7 Mitos Curug di Bogor: Air Terjun dengan Kisah yang Melegenda

Spread the love

Jalan-jalan ke Bogor jangan cuma mampir ke Kebun Raya atau Puncak. Di Kota Hujan ini, kamu juga bisa melipir ke beberapa wisata alam lainnya. Curug salah satunya. Wisata Curug atau Air Terjun ini juga nggak kalah seru. Nggak cuman menikmati aliran airnya saja, tapi kamu juga bisa melakukan beragam aktivitas lain menggunakan fasilitas yang disediakan oleh pengelola. Sambil menikmati keseruan disana, kamu juga bisa mencari tau apa aja mitos-mitos yang melekat di wisata curug tersebut. Ini bisa dianggap penting, karena kamu adalah pendatang. Mau nggak mau, wajib rupanya untuk menghormati apa yang sudah menjadi kepercayaan disana. Kalau repot nyari tau, langsung aja simak tujuh mitos curug di Bogor berikut ini.

1. Curug Tujuh Cilember

Curug Cilember berlokasi di Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Curug yang mengusung konsep ekowisata ini menawarkan panorama hijau hutan tropis serta keindahan tujuh buah curugnya. Semakin kecil angka curug tersebut, semakin tinggi poisi air terjunnya. Itulah yang menjadi daya tarik wisatawan saat berkunjung kesini. Misalnya, untuk menuju ke Curug lima, kamu hanya perlu melewati tanjakan bebatuan. Lain halnya dengan Curug tiga, dua, dan satu yang jalur dan tantangannya semakin terjal.

Mengunjungi curug ini tentu saja mesti melek dengan mitos-mitosnya yang sudah berkembang sejak lama. Curug Cilember ini konon dulunya menjadi lokasi pemandian putri dari kerajaan Siliwangi. Mitos tersebut dipercayai sebagian masyarakat dan menganggap hal tersebut bisa mendatangkan kebaikan bagi siapa saja yang mandi di curug tersebut, salah satunya adalah rupa yang awet muda.

Selain itu, ada juga mitos-mitos lainnya kalau wisatawan mandi di curug tersebut. Diantaranya bisa sembuh dari segala penyakit, lebih mudah menemukan jodoh, dan mendapatkan kekuatan. Umumnya, ritual mandi dilakukan pada tengah malam terutama di saat malam Jumat Kliwon.

2. Mitos Curug di Bogor: Curug Bidadari

Curug Bidadari atau Curug Bojong Koneng juga nggak kalah hitsnya di kalangan wisatawan. Curug yang satu ini berlokasi di Jl. Sentul Paradise Park, Bogor. Pesona air terjunnya sangat cantik dengan ketinggian mencapai 50 meter. Wisatawan juga bisa berenang di kolam yang disediakan di area tersebut. Di sisi lain, mitos yang melekat pada curug ini juga nggak kalah menarik.

Warga setempat percaya kalau curug tersebut menjadi lokasi pemandian para bidadari. Anggapan ini terlontar usai mereka mengaku pernah mendengar suara-suara wanita yang sedang mandi, namun setelah dicek ternyata tidak ada siapa-siapa. Cerita tersebut akhirnya menyebar, hingga akhirnya menjadi mitos curug tersebut.

Kalau kamu mau berkunjung ke Curug Bidadari, ada baiknya datang sehari setelah hujan turun. Pasarnya, air curug tersebut akan lebih jernih, sehingga kamu bisa lebih nyaman saat berenang di dalamnya.

3. Curug Cibingbin

Curug Cibingbin merupakan salah satu wisata alam yang cocok bagi penggemar hiking, rekreasi, berkemah, gowes dan aktivitas lainnya. Para pencinta alam bakal puas dengan suguhan kawasan curug ini, terlebih karena keindahan alamnya yang menyegarkan badan dan pikiran. Meski demikian, pengunjung juga mau nggak muau harus nyaman dengan mitos di dalamnya.

Mitos yang sering terdengar berasal dari Curug Langgeng yang masih berada satu kawasan dengan curug cibingbin ini. Konon, kalau seseorang mandi di curug tersebut,  dia bakal mendapatkan kelanggengan, kejayaan, dan kesuksesan dalam hidupnya. Di sisi lain, ada juga mitos terkait jalur menuju Curug Cibingbin. Pengunjung akan lebih dulu melalui curug satu, dua, dan tiga untuk sampai kesana. Itu memiliki arti kalau kita harus bisa menyelesaikan masalah, salah satunya orang ketiga, jika ingin langgeng dengan pasangan.

