Share this
Share

Share

shares

7 Ide Makanan Idul Adha Biar Kamu Nggak Bosan

31 July 2020  Ajeng

Idul Adha merupakan hari raya pengorbanan bagi seluruh umat islam di dunia. Tidak sedikit yang menyembelih aneka jenis hewan kurban seperti kambing, domba, kerbau, dan sapi. Oleh karena itu, nggak heran jika sore menjelang malam satu kampung akan wangi dengan bau asap sate maupun harum bumbu-bumbu gulai sapi. Namun, jika dari tahun ke tahun masakan kamu itu-itu aja, bosen dong pastinya? So, 7 ide makanan idul adha ini bisa jadi referensi untuk idul adha di tahun-tahun mendatang!

1. Tengkleng

via kaskus.co.id

Tengkleng bisa kamu temukan saat jalan-jalan ke Solo. Namun sekarang makanan yang satu ini bisa kamu santap kapan saja karena banyak warung makan yang menyediakan hidangan ini. Bahkan, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah saat momen idul adha.

Olahan daging yang satu ini memiliki kuah yang lebih encer dibandingkan dengan gulai kambing. Hidangannya sendiri terdiri atas daging, tulang, dan jeroan kambing yang dibalut dengan kuah santan yang nikmat. Bumbu yang digunakan pun hampir sama seperti membuat gulai kambing. Agar rasanya semakin mantap, kamu bisa menaburkan bawang goreng di atasnya. Beuuuuh!

2. 7 Ide Makanan Tongseng

via merahputih.com

Selain tengkleng, kamu juga bisa mengolah daging kurban menjadi hidangan tongseng. Bahan utama tongseng tidak hanya daging kambing, tetapi bisa juga menggunakan daging sapi. Hidangan yang satu ini mirip dengan gulai, hanya saja ada penambahan rempah-rempah seperti cengkih, kayu manis, jahe, daun jeruk, biji pala, dan batang serai.

Jika ingin rasanya lebih nikmat, kamu bisa menambahkan aneka toping seperti kol, kubis, daun bawang, dan tomat. Selain itu, emping juga bisa membuat cita rasa tengkleng semakin sedap.

3. Kambing Oven

via herstory.co.id

Kamu pernah mencicipi makanan yang satu ini? Jika belum, inilah saatnya untuk membuat olahan kambing oven di rumah. Untuk membuat makanan yang satu ini, pastikan ada oven di rumah, ya! Pasalnya, proses pengolahannya langsung menggunakan oven tanpa ada proses pengolahan lainnya. Daging yang sudah dilumuri dengan bumbu-bumbu spesial ini harus dipanggang dalam suhu 200 derajat celcius selama 45 menit. Biasanya, bagian daging kambing yang digunakan adalah bagian pahanya biar lebih empuk. Hmm..nggak sabar, kan,  untuk mencicipi makanan khas Mesir yang satu ini?

4. Gulai

via selerasa.com

Makanan yang satu ini menjadi masakan favorit saat idul adha. Bumbu rempahnya yang gurih tentu saja sangat memanjakan lidah apalagi jika disantap saat dalam keadaan perut kosong. Kuahnya berwarna kuning dengan tekstur yang kental. Kamu bisa menambahkan sambal agar warnanya menjadi merah menggoda, sehingga rasanya bisa menjadi lebih segar dan mantap. Bumbu yang digunakan untuk membuat gulai antara lain kunyit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, ketumbar, lada, lengkuas, jahe, adas, pala, serai, jintan, serta kayu manis.

5. Sate

via kompas.com

Sate juga menjadi salah satu makanan ciri khas saat idul adha. Kamu sendiri bisa melihat asap tebal yang keluar dari dapur-dapur tetangga dengan aromanya yang begitu menggugah selera. Untuk membuat sate, kamu tentu saja bisa menggunakan jenis daging apapun, baik itu sapi, kambing, maupun domba. Agar hidangan sate tidak membosankan, kamu bisa menambahkan  variasi bumbu. Misalnya, bumbu padang, bumbu kacang, bumbu kecap, bumbu kuah tempe, dan lain-lain.

6. 7 Ide Makanan Rendang

via beepdo.com

Rendang menjadi makanan terenak di dunia versi CNN. Untuk itu, nggak heran jika banyak yang pesan rendang saat mengunjungi warung makan padang. Kamu tentu saja bisa membuat sendiri hidangan yang satu ini saat hari raya idul adha. Cita rasa gurih dan pedasnya yang menyatu di mulut bisa bikin orang ketagihan. Namun, pastikan daging yang kamu gunakan sapi, ya!

7.7 Ide Makanan Nasi Kebuli

via sukabumiupdate.com

Makanan khas Timur Tengah ini juga bisa dijadikan sebagai referensi hidangan saat idul adha. Nasi kebuli merupakan nasi yang dibalut dengan campuran kaldu dan susu kambing. Jika sudah matang, kamu bisa menambahkan daging kambing yang sudah ditumis dan rempah-rempah yang sudah dihaluskan. Btw, kamu ngiler nggak ngebayanginnya?

Itulah 7 ide makanan yang bisa kamu jadikan referensi saat idul adha. Jadi, nanti kamu mau masak hidangan apa?

Berikan komentarmu

Related articles

 #idul adha #olahan makanan idul adha #tips membuat gule #tips membuat rendang
Share di whatsapp

Pilihan editor