Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

7 Penyebab Jerawat Batu yang Nggak Banyak Disadari

Spread the love

Jerawat adalah masalah kulit yang umum terjadi, baik itu pada laki-laki maupun perempuan. Namun, jika ternyata jerawat batu yang muncul, biasanya kamu bakalan panik apalagi dalam jumlah yang banyak. Jerawat batu atau jerawat kistik bisa muncul karena kulit kita tersumbat akibat penumpukan sel-sel kulit mati. Benjolannya pun cukup besar dan terasa sakit saat disentuh. Jika tidak diatasi dengan baik, jerawat batu ini akan meninggalkan noda hitam di wajah sehingga membuat kamu tidak percaya diri. Sebelum kamu cari tau cara mengatasinya, simak dulu aja penyebab jerawat batu berikut ini.

1. Tidak Membersihkan Make Up dengan Benar

Photo by Kamaji Ogino from Pexels

Salah satu penyebab munculnya jerawat batu adalah make up yang tidak dibersihkan dengan baik. Sisa-sisa riasan yang masih menempel pada wajah bisa menyumbat pori-pori. Akibatnya, jerawat batu bisa lebih mudah muncul dan mengganggu penampilan kamu. Untuk itu, lakukan double cleansing agar sisa-sisa riasan di wajah bisa terangkat lebih maksimal. Gunakan produk cleansing balm atau cleansing oil sebelum menggunakan micellar water.

2. Hormon yang Tidak Seimbang

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Selain pori-pori wajah yang tersumbat, jerawat betu juga bis disebabkan oleh kondisi hormon di dalam tubuh yang tidak seimbang. Salah satunya bisa kamu rasakan saat menjelang menstruasi. Hormon estrogen akan meningkat, sehingga memicu kelenjar minyak aktif. Jadi, nggak heran kalau misalnya jerawat kamu lebih sering muncul saat PMS.

Selain itu, pil KB, masa kehamilan, stres, dan penderita PCOS juga bisa menyebabkan produksi minyak bertambah, sehingga wajah menjadi lebih sering berjerawat.

3. Penyebab Jerawat Batu, Stres Berlebih

Photo by energepic.com from Pexels

Penyebab jerawat batu lainnya adalah stres. Ini seringkali tidak disadari, sehinga pengobatan jerawat pun jadi tidak sesuai. Produksi testosteron akan meningkat, sehingga kulit akan jadi lebih berminyak. Akibatnya, jerawat jadi senang ‘nongkrong’ di kulit wajah kamu. Untuk itu, kurangi stres untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat. Lakukan beragam aktivitas yang menyenangkan. Kamu bisa nonton film, dengerin podcast, makan makanan favorit, jalan-jalan, baca buku, dan masih banyak lagi.

4. Faktor Genetik

Photo by Victoria Borodinova from Pexels

Banyak orang yang sudah berobat ke berbagai klinik kecantikan, tetapi ternyata usaha tersebut tidak membuahkan hasil. Bisa jadi jerawat batu yang kamu alami itu akibat faktor genetik. Perhatikan, apakah ayah, ibu, kakek, atau nenek kamu memiliki masalah kulit yang serupa. Jika iya, kamu bisa mendapatkan perawatan yang tepat dari dokter kulit atau ahli kecantikan.

5. Jarang Makan Sayur dan Buah-buahan

Photo by Wendy Wei from Pexels

Makanan yang dikonsumsi sangat mempengaruhi kesehatan kulit. Untuk itu, mengonsumsi makanan yang tinggi serat seperti buah dan sayuran bisa mencegah wajah kamu jerawatan. Kandungan vitaminnya juga bisa membantu mempercepat regenerasi kulit dan penyembuhan jerawat. Sebaliknya, hindari makanan berminyak dan berlemak tinggi karena bisa menyebabkan wajah kamu mudah jerawatan.

6. Penyebab Jerawat Batu, Sarung Bantal yang Jarang Diganti

Photo by pexels.com

Jerawat batu juga bisa disebabkan oleh sarung bantal yang jarang diganti. Permukaan sarung bantal setidaknya mengandung kuman dan bakteri. Jika menempel pada wajah, jerawat akan lebih sering muncul sehingga mengganggu penampilan. Untuk itu, ada baiknya menyetok sarung bantal lebih sari satu. Saat sarung bantal yang satu sedang dicuci, kamu masih punya sarung bantal lainnya. Ganti sarung bantal minimal satu bulan sekali, ya. Jangan lupa juga bersihkan sarung dan bantalnya setiap satu minggu sekali.

7. Penyebab Jerawat Batu, Gaya Hidup Tidak Sehat

Photo by Caleb Oquendo from Pexels

Penyebab jerawat batu yang terakhir adalah pola hidup tidak sehat. Semahal apapun skincare kamu, tidak akan mempan jika masih terbiasa merokok, begadang, hobi makan junk food, jarang berolahraga, dan masih banyak lagi. Untuk itu, biasakan pola hidup sehat mulai dari sekarang. Selain menyehatkan tubuh dan pikiran, pola hidup sehat juga bisa bikin wajah kamu lebih glowing!

Itulah tujuh penyebab jerawat batu yang jarang disadari. Setelah mengetahui penyebabnya, kamu bisa mengatasi jerawat membandel tersebut dengan tepat. Jika jerawat sudah meradang, ada baiknya langsung berkonsultasi ke dokter kulit atau kecantikan. Jangan gunakan krim abal-abal yang jelas akan memperparah kondisi jerawat batu kamu. Semoga membantu!

 

Berikan komentarmu