Share this
Share

Share

shares

7 Gunung di Indonesia, Jalur Pendakiannya Ekstrem Banget!

15 October 2020  Ajeng

Jalur pendakian gunung ekstrem di Indonesia menjadi daya tarik tersendiri bagi para pencinta trekking. Kamu harus melewati berbagai jalur terjal dan sesekali melewati jurang yang sangat dalam. Meskipun terkesan melelahkan, kamu akan puas jika sudah sampai di puncaknya. Jadi, ini sangat cocok bagi kamu yang suka menantang nyali di alam terbuka. Oleh karena itu, nggak ada salahnya mencoba tujuh gunung di Indonesia dengan jalur pendakian yang ‘menyeramkan’ di bawah ini.

1. Gunung Raung – Jawa Timur

via pecinta-alam.com

Gunung Raung dikenal sebagai salah satu gunung esktrem di Jawa Timur. Sepanjang jalur menuju puncak, kamu harus menggunakan peralatan panjat tebing karena area tersebut dikelilingi tebing curam dan jurang dengan kedalaman puluhan meter. Ditambah lagi, kamu juga harus menyebrang dari satu tebing ke tebing lainnya. Jalur ini tentu saja sangat menantang dan cocok bagi kamu yang ingin menantang nyali. Oh, ya, disini  kamu tidak bisa menemukan sumber mata air. lho.

2. Gunung di Indonesia, Binaiya – Maluku

via traval.co/

Gunung Binaiya menjadi salah satu gunung tertinggi di Maluku. Gunung yang satu ini selalu menjadi favorit para pendaki Seven Summits. Meskipun suasananya masih asri dan pemandangannya eksotis, kamu akan dihadapkan dengan jalur ekstrem. Ada beberapa jalur yang harus dilewati seperti sungai antar desa, tumbuhan berduri, pohon-pohon raksasa, pohon-pohon berlumut, dan masih banyak lagi.

Hal yang tidak kalah menantang adalah jalur tanjakan terjal dengan kemiringan 90 derajat. Kamu harus ekstra hati-hati karena tanjakan tersebut juga dipenuhi dengan bebatuan tajam. Namun, kamu akan merasa puas setelah sampai di puncaknya.

3. Puncak Cartenz – Papua

via batcaveminis.blogspot.com

Jalur pendakian Puncak Cartenz disebut-sebut sangat ekstrem. Jalur ini kabarnya sudah menelan banyak korban. Penyebabnya tidak hanya terjalnya medan, tetapi juga akibat cuaca ekstrem, kesalahan teknis, kondisi kesehatan, dan masih banyak lagi. Meskipun demikian, masih saja ada yang menguji nyali di Puncak Cartenz ini. Bagi sebagian orang, menaklukan puncak Cartenz adlah sebuah kebanggaan. Oleh karena itu, kalau kamu nggak punya nyali dan persiapan yang matang, jangan sesekali mendaki gunung ini apalagi jika tanpa pengawasan.

4. Gunung Latimojong – Sulawesi Selatan

via dok. Misbahuddin Tri Susanto

Selain tiga gunung di atas, Gunung Latimojong uga tidak kalah ekstremnya. Di awal-awal pendakian, kamu tidak akan menemukan jalur yang ‘mengerikan’. Namun, mulai dari pos enam, kamu harus melewati beberapa jalur terjal, trek yang berliku, dan bebatuan yang tajam.  Oleh karena itu, siapa saja harus memiliki persiapan yang matang dan juga stamina yang baik saat akan mendaki gunung ini. Berani?

5. Gunung di Indonesia, Arjuno – Jawa Timur

bia myblogwiddy.blogspot.com

Selain dikenal mistis, Gunung Arjuno juga terkenal dengan jalurnya yang ekstrem dan sangat menguras tenaga. Kamu harus melewati beberapa jalur yang dipenuhi oleh pohon cemara. Konon, banyak pendaki yang tiba-tiba linglung dan kehilangan arah, sehingga akhirnya mereka menjadi tersesat. Oleh karena itu, jangan mendaki sendirian. Ajak teman-teman kamu agar pendakian menjadi lebih seru.

6. Gunung di Indonesia, Leuseur – Aceh

via superadventure.co.id

Gunung Leuser memiliki jalur pendakian yang tidak kalah ekstrem. Namun, kesan ekstrem di gunung ini bukanlah jalur yang terjal dan juga jurang-jurang yang sangat mengerikan. Akan tetapi, kamu bisa bertemu dengan hewan buas sewaktu melakukan perjalanan di tengah hutan. Bahkan, beberapa pendaki pernah melihat ada harimau yang berkeliaran di sekitar gunung tersebut. Ngeri, nggak?

Meskipun masih banyak hewan buas yang berkeliaran, tidak sedikit orang yang ingin mendaki gunung yang satu ini. Demi keselamatan dan kemananan, setiap rombongan pendaki disarankan untuk menyewa guide. Konon, untuk bisa mencapai puncaknya, waktu yang dibutuhkan adalah sampai tujuh hari.

7. Gunung di Indonesia, Bukit Raya – Kalimantan Barat

indonesiakaya.com

Gunung yang dikenal ekstrem ini memiliki ketinggian 2000 mdpl. Gunung ini selalu diminati pendaki yang senang menantang nyali. Pasalnya, ada berbagai jalur ekstrem yang harus dilalui. Misalnya, hutan hujan tropis yang rapat, lumut, semak-semak, dan tanah yang lembab. Selain itu, disini juga kamu bisa menemukan banyak pohon yang tumbang, sehingga kamu harus ekstra hati-hati.

Meskipun dikenal ekstrem, Gunung yang satu ini menyuguhkan keindahan alam yang menyegarkan mata. Kamu bisa sesekali mengambil foto dari angle yang pas agar menghasilkan hasil foto yang ciamik.

Itulah tujuh gunung di Indonesia dengan jalur pendakian yang ekstrem. Kalau masih pemula, sebaiknya pilih gunung dengan jalur yang ‘enteng’ dan ramah pendaki. Kalau merasa sudah ‘pro’, kamu bisa coba salah satu dari gunung di atas.

Berikan komentarmu

Related articles

 #cara naik gunung #cartenz dimana #cerita horor gunung #gunundi bandung #gunung di bandung #gunung di jawa barat #gunung di papua #gunung masih ada hewan buas #gunung paling tinggi di indonesia #gunung tertinggi di indonesia #misteri di gunung #orang hilang di gunung
Share di whatsapp

Pilihan editor