via iStock

7 Pengalaman Mudik Terseram yang Bisa Jadi Kamu Alami Juga

Spread the love

Setiap orang pasti punya pengalaman menarik saat mudik. Entah itu seru-seruan bareng sodara di mobil, terjebak macet selama berjam-jam, atau bahkan diganggu sosok ghaib selama di perjalanan. Pengalaman mistis saat mudik bisa dibilang udah jadi hal yang lumrah. Nggak sedikit yang pernah mengalami kejadian-kejadian horor, bahkan sampai yang paling ekstrem sekalipun. Cerita-cerita mistis tersebut bahkan selalu jadi kisah primadona yang kemudian dijadikan ‘dongeng’ dan bisa dinikmati banyak orang, baik itu melalui blog, podcast, maupun YouTube. So, biar kamu nggak scrolling medsos terus, yuk, simak tujuh pengalaman mudik terseram di bawah ini. Siapa tahu kamu juga pernah mengalami hal yang sama, kan?

1. Pengalaman Mudik Terseram: Mudik Naik Sepeda dari Bekasi ke Yogya, Terhenti di Dekat Kuburan

via KRJogja.com/Fatimah Arum

Pengalaman mudik terseram pertama datang dari seorang netozen bernama Sandi Setiawan. Saat itu, ia akan mudik dari Bekasi ke Yogyakarta. Bukannya menggunakan bus atau angkutan umum lainnya, Sandi malah memilih untuk menggunakan sepeda. Namun, ini bukanlah hal yang baru baki remaja tersebut. Kebiasaanini sudah ia lakukan sejak 2015. Selama perjalanan, andi tentu saja punya banyak pengalaman menarik. tak jarang, orang-orang yang berpapasan dengannya selalu memberikan sapaan berupa klakson.

Sandi tentu saja manusia biasa yang juga takut dengan hal-hal mistis. Ia juga bahkan sellau merinding saat melewai jalanan yang gelap. Selain takut hantu, Sandi juga takut dengan begal yang bisa membahayakan harta dan juga nyawanya.

Di suatu malam yang sepi, Sandi harus mengalami hal apes. Sepedanya tiba-tiba los atau lepas rantai. Tidak ada yang bisa dimintai tolong, sandi cuma celingukan. Di sekitarnya hanya ada bunga kamboja putih yang jumlahnya cukup banyak. Konon, bunga kamboja suka dijadikan sebagai alat untuk pemanggil hantu. Sontak ia merinding. Dant ternyata Sandi berhenti tepat di depan kuburan. SIa heran karena sebelumnya tidak pernah terjadi hal seperti ini dan rantainya pun dalamkeadaan baik-baik saja. Karen amerasa seperti diawasi, Sandi buru-buru membetulkan rantainya, dan bergegas melanjutkan perjalanannya.

2. Ruben Onsu Ketemu Kakek-kakek di Bus, Sampe “Diisengin”!

via Kompas.com/Ady Prawira Riandi

Pengalaman mistis lainnya datang dari seorang host kondang, Ruben Onsu. Singkat cerita, Ruben sedang menempuh perjalanan dari Surabaya ke Jakarta menggunakan bus malam. saat berhenti di terminal, ada  sosok kakek tua yang naik ke dalam bus tersebut dan menawarkan aneka buku. SRuben Onsu un tertarik dengan buku yang ditawarkan si kakek. Kebetulan Ruben Onsu saat itu menanyakan buku cerita horor dan ternyat amasih tersisa satu, judulnya “Bus Malam Penasaran”. Bukuny amenceritakan tentang bus yang ditinggali banyak arwah penasaran. Buku tersebut harganya Rp 150 ribu, dan Ruben penasaran mengapa harganya begitu mahal. Tanpa banyak menawar, Ruben pun akhirnya membeli buku tersebut.

Tak lama setelah Ruben menyerahkan uang tersebut, tiba-tiba terdengar suara petir menggelegar. Si kakek langsung turun dari bus secara terburu-buru dan menoleh sebentar ke arah Ruben. “Nak, jangan coba-ciba baca buku tersebut sampai akhir. Apapun yang terjadi, saya nggak mau tanggung jawab,” katanya dengan suara lirih.

Ruben kaget dengan pernyataan kakek tersebut. Alih-alih kepikiran, ia memilih untuk membaca buku tersebut. Menjelang halaman terakhir, Ruben kembali teringat dengan kata-kata si kakek. Ruben mulai keringat dingin dan jantungnya mulai berdegup kencang. Ia takut terjadi apa-apa jika membuka halaman terakhir.  Di luar bis yang melaju kencang. Hujan deras disertai dengan kilat menyambar bergantian. Sesekali terdengar suara guruh menggelegar yang membuat suasana semakin mencekam.

