Share this
Share

Share

shares

7 Gunung di Sulawesi yang Banyak Diincar Pendaki

5 September 2020  Ajeng

Menghabiskan waktu liburan ke Sulawesi adalah opsi yang tepat. Di salah satu pulau terbesar di Indonesia ini, kamu bisa mengunjungi ragam pilihan wisata. Mulai dari wisata budaya, kuliner, sejarah, alam, dan masih banyak lagi. Gunung di Sulawesi juga bisa jadi destinasi wisata yang cocok untuk pencinta alam seperti kamu. Pesonanya tidak kalah cantik dengan gunung-gunung yang ada di Pulau Jawa.

Biar nggak bingung gunung mana yang cocok untuk pendakian kamu selanjutnya, simak rangkumannya di bawah ini.

1. Gunung Bawakaraeng

via facebook.com/bwktrailrun/

Gunung Bawakaraeng menjadi salah satu puncak tertinggi di Sulawesi dengan ketinggian  2.700 meter diatas permukaan laut. Hawanya disebut-sebut menjadi yang paling dingin di Sulawesi Selatan. Jadi, kalau mau mendaki ke sini, pakai bawa jaket tebal agar hal-hal yang tidak diinginkan bisa dihindari.

Jalur pendakian gunung ini memang bisa dibilang tidak ramah untuk pemula. Jalannya cukup terjal, namun hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi kamu yang sudah terbiasa mendaki. Kamu akan melewati Lembah Ramma yang merupakan dataran luas dengan dengan atmosfir hijaunya yang cantik. Dari puncaknya juga kamu bisa menikmati tumpukan awan yang memesona.

Lokasi: Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

2. Gunung di Sulawesi Sikolong

via Instagram/novpaemm

Selanjutnya ada Gunung Sikolong. Gunung yang satu ini memiliki jalur pendakian yang tergolong ekstrem dengan ketinggian mencapai 2.754. Yang menjadi daya tarik dari gunung ini adalah bagian puncaknya yang merupakan sebuah batu setinggi 30 meter dan lebar 7 meter. Inilah yang biasanya membuat para pendaki kesulitan untuk mencapai puncaknya.

Ada beberapa jalur pendakian yang bisa kamu lalui. Kamu bisa menggunakan rute dari Desa Tabang dan Desa Rante Kabupaten Luwu, Desa Kumila di Kabupaten Luwu, Desa Roni dan Desa Uluwai di Kabupaten Tana Toraja dan Desa Karangan di Kabupaten Enrekang. Namun, Desa Uluwai, Kecamatan Mingkendek terkenal lebih aman dan cepat untuk menuju puncak.

Lokasi: perbatasan Kabupaten Luwu dan Kabupaten Tana Toraja (kawasan Pegunungan Latimojong, Sulawesi selatan).

3. Gunung di Sulawesi Latimojong

via hikenrun.com

Gunung Latimojong termasuk ke dalam daftar kategori seven summit of Indonesia. Gunung dengan ketinggian 3.478 meter diatas permukaan laut ini dikenal juga dengan sebutan Puncak Rantemario. Kamu bisa melalui Desa karangan sebagai titik pendakian awal yang bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua maupun empat. Dan untuk mencapai puncaknya, kamu harus melewati delapan pos, di mana setiap posnya terdapat tempat perisitirahatan.

Meskipun terkesan sangat melelahkan, rasa pegal seluruh tubuh kamu akan terbayarkan dengan pemandangan ceksotis di puncak. Jadi, nggak akan sia-sia kalau kamu mendaki gunung ini!

Lokasi: Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

4. Gunung Simbolong

via amberasima.wordpress.com

Gunung Simbolong atau Buntu Simbolong merupakan salah satu gunung tertinggi di Sulawesi dengan ketinggian mencapai 3.054 mdpl. Jalannya tidak terlalu ekstrem, sehingga cocok untuk pendaki pemula. Selain itu, gunung yang satu ini juga menjadi favorit pendaki karena menyuguhkan pemandangan yang sangat cantik dari ketinggian. Kamu seolah-olah berada di negeri di atas awan dengan hamparan awannya yang sangat tebal.

Selain itu, kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan hutan, bukit batu, dan perkebunan. So, siapkan kamera hp kamu dan capture pemandangan ini dari angle terbaik. Ajak teman-teman kamu juga biar lebih seru!

Lokasi: Desa Batu Ke’de, Kecamatan Masalle, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

5. Gunung di Sulawesi Tolangi Balease

via latimojong.wordpress.com

Gunung Tolangi Balease memiliki ketinggian hingga 3.016 mdpl. Jika ingin mendaki gunung ini, pastikan kamu pergi dengan seseorang yang sudah biasa melakukan pendakian atau bisa dibilang berpengalaman. Jalurnya cukup panjang dengan beberapa tanjakan yang sulit. Selain itu, di sana juga sulit mendapatkan air bersih, sehingga kamu harus membawa wadah air untuk di puncak nanti. Ada 7 pos pendakian yang akan kamu lalui, jadi kamu bisa berisitirahat di pos mana saja. Ada juga hutan lumut yang bisa kamu nikmati, lho!

Lokasi: Desa Bantimurung, Kecamatan Bone-Bone, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

6. Gunung Bambapuang

via pendaki.id

Gunung Bambapuang atau Buntu Kabobong memiliki ketinggian mencapai 1.021 mdpl. Gunung yang satu ii sering dijadikan tempat latihan mountain climbing karena bentuknya mirip seperti tebing batu. Untuk mencapai puncaknya, kamu hanya akan menghabiskan waktu beberapa jam saja. Namun, tetap saja kamu harus dalam keadaan sehat agar pendakian berjalan lancar.

Pemandangan dari atas puncak tentu akan membayar rasa lelah kamu. Kamu bisa bersantai sambil ngopi dan makan gorengan. Mantap!

Lokasi: Desa Bambapuang, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

7. Gunung Bulusaraung

via indonesiakaya.com

Gunung Bulusaraung jcocok bagi kamu yang masih pemula. Tingginya hanya 1.535 mdpl. Meskipun tidak setinggi gunung-gunung lainnya, jalur pendakian gunung ini bisa dibilang menantang, sehingga kamu jangan terlalu meremehkan. Hm.

Salah satu daya tarik dari gunung ini adalah adanya aneka jenis tumbuhan di sepanjang jalur pendakian. Di sana ada Pohon Kemiri, Pohon Rotan dan Kelapa. Tidak hanya tumbuhan, kamu juga bisa menemukan fauna khas seperti musang, kera hitam dan tentu saja kupu-kupu. Jangan usil kalau kamu tidak ingin dserang oleh mereka/

Itulah 7 gunung di Sulawesi yang wajib kamu coba. Persiapkan dari sekarang agar kamu mendapatkan pengalaman mendaki yang menyenangkan!

Berikan komentarmu

Related articles

 #cara buat api unggun #gunung bawakaraeng #gunung d sulawesi utara #gunung di sulawesi selatan #gunung di sulawesi termurah #gunung latimojong #peralatan naik gunung #tips naik gunung #wisata alam sulawesi #wisata alam terbaik #wisata hits sulawesi
Share di whatsapp

Pilihan editor