjadi terbengkalai sudah hampir 20 tahun atau sejak tahun 2001. Konon, keluarga tersebut mengalami kecelakaan yang menewaskan semua orang rumah. Bangunan yang tadinya berdiri megah kini terlihat tak terawat dan mencekam.

Karena ditinggalkan begitu saja, perabotan di rumah tersebut ternyata masih ada. Di dalam rumah tersebut, perabotan-perabotan seperti kasur, lemari, meja, kursi, dan sebagainya masih tersimpan namun tidak rapi alias berantakan. Konon, di rumah tersebut sering terlihat penampakan berupa sosok kuntilanak. Ya gimana enggak, 20 tahun ditinggalin 🙁

6. Perumahan Kalideres

via Youtube/PORTAL GOIB

Kali ini, nggak cuman satu rumah doang yang horor, tapi hampir satu komplek! Perumahan Kalideres ini berisi kurang lebih 20 unit rumah yang dihuni oleh keluarga karyawan BUMN. Namun, saat karyawan tersebut pensiun, rumah tersebut mulai dikosongkan. Bahkan satu persatu pensiunan mulai pindah dan akhirnya komplek tersebut sepi.

Hingga pada akhirnya, tidak ada satupun keluarga yang tinggal di kompel tersebut. Komplek ini akhirnya dibiarkan begitu saja sampai akhirnya tidak terurus. Rumah-rumah yang tadinya cantik terawat mulai terlihat kumuh dan menyeramkan. Akhirnya, cerita-cerita mistis pun bermunculan di komplek ini. Ada yang mengaku pernah lihat penampakan, mendengar suara-suara aneh, dan kejadian ganjil lainnya.

7. Rumah Angker di Jakarta: Cipinang

via liputan6.com

Yang terakhir adalah rumah angker yang ada di kawasan Cipinang, Jakarta Timur. Rumah ini sudah lama kosong kurang lebih selama 11 tahun. Penghuni rumah tersebut ditemukan dalam keadaan meninggal di salah satu kamar tersebut. Akhirnya rumah itu terbengkalai dan sampai saat ini masih belum ada yang mendiami lagi. Atapnya mulai rusak, catnya menjadi pudar, bahkan suasana rumahnya menjadi begitu menyeramkan.

Dan sejak kejadian itulah, rumah yang ada di dalam gang ini selalu dihubung-hubungkan dengan kejadian mistis. Warga setempat mengaku sering melihat sosok nenek-nenek, kuntilanak, hingga anak kecil yang sering keluar masuk. Bahkan nggak sedikit warga yang takut saat melewati rumah ini.

Berikan komentarmu