Ruben semakin tidak karuan dan akhirny amemutuskan untuk membuka halaman terakhir. Dengan tangan bergetar, ia begitu terkejut saat menemukan  lembaran kosong dengan sepotong label di bagian pojok kanan atas. Disana tertulis, Bis Malam Penasaran Terbitan CV. Buku Horror Garing Harga Pas: Rp 15.000.

Ini mah horor-horor konyol, sih.

3. Pengalaman Mudik Terseram ke Majalengka: anandaston.com

ilustrasi via Kramat Motor

Pengalaman mudik terseram lainnya adalah cerita saat mudik ke Majalengka. Cerita ini diunggah di website anandastoon.com yang sekaligus merupakan narasumber dari cerita ini. Singkat cerita, Nanda dan keluarganya pergi mudik ke Majalengka lewat Cipeundeuy Subang. Sepanjang jalan tersebut dipenuhi oleh kebun karet dan pepohonan rindang.

Selama di perjalanan, ia menggunakan petunjuk jalan manual alias peta (karena saat itu belum ada Google Maps). Saat itu, ia melihat petunjuk jalan yang bertuliskan jarak Majalengka masih 75 km lagi.

Tiba-tiba, kakak ipar saya bertantya, “Nan, kamu tadi lihat nggak ada anak kecil dibalik pohon-pohon gede itu?”

Nanda menjawab, “Tidak.

“Itu tadi dia aja, jelas banget!”

Meski Nanda benar-benar tidak melihatnya, namun ia percaya apa yang dikatakan kakak iparnya benar. Pasalnya, si kakak tersebut memang bisa melihat sosok-sosok ghaib. Menurutnya, sosok tersebut bertubuh hitam, mirip Tuyul.

Namun, kejadian tersebut tidak dibikin pusing, dan mereka fokus kembali ke jalan. Selama satu jam lebih berkendara dengan kecepatan yang stabil, Nanda ingin tahu jarak menuju Majalengka sisa berapa km lagi. Saat menemukan petunjuk jalan, Nanda membacanya dengan seksama. Ia hampir saja tidak bernapas usai membaca tulisan, “Majalengka … 75 KM”

Ini berarti mereka daritadi muter-muter aja gitu ya disitu? 🙁

4. Warung Gaib Alas Roban

via youtube.com/JERIT MALAM TV

Kisah Warung Ghaib Alas Roban ini terjadi pada tahun 2000-an. Saat itu, Hendra dan keluarganya melakukan perjalanan mudik menuju Jakarta melalui jalan alas roban. Mereka begitu menikmati suasana perjalanan menuju Ibu Kota. Sesekali mereka mengobrol bahkan bercanda hingga tertawa lepas. Sampia pada akhirnya, ibu dan kedua adik Hendra tertidur pulas menjelang larut malam.

Memasuki wilayah Alas Roban, suasana di jalan terlihat sangat sepi. Tidak ada satupun kendaraan yang berpapasan dengan mobil mereka, baik dari jalan searah maupun berlawanan. Tiba-tiba, mobil mereka menabrak sesuatu. Sangat keras. Hendra dan sang ayah langsung memeriksa bagian depan mobil, namun ternyata tidak ada kerusakan sedikit pun. Padahal, tubrukan tadi terasa sangat keras.

Mereka akhirnya mampir ke sebuah warung pecel lele untuk beristirahat. Saat hendak turun dari mobil, Hendra tak sengaja menyenggol pasak penunjuk kilometer yang bertuliskan angka 15.

Singkat cerita, perjalanan menuju Jakarta lancar tanpa hambatan. Setelah beberapa hari disana, akhirnya mereka mmeutuskan untuk pualng kampung saja. Mereka memutuskan berangkat dari pagi agar tidak kemalaman saat mencapai Alas Roban.

Sesampainya di Alas Roban, mereka keroncongan dan memutuskan untuk mencari warung pecel lele yang pernah mereka singgahi. Namun betapa terkejutnya saat mereka menemukan pasak kilometer 15 yang terpajang di pinggir sebuah jurang yang dalam. Sebelumnya, di dekat jurang tersebut ada warung pecel lele yang rasanya sangat enak. Untuk itu, kemungkinan warung pecel lele tersebut adalah warung gaib yang melayang di atas jurang. Jadi, mereka saat itu makan sambil melayang di atas jurang.

5. Pengalaman Mudik Terseram: Bertemu Gundul Pringis

via youtube.com/ Topik Trend

Kisah bertemu sosok gundul pringis sempat diceritakan melalui thread kaskus yang diapaparkan oleh user yang tidak menyebutkan nama aslinya. Singkat cerita, si user ini sedang dalam perjalanan mudik menuju salah salah satu kota di Jawa Tengah. Ia sampai di terminal kampung halamannya pada malam hari sekitar pukul 23.00 WIB.

jarak dari terminal menuju kampung halamannya cukup jauh. Jadi, ia memutusdkan untuk naik beca yang masih berjaga di sekitar terminal. Saat menyebutkan tujuannya, tukang becak itu malah ketakutan. Pasalnya, jalan menuju kampung tersebut dipenuhi oleh pohon-pohon besar yang terlihat sangat menyeramkan saat malam hari. Pada akhirnya, si mas becak ini mau mengantarnya kesana.

