Share this
Share

Share

shares

7 Gunung Mistis Jawa Tengah: Seram, Tapi Diminati Pendaki

1 October 2020  Ajeng

Pencinta alam tentu saja tidak ingin melewatkan aktivitas pendakian. Yang dicari bukan hanya pemandangan eksotis di atas puncak, tetapi juga keseruan dan kebersamaan bersama teman-teman. Kamu tidak sendirian untuk bisa menyatu dengan alam. Mendengar cuitan burung-burung, merasakan desiran angin yang sejuk, dan masih banyak lagi. Dibalik keseruan tersebut, kamu juga tentu bisa merasakan hawa-hawa mistis di sepanjang perjalanan pendakian. Apalagi kalau kamu mengunjugi tujuh gunung mistis Jawa Tengah di bawah ini.

1. Gunung Lawu

via kompas.com/Anggara Wikan Prasetya

Gunung yang ada di Kabupaten Karanganyar ini dikenal sebagai spot favorit untuk bertapa. Setiap malam satu suro, tempat-tempat tertentu di gunung-gunung tersebut selalu dipenuhi oleh sesajen dari warga lokal dan sekitarnya.

Selain itu, cerita mistis di Gunung Lawu punsudah tidak asing lagi. Kengerian di sini seringkali dialami oleh beberapa pendaki dari dalam maupun luar kota. Mulai dari yang biasa saja seperti mendengar suara-suara aneh, sampai melihat sosok mengerikan yang berujung pada kesurupan.

ilustrasi via Sri Wahyuni/d’Traveler

Seorang pendaki yang tidak diketahui asalnya sedang beristirahat di Sabana atau bulak peperangan pukul 8 malam. Kemudian temannya mengaku bahwa ia melihat sosok makluk putih melayang.  Namun, sosok itu tidak terlihat lagi. Saat melanjutkan perjalanan, mereka sempat merasa khawatir karena langit sudah mulai gelap. Yang mereka takutkan adalah kehilangan arah dan hanya berkeliling di situ-situ saja. Kemudian, terdengar suara riuh ramai orang. Namun, setelah mereka mencari asal suara tersebut, tiba-tiba suara tersebut menghilang. Pada akhirnya, mereka bisa sampai dengan selamat di puncak meskipun harus melewati momen-momen yang menegangkan.

2. Gunung Ungaran

via bonvoyagejogja.com

Gunung Ungaran yang ada di Kota Semarang ini selalu ramai oleh pendaki setiap akhir pekan. Sebagian dari mereka mungkin ingin menguji nyali karena gunung ini terkenal dengan cerita-cerita mistisnya. Spot-spot mengerikan itu antara lain ada di pos II dan pos kolam renang. Banyak yang tidak mau mendirikan tenda di dekat pos kolam renang karena auranya bikin bulu kuduk merinding. Katanya, di sana ada ‘penunggu’ wanita yang sesekalis ring menampakan diri.

via limakaki.com

Namun, aura mistis tidak berhenti hanya di situ saja. Saat memasuki hutan ke arah puncak, tidak sedikit pendaki yang mengalami peristiwa ganjil. Misalnya, saat itu ada salah satu pendaki yang sedang istirahat sejenak bersama teman-temannya. Kemudian, mereka mendengar suara rombongan dari bawah yang akan naik ke tas puncak. Namun, setelah ditunggu selama kurang lebih 30menit, tidak ada satu pun yang menunjukan batang hidungnya. Yang ada suasana malah semakin senyap dan menakutkan.

3. Slamet, Gunung Mistis Jawa Tengah

via Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya

Gunung Slamet juga termasuk spot pendakian yang bisa bikin orang bergidik. Ada banyak cerita horor yang tersebar, salah satunya kejadian yang sering terjadi di Pos Samarantu.

Kabarnya, Pos Samarantu ini dihuni oleh-oleh sosok mengerikan. Pekerjaannya tentu saja menjahili orang-orang yang beristirahat atau yang sedang lewat. Setelah cerita ini tersebar, tidak sedikit pendaki yang merasa takut untuk istirahat di sana. Untuk itu, pos tersebut dinamakan Pos Samarantu atau Samar dan Hantu.

via instagram/wisatakphbanyumastimur

Suatu ketika, ada sekelompok pendaki yang merasakan kengerian di Pos Samarantu tersebut. Saat langit sudah mulai gelap, pendaki tersebut mendirikan tenda untuk beristirahat sejenak di dekat pos tersebut. Aktivitas yang dilakukan sama seperti pendaki pada umumnya. Makan, ngobrol-ngobrol, main gitar, dan masih banyak lagi.

Suatu ketika, di saat yang lain sudah tertidur, salah satu dari mereka ingin buang air kecil. Keluarlah ia dari tenda dan menuju suatu tempat. Dari kejauhan, ia mendengar teman-temannya seperti terbangun dan mulai mengeluarkan suara gaduh. Lalu, ia kembali ke dan langkahnya terhenti di depan tenda. Saat membuka zipper tenda, teman-temanna masih tertidur pulas. Jadi, yang tadi itu suara siapa?

