7 Pabrik Angker di Jawa Tengah: Hunian Para Tak Kasatmata

Spread the love

Aura menyeramkan bisa datang dari mana saja. Nggak hanya di kuburan, tetapi juga bisa di sebuah bangunan besar seperti pabrik. Beberapa bangunan industri, khususnya di Jawa Tengah, rupanya menyimpan kisah-kisah mistis, apalagi kalau bukan berkat makhluk halus di sekitarnya. Masyarakat setempat bahkan ogah untuk sekedar lewat, apalagi sampai masuk ke dalamnya. Buat kamu yang suka banget dengan aktivitas uji nyali, nggak ada salahnya buat tancap gas ke tujuh pabrik angker di Jawa Tengah berikut ini.

1. Pabrik Gula Gembongan – Sukoharjo

Pabrik Gula Gembongan adalah salah satu bangunan legend yang bisa kamu temukan di Kabupaten Sukoharjo. Bangunan ini rupanya sudah bertengger sejak tahun 1890-an. Namun, bangunan tersebut kini tidak menunjukan adanya aktivitas, alias sudah terbengkalai. Akibatnya, munculah cerita-cerita mistis yang bisa “mengganggu” pendatang yang sedang berlibur ke daerah Sukoharjo. Menurut masyarakat setempat, ada penampakan makhluk halus berupa anak-anak yang bermain-main di sekitar pabrik. Makhluk tersebut sering terlihat pada malah hari. Karena saring seramnya, bangunan tersebut juga sering dijadikan tempat syuting uji nyali.

2. Pabrik Angker di Jawa Tengah: SSS – Solo

Pabrik Swasembada Sandang Rakatex atau SSS rupanya tidak kalah seram. Bangunan industri yang berlokasi di Manahan, Solo tersebut menjadi hunian nyaman bagi sosok-sosok menyeramkan. Konon, disana sering terlihat penampakan pocong dan genderuwo pada malam hari. Akun Instagram @misterisolo menyatakan kalau sosok tersebut bakal munculkalau kita menebarkan kentang rebus ke seluruh sudut bangunan tersebut. Dan sosok tersebut akan mengganggu orang-orang di sekitarnya, bahkan sampai merasukinya.

Sosok-sosok mengerikan tersebut wujudnya bermacam-macam. Ada sosok jin gondrong dengan lidah menjulur sampai ke lantai, kuntilanak, anaka-anak, dan masih banyak lagi. Kalau kamu bikin onar, bisa-bisa ketempelan sampai rumah!

3. Pabrik Cerutu – Yogyakarta

Meki tidak masuk wilayah administrasi Jawa Tengah, setidaknya Yogyakarta masih tetanggaan dengan Jateng. Di sana, terdapat Pabrik angker yang sudah berdiri sejak tahun 1918 oleh orang Belanda. Sebut saja pabrik cerutu. Katanya, eks pekerja disana seringkali mendapatkan gangguan dari makhluk halus. Salah satunya adalah keusilan noni Belanda dengan pakaian serba putih, berambut panjang, dan berbadan semampai.

Bagian bawah tanah pabrik ini juga nggak kalah seram. Saking horornya, pekerja disana saat itu samapu tidak berani melewati lorongnya, yang konon selalu ada penampakan noni Belanda. Selain itu, ada juga suara-suara misterius saat malam hari yang auto bikin merinding. Dan pekerja juga selalu dibuat taktu saat melewati pohon besar di lingkungan pabrik ini. Apalagi kalau bukan adanya sosok tinggi besar yang konon jadi penjaga pabrik tersebut. Wah.. satpam gratisan!

4. Pabrik Angker di Jawa Tengah: Gas – Semarang

Pabrik gas yang dulunya adalah gedung bekas kantor Nederlandsch Indische Gas Maatschappij masa pemerintahan kolonial Belanda juga menyisakan kisah yang horor. Sejak pipa distribusi gas yang melayani lebih dari 2.000 pelanggan rumah tangga tersebut mengalami banyak kebocoran, kegiatan operasional akhirnya dihentikan pada tahun 1980-an.

Gedung tersebut kini ada di bawah naungan PT PGN kini kini difungsikan sebagai gudang LPG. Mneurut pengakuan penjaga piket disana, setiap malam sering terdengar suara-suara misterius seperti orang-orang sedang bercanda. Selain itu, ada juga suara langkah-langkah kaki yang menurut mereka lumayan creepy.

Baca juga artikel menarik lainnya:

5. Pabrik Angker di Jawa Tengah: Pangkah – Tegal

Pabrik gula terbengkalai yang berada di daerah Pangkah, Tegal menjadi langgangan para pencinta uji nyali. Setelah adanya pengakuan warga setempat yang sering mendapat gangguan, kreator project film dokumenter pun menjadikan tempat tersebut setting pengambilan scene.

Namun, para kreator tersebut malah dibuat terkejut saat melakukan survey ke pabrik tersebut. Mereka yang berjumlah enam orang tiba-tiba tidak bisa keluar dari pabrik tersebut. Namun, kondisinya tidak dijelaskan secara jelas, pakah mereka terkunci dari luar, atau badan mereka terasa berat sehingga sulit bergerak. Yang lebih seramnya lagi, mereka tetap mendapatkan gangguan meski sudah keluar dari pabrik tersebut.

6. Pabrik Kayu – Semarang

Diceritakan ada dua orang Youtuber yang melakukan uji nyali di sebuah pabrik kayu zaman kolonial Belanda di Semarang. Keduanya mengaku melihat sosok wewe gombel yang sering gentayangan di area pabrik tersebut. Bahkan sosok tersebut katanya sering nongkrong di lorong lantai kedua. Yang membuat kedua Youtuber itu kaget adalah sosoknya yang menyeramkan. Wujudnya tak lain perempuan dengan mulut yang mengeluarkan busa berwarna coklat.

Saat yang paling menegangkan adalah saat si kameramen mencoba mengarahkan kameranya ke arah si wewe gombel tersebut. Kedua Youtuber tersebut memperingatkan kalau payudara si wewe gombel tersebut sudah menyentuh pundak sang kameramen.

7. Pabrik Air Mineral Mertoyudan – Magelang

Pabrik angker lainnya bisa kamu temukan di Dusun Sorogaten, Desa Jogonegoro, Kecamatan Mertoyudan. Warga setempat menganggap pabrik terbengkalai ini menjadi tempat berkumpulnya makhluk-makhluk tak kasat mata. Katanya, mereka sering melihat penampakan ular raksasa, genderuwo, hingga wewe gombel.

Namun, orang yang ingin uji nyali di pabrik tersebut rupanya akanmenghadapi kesulitan. Pasalnya, pintu masuk utama setinggi dua meter itu tertutup rapat, bahkan digembok dan dililit kawat berduri. Untu itu, perlu effort yang besar untuk bisa masuk ke dalamnya, yang tak lain adalah masuk lewat celah-celah pagar tersebut. Btw, kamu bakal tetap dibuat seram meski hanya berdiri di luarnya saja. Bukttin sendiri!

Berikan komentarmu