4. Mitos Curug di Bogor: Curug Ciherang

Curug Ciherang adalah wisata alam lainnya yang sering jadi incaran wisatawan saat musim liburan. Curug tersebut berdekatan dengan Curug Cipamingkis, sehingga pengunjung bisa menikmati dua curug sekaligus. Btw, curug ciherang juga memiliki mitos yang kuat di kalangan masyarakat setempat. Konon, siapa saja yang mengusap wajah atau mandi dengan air curug tersebut, dia bakal mendapatkan keberkahan, salah satunya adalah pasangan. Curug Ciherang ini diceritakan dulunya merupakan tempat pemandian para raja. Untuk itu, nggak heran kalau masyarakat sampai percaya kalau curug tersebut bisa mendatangkan kebaikan.

5. Curug Cipamingkis

Curug Cipamingkis merupakan titik temu aliran Sungai Cipamingkis dan Sungai Cisarua. Penampakannya memesona, sehingga nggak heran kalau tempat ini juga selalu ramai oleh pengunjung. Di sisi lain, tempat yang satu ini juga pernah menjadi saksi bisu sebuah fenomena, yang pada akhirnya dikemas menjadi sebuha mitos.

Pengunjung yang mandi di curug tersebut dipercaya bisa segera mendapatkan jodoh. Mitos tersebut muncul bermula dari kisah remaja-remaja zaman dulu yang sukses mendapatkan tambatan hatinya usai datang ke curug tersebut. Mereka berdoa di sana agar segera mendapatkan jodoh. Entah kebetulah atau memang sudah waktunya, mereka pulang dan akhirnya nggak lama bertemu dengan pasangannya. Cerita tersebut menyebar dan akhirnya berkembang menjadi mitos.

Selain itu, ada juga mitos lain dari curug ini. Warga setempat mengaku sering melihat penampakan makhluk halus berbentuk ular naga yang kepalanya berupa perempuan cantik. Sosok tersebut dipercaya sebagai penunggu curug tersebut.

Baca juga artikel menarik lainnya:

6. Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo juga selalu ramai oleh pengunjung. Meski baru dibuka pada tahun 2014 yang lalu, Curug ini cukup menarik perhatian dengan airnya yang sangat jernih. Pengunjung jelas tergoda untuk nyebur ke dalamnya, meski sebelumnya nggak ada niat untuk berenang.

Meski punya kecantikan yang memesona, Curug Leuwi Hejo juga rupanya menyimpan sejumlah mitos. Salah satu yang paling terkenal adalah imbas buruk bagi mereka yang berniat jelek saat datang ke curug ini. Seperti mengotori curug, berkata kotor dan hal-hal jelek lainnya. Siapa saja yang melakukan hal tesebut tidak akan pernah selamat saat perjalanan pulang.

Meski hanya berupa mitos, ada baiknya pengunjung untuk tetap menghormati tempat tersebut. Karena gimanapun juga kita ini tamu, bukan penghuni disana.

7. Mitos Curug di Bogor : Curug Nangka

Curug Nangka merupakan salah satu air terjun yang tergolong unik di Bogor. Curug tersebut memilki tiga tingkatan, dengan ketinggian yang berbeda-beda, yaitu mulai dari 10m – 20 m. Ketiga curug tersebut tak lain adalah Curug Nangka, Curug Daun dan Curug Kawung. Jarak masing-masing curug tersebut adalah 1 km, jadi kamu bisa melipir kesana sekaligus.

Curug Nangka pun bukan tanpa mitos. Konon, dulu kawasan curug ini penuh dengan pohon nangka. Namun, perlahan pohon-pohon tersebut menghilang tanpa sebab. Masyarakat sendiri tidak tahu siapa yang menebang pohon-pohon nangka tersebut. Bahkan, jejak bekas tebangan pohon pun tidak ada. Kuncen Curug Nangka ini percaya kalau tempat ini dulunya digunakan tempat meditasi beberapa pemuka agama.

Berikan komentarmu