7 Fakta Hantu Valak, Teror Mengerikan di Film The Conjuring 2

Spread the love

Perjalanan investigasi Ed dan Lorraine Warren tidak berhenti sampai di The Conjuring 1 saja. Di film The Conjuring 2, mereka harus berhadapan dengan iblis jahat yang mengganggu keluarga Hodgson. Sosok tersebut tak lain adalah Valak, makhluk jahat berwujud biarawati. Kemunculannya di film series kedua The Conjuring ini membuat Ed dan Lorraine mesti berdarah-darah untuk bisa menumbangkannya. Di sisi lain, sosok fiktif yang kemunculannya selalu nggak terduga ini sukses membuat penonton susah buat nggak teriak. Bahkan ada juga yang sampe merem-melek karena nggak tahan liat adegan yang ngeri-ngeri mampus. Btw, siapa sih sosok Valak ini? Kok bisa James Wan memilih karakter ini? Biar nggak penasaran, simak aja dulu lima fakta hantu Valak berikut ini.

1. Fakta Hantu Valak: Pemimpin Neraka

Sosok Valak ternyata bukan karangan semata. Dalam mitologi, Valak merupakan sosok iblis yang paling kuat. Saking kuatnya, si Valak ini sampai mendapatkan julukan President of Hell atau Presiden Neraka. Sebagai pemimpin, Valak ini memiliki kurang lebih 30 legion iblis. Satu legion ini bisa diartikan 5000 setan. Berarti dia memiliki kurang lebih 150000 pasukan. Dengan status ‘tertinggi’ di neraka, Valak ini kemungkinan punya jobdesc yang lebih ‘keren’ dibandingkan mengganggu Si Ed dan Lorraine.

2. Tercantum dalam 3 Kitab Kuno

The Conjuring 2 menghadirkan Valak sebagai sosok iblis yang datang dari zaman dahulu. Sosok yang satu ini sudah tercantum dalam tiga kitab kuno, yakni Dictionnaire Infernal (1863), Pseudomonarchia Daemonum (1583), dan Goetia (1904). Ketiga kitab tersebut menggambarkan sosok Valak ini sebagai pemimpin dari 30 pasukan iblis.

3. Sosok yang Paling Ditakuti Lorraine Warren

Film The Conjuring 2 ini dibuat berdasarkan kisah nyata. Saat itu, sosok Lorraine Warren yang asli pernah bertemu dengan sosok iblis dengam penutup kepala. Dalam sebuah wawancara, ia mengaku bahwa sosok tersebut adalah yang paling ditakutinya. Ia juga sempat bimbang melanjutkan pekerjaannya  sebagai paranormal setelah bertemu dengan hantu itu.

Sosok tersebut datang saat ia berada di rumahnya. Kehadirannya ditandai dengan hembusan angin yang berputar-putar dengan penutup kepala itu. Atas dasar itulah James Wan ini terinspirasi untuk membuat karakter Valak dengan wujud biarawati.

4. Fakta Hantu Valak: Memiliki Banyak Nama

Valak ternyata memilki nama lain. Sosok tersebut juga sering disebut sebagai Ualac, Valac, Valax, Valu, Valic, atau Volac. Nama-nama tersebut bisa  ditemukan dalam beberapa kitab-kitab sejarah dan manuskrip dari masa lalu, salah satunya adalah kitab pada abad ke 17 yang bertajuk The Lesser Key of Solomon.

5. Tidak Ada Hubungannya dengan Amityville

Sosok hantu Valak ini sebenarnya tidak ada hubungannya dengan kasus Amityville. Dalam film The Conjuring 2, sukma Lorraine melayang ke tahun 1974, yang mana pada saat itu terjadi kasus pembunuhan yang dilakukan oleh Ronald J. DeFeo Jr pada semua  keluarganya. Sosok hantu yang jadi teror pada kasus tersebut bukanlah valak.

Sedangkan Valak sendiri muncul dengan sendirinya di ruang bawah tanah Amityville. Lorraine Warren bertemu dengan Valak saat sosok tersebut sedang menjelajahi rumahnya.

6. Fakta hantu Valak: Sosoknya Kuat

Dalam kehidupan nyata, sosok Valak ni diceritakan sebagai iblis yang sangat kuat. Konon, ia akan tetap hidup meski sempat dimusnahkan. Dalam film The Conjuring 2, si Valak ini bisa menerbangkan lego dan membuat salib-salib di dinding menjadi terbalik. Sedangkan dalam kehidupan nyata, Valak ini sering dimintai tolong oleh para pengabdi setan untuk mencari solusi atas segala permasalahan.

7. Fakta Hantu Valak: Wujud Aslinya Bukan Biarawati

Sosok Valak sendiri wujudnya bukanlah biarawati seperti yang ditampilkan di film Conjuring 2 dan The Nun. Dalam kehidupan nyata, sosok Valak ini digambarkan sebagai malaikat kecil yang mengendarai naga berkepala dua. Menurut buku sihir abad XVII Lesser Key of Solomon, ia merupakan panglima dari 30 legiun iblis. Ia juga kerap disebut dengan panggilan Volac, Ualac, atau Volach.

Baca juga artikel menarik lainnya: 

Sinopsis Film The Conjuring 2

Buat kamu yang sampai detik ini masih takut nonton The Conjuring 2, ada baiknya baca dulu sinopsis singkatnya di bawah ini.

Film ini dimulai dengan kisah perjalanan investigasi supranatural sepasang suami istri,  Ed dan Lorraine Warren. Saat itu,mereka harus menangani kasus keluarga Hodgson di Enfield, London. Keluarga tersebut terdiri dari  Peggy Hodgson, anak perempuannya Janet, dan Margaret.

Kejadian-kejadian seram di rumahnya berawal dari keisengan Janet saat bermain permainan pemanggil arwah bersama sang kakak.  Janet kini sering tidur sambil berjalan dan merenung. Hingga suatu hari, Si Janet ini sering banget kesurupan. Bahkan, sosok  hantu bernama Bill Willkins ini turut meneror keluarga tersebut.

Pasangan Ed dan Lorraine lantas membantu keluarga Hodgson untuk menghilangkan teror tersebut. Malangnya, keduanya mengurungkan niat untuk membantu keluarga Hodgson setelah melihat sebuah video. Dalamwaktu yang bersamaan, si Lorraine ini tiba-tiba diganggu oleh sosoh hantu biarawati dengan wujud yang menyeramkan. Sosok tersebut akhirnya diketahui bernama Valak. Sosok tersebut sangat berambisi untuk membunuh suaminya. Nah, gimana akhirnya si Lorraine ini mengatasi masalahnya dan keluarga Hodgson? Tonton aja biar seruuuu….

Itulah lima fakta hantu Valak yang ada di film The Conjuring 2. Dengan mengetahui seluk beluknya, setidaknya pengetahuan tentang per-demon-an kamu jadi bertambah. Menurut kamu, adakah sosok iblis yang lebih seram dari Valak? Tulis di kolom komentar!

Berikan komentarmu