Si user ini akhirnya sampai di balai desa yang gelap. Ia memutuskan untuk berjalan kaki berjalan kaki melewati sebuah kebun karet. Saat di perjalanan, ia mendengar seperti ada sesuatu yang jatuh.

“Brug!”

Karena kaget, ia tidak mau menoleh ke arah benda tersebut dan terus melanjutkan langkahnya. Benda yang terjatuh tadi, tiba-tiba  menggelinding dan semakin mendekati si user. Mengerikannya, benda tersebut menggelinding semakin mendekat sambil mengeluarkan suara tawa cekikian. User ini semakin ketakutan dan mempercepat langkah jalannya. Akhirnya, ia tersadar bahwa benda yang mengggelinding itu adalh sosok Gundul Pringis, yaitu hantu kepala menyeramkan yang doyan menjahili manusia.

User ini kemudian berhenti dan melihat sebuah kelapa dengan tiga lubang seperti mata dan mulut. Ia berteriak pada kelapa tersebut agar tidak mengikutinya. Namun, si kelapa itu malah terus cekikian dan berubah menjadi kepala manusia yang mengerikan.

6. Pengalaman Mudik Terseram: Bertemu Sosok Hitam Gimbal

via TRIBUNNEWS

Pengalaman bertemu dengan sosok hitam gimbal ini diceritakan melalui podcast “Do You See What I See?” di Spotify. Diceritakan oleh @sultanrahma280, kisah seram  ini menceritakan saat ia mudik ke kampung halamannya yang ada di antara perbatasan Magelang dan Temanggung.

Sultan sekeluarga mudik menggunakan bus malam. Namun, bus tersebut tidak bisa mengantarkan keluarga tersebut tepat ke tujuan, sehingga mereka terpaksa berjalan kaki karena tidak ada transportasi lain. Sepanjang satu kilometer, Sultan dan kedua orang tuanya harus berjalan melewati hutan jati yang tinggi yang membuat suasana malam semakin mencekam.

Selama di perjalanan itu, mereka mendengar suara,” Tunggu” dengan sedikit menggema. Kaget, ibu Sultan langsung menutup telinga anaknya dengan langkah kaki yang semakin cepat. Anehnya, semakin cepat mereka berjalan, semakin keras juga suara tersebut. Akhirnya, mereka sampai di rumah kakek neneknya Sultan.

Kakek Sultan adalah seorang guru ngaji yang terkenal di desanya. Usai menceritakan kejadian ganjil tersebut, sang kakek langsung membcakan ayat-ayat suci Al-Quran. Tiba-tiba saja, sosok hitam tinggi muncul di samping ayahnya Sultan. Sosok tersebut menggunakan baju hitam dengan rambut yang sangat gimbal. saking gimbalnya, wajahnya sampai tidak terlihat.

Tanpa berpikir panjang, sang kakek Slangsungn membacakan doa-doa, dan seketika hantu itu tiba-tiba menghilang. Ternyata, sosok tersebut sudah mengikuti Sultan dan orang tuanya sejak turun dari bus.

7. Sosok Mengerikan di Jalan Tol – ifnur hikmah

ilustrasi via tangkapan layar Youtube

Cerita mudik seram lainnya datang dari narasumber Ifnur Hikmah. Pada hari Jumat, ia dan teman-temannya melakukan perjalanan malam ke Bandung. menggunakan mobil pribadi. Mereka berangkat dari jam 21.00 waktu setempat, namun perjalanan terhambat akibat macet. Untuk mengisi kegabutan, akhirnya mereka cerita-cerita hantu, salah satunya tentang Nyi Roro Kidul.

Salah satu teman Ifnur memperingatkan temannya itu untuk tidak bercerita soal hal tersebut. Saat itulah mereka tersadar kalau mereka tersesat di jalan tol Cipali. Yang lebih ngerinya, pintu tol kosong tanpa penjaga. Dengan demikian, mereka harus melalui jalan tol yang sepi dan gelap itu sepanjang 20 km agar bisa sampai di pintu tol selanjutnya.

Teman Ifnur yang duduk di jok belakang kaget saat melihat temannya yang menyetir melihat ke kaca spion. Ekspresi yang ditunjukan sangat terlihat ketakutan saat melihat ke kaca spion. Namun, teman Ifnur yang ada di belakang itu tidak berkata apa-apa.

Sesampainya di Cikole, Lembang, si temannya yang nyetir ini baru bilang kalau ada sosok hitam besar menempel di belakang mobil mereka.

Berikan komentarmu