4. Merapi, Gunung Mistis Jawa Tengah

via Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya

Masyarakat lokal nampaknya sudah tidak asing lagi dengan keangkeran Gunung Merapi. Sosok yang terkenal mendiami gunung tersebut konon adalah Eyang Sapu Jagad dan Mbah Petruk. Masyarakat di sini begitu menghormati adat leluhur, sehingga mereka sering memberikan sesajen agar keduanya tidak murka. Bahkan ada juga pendaki yang melihat sisa sesajen kepala kerbau di gunung tersebut.

via republika.co.id

Di gunung ini juga ada Pasar Bubra yang terkenal dengan keangkerannya. Banyak sekali pendaki yang menjadi saksi dari kengerian ini. Misalnya saja, pada saat mendirikan tenda di sekitarnya, mereka selalu mendengar suara kegaduhan, bahkan suara-suara seperti alunan gending dan gamelan. Bagi yang tidak terbiasa, ini tentu saja akan menjadi pengalaman yang menakutkan.

5. Gunung Sumbing

via kompas.com/Anggara Wikan Prasetya

Gunung Sumbing juga terkenal dengan cerita-cerita mistisnya. Salah satu spot yang terkenal mengerikan adalah Pestan atau Peken Setan. Meskipun spot yang satu ini terbilang angker, masih banyak yang berani untuk mendirikan tenda di sini. Ini dilihat dari sampah-sampah botol plastik bekas pendaki yang digunakan sebagai wadah air kencing. Katanya, di sini tidak boleh pipis sembarangan karena ‘penunggunya’ akan murka.

via trippers.id

Suatu malam, ada seorang pendaki yang sedang berkeliling-keliling di sekitar tenda. Di saat orang lain tertidur lelap, ia malah memilih untuk berjalan-jalan. Tidak lama, ia mendengar suara tangsi perempuan yang jaraknya tidak jauh dari tempat ia berdiri. Kemudian, ia mendekati sumber suara, dan akhirnya melihat sosok perempuan berambut panjang sedang terisak-isak. Tidak ingin berlama-lama, ia pun lari sekencang mungkin menuju tenda. Wajahnya yang samar tentu saja menjadi keganjilan.

6. Merbabu, Gunung Mistis Jawa Tengah

via tokopedia.com

Gunung Merbabu menjadi salah satu desinasi pendakian ang paling populer di Jawa Tengah. Yang menjadi daya tariknya tentu saja savana hijau yang sangat menyegarkan mata. Ada banyak jalur pendakian, mulai dari Chuntel, Thekelan, Wekas, Suwanting, Selo, dan Gancik.

via priyadidanu.blogspot.com

Keseruan kamu mendai bersama teman-teman tampaknya akan diselimuti oleh suasana mistis. Di Pos 5, tepatnya di Watu Gubug, merupakan lokasi yang terkenal angker menurut beberapa pendaki. Siapa saja tentu saja harus mengaturi tata tertib agar bisa selamat dari berbagai gangguan teknis dan juga ghaib. hmm.
Ada juga Jembatan Setan yang tidak kalah menarik. Jalur ini terletak di bawah puncak Kenteng Songo dan hanya berupa jalan setapak. Di sini, kamu bisa menemukan sesajen yang diberikan  warga setempat untuk penunggu di Jembatan ini.

7. Gunung Sindoro

via shutterstock.com

Gunung dengan ketinggian 3.150 mdpl ini cocok bagi kamu yang suka dengan tantangan. Treknya bisa dibilang sangat  menantang, sehingga kamu perlu mendampingi teman kamu yang masih pemula. Dibalik keseruannya, gunung ini juga menyimpan cerita-cerita mistis seperti yang diceritakan beberapa pendaki.

Setiap spot di gunung pasti ada penunggunya. Namun, pendaki sebenarnya tidak perlu khawatir karena sebagian dari mereka adalah jin baik. Namun, mereka juga bisa tiba-tiba agresif kalau kamu berulah. Misalnya, membuang sampah sembarangan dan berbuat maksiat.

via dok. Perpustakaan Provinsi Jateng

Selain itu, Lapangan datar di puncak Gunung Sindoro juga menjadi spot yang lumayan angker. Tidak sedikit pendaki yang mengalami pengalaman menakutkan di lapangan yag satu ini. Sejumlah pendaki bahkan pernah menyaksikan langsung aktivitas pasar tradisional di alun-alun puncak Sindoro ini. Padahal, sebenarnya di atas sana tidak ada aktivitas masyarakat. Jadi, berani ke sini?

Itulah tujuh gunung mistis Jawa Tengah yang sering dijadikan destinasi pendakian. Kira-kira, gunung mna yang menurut kamu paling menguji nyali?

Berikan komentarmu

Related articles

 #cara ke gunung merapi #cerita horor dzawin nur #cerita horor gunung merapi #cerita mistis di gunung lawu #cerita mistis gunung di jawa tengah #gunung angker di jawa tengah #gunung di jawa tengah apa aja #gunung lawu #gunung merapi dimana #gunung terseram di jawa tengah #tips mendaki gunung untuk pemula
Share di whatsapp

Pilihan editor