Share this
Share

Share

shares

7 Pekerjaan Sampingan di Masa Pandemi, Kamu Bisa Coba!

14 August 2020  Ajeng

Masa pandemi bisa dibilang sebagai masa yang sangat sulit bagi kita semua. Tidak sedikit orang harus kehilangan sebagian penghasilannya, bahkan mengalami PHK. Dengan tidak ada pemasukan setiap bulannya, orang mulai mencari penghasilan tambahan. Namun, ini juga tidak mudah karena jumlah lowongan pekerjaan lebih sedikit daripada jumlah pencari kerja. Dengan kondisi seperti ini, sebaiknya kamu tidak patah semangat dulu. 7 pekerjaan sampingan di bawah ini bisa jadi referensi untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

1. Jasa Desain Grafis

via pexels.com

Jasa desain grafis sampai saat ini masih dibutuhkan, bahkan bisa dibilang lebih disukai. Kamu yang memiliki bakat dalam hal desain mendesain, bisa banget ngambil pekerjaan sampingan yang satu ini. Beberapa perusahaan kini lebih menyukai bentuk promosi dalam bentuk konten visual. So, nggak ada salahnya untuk menawarkan jasa kamu ke beberapa klien (freelance)  atau melamar sebagai desainer grafis di sebuah perusahaan.

2. 7 Pekerjaan Sampingan Jual Paket Data

via pexels.com

Sejak adanya virus corona, segala aktivitas di luar rumah mulai di rumahkan. Mau tidak mau, masyarakat harus mengandalkan koneksi internet untuk tetap terhubung dengan kolega, guru, klien, dan masih banyak lagi. Selain itu, koneksi internet juga sangat berguna untuk mengirimkan tugas kantor maupun sekolah. Oleh karena itu, coba saja berjualan paket data internet. Di masa pandemi seperti ini, pasti laku, deh!

3. Bisnis Makanan

via pexels.com

Bisnis makanan juga bisa jadi alternatif lain untuk menambah penghasilan di tengah pandemi. Kamu nggak perlu mendirikan cafe atau restoran besar. Cukup membuat aneka camilan atau makanan, dan jual secara online. Promosikan di media sosial biar teman-teman kamu tertarik untuk membeli produknya. Kalau punya modal lebih, boleh juga untuk endorse selebgram agar penjualan menjadi lebih laku.

4. Jual Masker

via pexels.com

Menggunakan masker menjadi hal yang wajib saat ini khususnya masker non-medis. Masker ini hanya boleh digunakan oleh mereka yang dalam keadaan sehat yang ingin keluar rumah untuk aktivitas tertentu. Untuk itu, cobalah untuk menjual masker non-medis. Kamu bisa membelinya di supplier atau membuatnya sendiri. Agar lebih mudah, kamu bisa menjualnya secara online untuk tetap menjaga physical distancing.  Kalau perlu, jualah secara lusinan agar mendapatkan untung lebih banyak dan masker bisa lebih cepat habis terjual.

5. 7 Pekerjaan Sampingan Jadi Penulis Lepas

via pexels.com

Ingin mendapatkan pekerjaan sampingan tanpa harus mengeluarkan modal? Solusinya adalah menjadi penulis lepas. Kamu bisa menulis artikel untuk kebutuhan klien atau mengirim tulisan ke berbagai media online. Kamu bisa menulis beragam tema mulai dari olahraga, gaya hidup, kesehatan, keuangan, isu-isu sosial, dan maish banyak lagi. Untuk itu, persiapkan portofolio terbaik agar klien mau menggunakan jasa kamu. Jikaperlu, gunakan platform tertentu agar portofolio kamu terlihat lebih apik dan enak dilihat.

6. Tutor Belajar Online

via pexels.com

Menjadi tutor online juga bisa menjadi pilihan untuk kamu yang senang mengajar. Tawarkan kepada teman, adik kelas, atau siapa saja yang membutuhkan bantuan tambahan materi pelajaran. Kamu bis amengajar mata pelajaran yang dikuasai seperti Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, dan lain-lain. Namun,sebagai tutor online, sebaiknya kamu tidak mematok harga terlalu mahal. Dengan harga yang cenderung lebih terjangkau, siapa saja akan tertarik untuk mengikuti kelas kamu.

7. 7 Pekerjaan Sampingan Content Creator

via pexels.com

Content creator merupakan profesi yang cukup populer saat ini. Menjadi content creator tidak harus seperti Atta Halilintar yang selalu berada di dalam layar. Kamu juga bisa bekerja untuk klien atau perusahaan untuk membuat konten promosi produk yang unik dan kreatif. Ini artinya, kamu juga bisa bekerja di balik layar.

Itulah 7 pekerjaan sampingan yang bisa kamu jadikan referensi untuk menghasilkan uang tambahan. Kira-kira, pekerjaan mana yang bakal kamu lakukan?

Berikan komentarmu

Related articles

 #bisnis hits 2020 #cara dapet kerja #cara mendapatkan uang tambahan #lowongan kerja 2020 #pekerjaan sampingan #tips sukses bisnis #tips wawancara #usaha sampingan
Share di whatsapp

Pilihan editor