Share this
Share

Share

shares

7 Curug di Jawa Barat yang Jangan Sampai Kamu Lewatkan

22 August 2020  Ajeng

Menghabiskan waktu di alam terbuka tentu akan menyenangkan bagi sebagian orang. Kamu tidak akan pusing dengan penampakan jalanan yang penuh debu dan asap knalpot. Belum lagi suara bising klakson kendaraan roda empat yang saling bersahutan. Untuk itu, mari rehat sejenak. Pikirkan alam terbuka hijau yang bisa menyejukan mata. Semilir anginnya bisa menyejukan pori-pori kulit, dan mata airnya yang bisa mengusir dahaga. Jadi, apa yang terpikirkan? Curug di Jawa Barat? 

Curug atau air terjun menjadi opsi tempat terbaik untuk menghilangkan penat. Di Jawa Barat sendiri, setidaknya ada 7 curug yang selalu menjadi incaran wisatawan. Apa saja? simak rangkumannya di bawah ini.

1. Curug Cilember

via listofhappiness.com

Kamu pasti betah saat megunjungi curug yang satu ini. Curug Cilember terletak di Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua, Bogor. Curug dengan ketinggian 800 mdpl dan luas sekitar 8,9 hektar ini didominasi oleh perbukitan dan hamparan tanaman pinus merkusi yang sangat memukau.

Wisatawan yang berkunjung kesini selalu tertarik dengan 7 air terjun yang terususn cantik dan pesonanya yang masih alami. Curug ini sangat jauh dari keramaian kota, sehingga nggak heran kalau suasananya masih sejuk dan asri. Jadi, jak teman dan keluarga untuk liburan disini. Jangan lupa untuk mengabadikan momen bersama dibalik curugnya, ya!

2. Curug di Jawa Barat Cikaso

via Instagram @fikry.anshor

Kalau dilihat dari ketinggian, Curug Cikaso ini emang bikin speechless. Curug yang berlokasi di Kampung Ciniti, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi ini terbentuk dari tiga titik air terjun yang berdampingan dalam satu lokasi. Di bagian bawahnya pengunjung akan dimanjakan dengan penampakan kolam dengan warna airnya yang hijau kebiru biruan.  Mau nggak Instagrammable gimana coba?

Curug Cikaso atau Curug Luhur ini bisa ditempuh sekitar 110 kilometer dari Kota Sukabumi. Jadi, pake google map dulu kalau mau berkunjung kesini biar estimasi waktunya bisa tepat.

3. Curug Cibaliung

via piknikasik.com

Curug Cibaliung berada di Kampung Wadung, Desa Karangtengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Curug yang satu ini menawarkan pemandangan alam yang eksotis dan alami. Airnya yang jernih tidak bisa menahan siapapun untuk berenang. Kamu bisa lihat sendiri seperti gambar di atas. Enjoy banget, kan?

Di curug ini jga kamu bisa melakukan berbagai aktivitas. Misalnya, mengambil spot foto yang cantik, berpetualang, berenang, trekking, dan menikmati kejernihan air curug tersebut. Kalau bisa, bawa perlengkapan berenang sendiri biar lebih hemat budget!

4. Curug di Jawa Barat Sanghyang Taraje

via Instagram @irgimaulud_

Garut nggak cuma terkenal dengan kolam air panasnya. Di kota dodol ini, kamu bisa menemukan curug eksotis yang ada di Desa Pakanjeng, Kecamatan Pamulihan, Garut. Sebut saja Curug Sangyang Taraje. Curug yang ada di ketinggian 82 meter ini ada di tengah-tengah hutan dengan dua titik air terjun yang berdampingan. Menariknya, bentuknya terlihat seperti tangga.

Untuk mengunjungi curug ini, kamu cukup menyediakan uang Rp 6 ribu saja per orangnya. Untuk bekal dan sejenisnya, bawa sendiri aja dari rumah biar lebh hemat. Jangan lupa charge baterai hp kamu biar bisa foto-foto sepuasnya di sini!

5. Curug Mariuk

via denubay.com

Banyak orang yang belum tau dengan keberadaan curug ini. Curug Mariuk berada di Sukamulya, Sukamakmur, Bogor. Daya tarik dari curug ini adalah airnya yang sangat jernih yang cocok untuk dijadikan spot foto underwater. Selain itu kamu juga bisa free jump, free dive, berenang, dan masih banyak lagi. Namun, kamu harus hati-hati. Curug ini memiliki kolam dengan kedalaman 3 meter, sehingga sangat tidak disarankan untuk yang tidak bisa berenang. Apalagi disini tidak disediakan lifeguard. 

Untuk bisa menikmati keindahan curug ini, kamu cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 35 ribu saja.

6. Curug di Jawa Barat Panetean

via wisataoke.com

Kalau berkunjung ke Tasikmalaya, jangan lupa mampir ke curug yang satu ini. Curug Panetean berada di Desa Kubangsari, Kecamatan Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya. Objek wisata yang satu ini menjadi incara wisatawan karena pemandangan sekitarnya yang masih sangat alami. Ditambah lagi dengan penampakan air terjunnya yang cantik, sehingga cocok untuk dijadikan spot selfie.

Curug ini dinamakan Panetean karena bentuknya mirip dengan tetean (Bahasa Sunda) atau tangga untuk berjalan kaki. Objek wisata ini buka dari jam 8 pagi sampai jam 3 sore. Harga tiketnya cuman Rp 2 ribu aja per orang. Murah, ya!

7. Curug Jagapati

via Instagram @ali_babah83

Untuk bisa menikmati pemandangan alam yang serba hijau dan asri, bisa banget datang ke Curug Jagapati. Curug ini ada di Kampung Padarame, Desa Neglasari, Kecamatan Cisompet, Garut. Di sini, kamu akan disuguhi dengan penampakan empat level air terjun yang sangat cantik. Airnya tentu saja sangat jernih, sehinga pengunjung bisa berenang di curug ini. Harga tiketnya cuman Rp 10 ribu aja, kok!

Namun, kamu sebaiknya tidak mengunjungi curug ini di hari-hari tertentu. Menurut juru kuncinya, pengunjung tidak diperbolehkan datang pada hari Selasa dan Jumat.

Itulah 7 curug di Jawa Barat yang bisa kamu kunjungi saat merasa penat dan bosan. Ajak teman dan keluarga untuk bisa bersenang-senang di alam terbuka air terjun!

Berikan komentarmu

Related articles

 #air terjun terbaik #air terjun terdekat #curug barong #curug di bandung #curug hits 2020 #curug maribaya #curug nangka #objek wisata alam #objek wisata alam di bandung
Share di whatsapp

Pilihan editor