Share this
Share

Share

shares

7 Kosakata Bahasa Inggris yang Jarang Digunakan, Kamu Tau Nggak Artinya?

14 July 2020  Ajeng

Bahasa Inggris bukan lagi menjadi alat komunikasi yang asing di telinga masyarakat Indonesia. Kamu sendiri bisa memperhatikan segelintir orang yang ngobrol mencampurkan dua bahasa untuk percakapan sehari-hari. Misalnya, “Aku besok nggak bisa ikut hang out, ada meeting dadakan soalnya,” dan masih banyak contoh lainnya. Semakin banyak kosakata Bahasa Inggris yang dikuasai, semakin mudah juga kamu untuk berbicara dalam bahasa asing tersebut.

Biasanya, kosakata Bahasa Inggris yang digunakan dalam percakapan sehari-hari terbilang familiar. Namun, tidak ada salahnya untuk menambah vocabulary lainnya agar kemampuan Bahasa Inggris kamu menjadi lebih terasah. Oleh karena itu, sebaiknya kamu hafalkan tujuh kosakata Bahasa Inggris di bawah ini biar vocabulary nggak itu-itu aja.

1. Dissipate

Sumber: expatica.com

Bagi orang yang tidak bisa mengatur keuangan dengan baik, biasanya gaji bulanan akan cepat ludes dalam hitungan hari saja. Ini dikarenakan seseorang tersebut selalu dissipate uang tersebut untuk memenuhi semua keinginannya. Dissipate merupakan kosakata Bahasa Inggris yang memiliki arti menghamburkan. Jika kamu adalah termasuk orang yang sering menghambur-hamburkan uang, istilah ini tentu saja sangat cocok. Contoh kalimatnya adalah, “I won’t dissipate my money for traveling.”

2. Zeal

Sumber: heart.org

Apa kata yang sering kamu gunakan untuk menungkapkan semangat? Cheers? atau keep spirit? Selain kosakata dan frasa tersebut, kamu juga bisa menggunakan zeal. Zeal merupakan kata Bahasa Inggris yang berarti semangat untuk mencapai sesuatu, khususnya dalam konteks keagamaan. Fungsinya adalah sebagai kata benda, sehingga jika dibuat kalimat kira-kira seperti ini, “I always have zeal to read the holy Qur’an 2 chapters in a week.”

3. Erstwhile

Sumber: allkpop.com

Dalam percakapan sehari-hari, kamu pasti jarang mendengar kosakata yang satu ini. Erstwhile memiliki arti masa lampau atau hal-hal yang sudah terjadi di masa lalu. Fungsinya bisa menjadi kata sifat maupun kata kerja. Jika dibuat dalam bentuk kalimat, kira-kira seperti ni bunyinya, ” Yesterday, I found my erstwhile diary in that old box. It was surprising!”

4. Interdict

Sumber: goodfon.com

Jika kamu ingin melarang seseorang untuk melakukan sesuatu, gunakan saja kata interdict. Kosakata tersebut merupakan sinonim dari forbid yang artinya melarang seseorang untuk melakukan sesuatu. Kamu tentu saja bisa menggunakan kosakata ini untuk percakapan sehari-hari, sehingga orang lain pun bisa mengetahui arti dari interdict. Misalnya, kamu bisa bilang, ” The Government interdict us not to go outside during this pandemic.”

5. Maladroit

Sumber: alejandraslife.com

Orang akan mejadi ceroboh saat tergesa-gesa melakukan sesuatu. Kamu bisa meyebut kondisi seperti ini dengan istilah maladroit atau ceroboh dalam Bahasa Indonesia. Kosakata yang satu ini berfungsi sebagai kata sifat, sehingga kamu bisa membuatnya dalam kalimat seperti, “I saw my video during school orientation, and that was  my maladroit experience ever. I didn’t use a proper uniform at that time.”

6. Tepid

Sumber: reviewed.com

Tepid bisa kamu gunakan saat ingin mengungkapkan kata hangat saat meminum teh atau kopi. Kosakata yang biasa digunakan adalah luke warm, slightly warm, dan kosakata lainnya. Untuk itu, kamu bisa menggunakan kosakata tepid agar percakapan Bahasa Inggris kamu menjadi lebih keren. Misalnya, “ Drinking tepid tea can make your body more relaxed.”

7. Zany

Sumber: blog.yellowoctopus.com.au

Kamu pasti akan merasa terhibur jika memiliki teman atau pasangan yang humoris. Orang-orang seperti ini biasanya akan ngelawak sepanjang pembicaraan, sehingga kamu tidak akan merasa bosan. Jika ingin mengungkapkannya dalam bahasa Inggris, kamu cukup mengatakan zanyZany adalah kosakata Bahasa Inggris yang berarti lucu atau humoris. Kamu bisa membuatnya dalam bentuk kalimat seperti, “I wanna have thousand of zany friends!”

Dengan menggunakan tujuh kosakata Bahasa Inggris di atas, kemampuan Bahasa Inggris kamu akan meningkat. Tentu saja, masih ada banyak kosakata lainnya yang bisa kamu gunakan untuk memperkaya vocabulary, sehingga Bahasa Inggris kamu nggak “itu-itu aja”.

Berikan komentarmu

Related articles

 #bahasa inggris #belajar toefl #code mixing #kosakata bahasa inggris #tips belajar bahasa inggris
Share di whatsapp

Pilihan editor