7 Cerita Hantu Noni Belanda, Teror Seram Sosok Gadis Cantik

Spread the love

Saat ngumpul bareng temen, hal-hal yang dibahas nggak selalu berupa bahasan yang terkesan “classy”. Namun, hal receh seperti ngomongin hantu juga seringkali jadi topik bahasan yang nggak kalah seru. Apalagi kalau ternyata sosok yang diceritakan adalah Noni Belanda, sosok gadis cantik turunan Belanda yang katanya cantik tapi lumayan bikin bergidik. Sosok tersebut rupanya seringkali dijumpai di beberapa tempat atau bangunan, khususnya yang pernah menjadi saksi bisu penjajahan Belanda. Cerita hantu Noni Belanda ini juga sudah tidak asing lagi, dan banyak manusia-manusia Tanah Air yang menjadi saksi keberadaan mereka. Untuk itu, langsung aja simak tujuh ceritanya di bawah ini.

1. Cerita Hantu Noni Belanda di Lawang Sewu

Cerita hantu Noni Belanda pertama datang dari Lawang Sewu, gedung tua yang berlokasi di pusat Kota Semarang. Konon, sosok hantu noni Belanda ini mulai muncul di gendung tersebu saat tentara Jepang masuk menyerbu gedung Lawang Sewu. Saat itu, tejadi peristiwa pemerkosaan terhadap 20 noni Belanda oleh tentara Jepang. Usai digauli, 20 noni Belanda tersebut dihabisi nyawanya dengan digantung. Sejak peristiwa itulah sosok hantu noni Belanda sering menampakan diri di Lawang Sewu.

Warga Kampung Prembaen, Semarang Tengah, Kota Semarang, bernama Toha mengaku pernah melihat sosok noni Belanda. Saat itu, ia sedang memancing di sungai sekitar Lawang Sewu. Noni Belanda saat itu menampakan dirinya dengan rupa cantik, rambut panjang terurai, dan bergaun dress putih. Sosok tersebut terlihat mondar-mandir di sekitar Lawang Sewu.Bahkan, Toha menyatakan kalau wajah noni Belanda tersebut penuh dengan darah dan mukanya menebar senyum.

2. Gedung Marabunta

Gedung Marabunta ini dulunya merupakan sebuah pusat pertunjukkan opera. Konon, tempat ini terkenal dengan sosok noni belanda yang menyeramkan. Kemunculan sosok tersebut berawal dari cerita seorang perempuan cantik pengisi opera di Gedung Marabunta, yang dijuluki Putri Matahari yang merupakan gadis turunan Belanda. Nama tersebut disematkan pada perempuan tersebut karena parasnya yang cantik dan membuat ribuan pasang mata penonton terkesima. Sepanjang kariernya, Putri Matahari ini berhasil memikat hati pasukan Belanda.

Namun, Putri Matahari ini akhirnya diketahui sebagai mata-mata dari pasukan Jerman. Akhirnya, ia dijatuhi hukuman mati dengan cara digantung. Untuk itu, saat ini masyarakat seringkali melihat sosok Putri Matahari a.k.a noni Belanda tersebut menampilkan opera.

3. Cerita Hantu Noni Belanda di Toko Merah

Toko Merah juga terkenal dengan cerita mistinya, apalagi kalau bukan berkaitan degan sosok noni Belanda. Katanya, sosok tersebut sering menampakan diri di balik kaca jendela, dan wajahnya tampak melihat ke arah luar. Dulunya, sosok tersebut membela etnis Tionghoa pada kejadian Geger Pecinan. Namun, ia tewas dalam tragedi pembantaian dan wajahnya hancur akibat diinjak-injak orang Belanda.

Di sisi lain, Wati, seorang penjual minuman di area Toko Merah belum pernah mengalami hal-hal mistis selama berjualan di depan toko tersebut selama sepuluh tahun. Namun, ia mengaku pernah menjadi saksi kejadian kesurupan pengunjung-pengunjung di depan toko tersebut. Mereka berteriak-teriak menggunakan Bahasa Belanda.

4. Museum di Jakarta

Salah satu museum di Jakarta jug a terkenal sebagai tempat bermukimnya sosok noni Belanda. Seorang mantan satpam jaga di museum yang berlokasi di Ibu Kota DKI Jakarta menceritakan pengalamannya selama tiga tahun bekerja di sana. Katanya, disana sering terlihat penampakan hantu noni Belanda, anak kecil, hingga hantu pasukan tanpa kepala di museum ini.

Bahkan suara tangisan, benda jatuh, hingga bau amis misterius juga sering terjadi di sekitar museum. Salah satu satpam senior mencerirtakan bahwa museum tersebut juga menjadi tempat tinggal noni Belanda bernama Arabella. Sosok tersebut adalah yang paling hobi mengganggu satpam, dengan membuat mereka melihat hal-hal yang menyeramkan.

5. SMAN 5 Bandung

SMA Negeri 5 Bandung juga terkenal dengan kisah noni Belandanya. Sekolah favorit yang terletak di Jalan Belitung, Bandung, ini konon ada kaitannya dengan kisah  keluarga yang mempunyai anak bernama Nancy. Si Nancy ini katanya jatuh cinta pada orang pribumi, dan ingin menjadi kekasihnya. Namun, orang tuanya tidak memedulikan apa yang menjadi keinginan Nancy. Akhirnya, perempuan tersebut bunuh diri dengan melompat dari tangga dekat aula sekolah.

Sosok Nancy tersebut katanya akan menampakan diri dari jendela atas kalau kita mengelilingi sekolah tersebut hingga tiga kali. Rupa sosok Nancy in katanya mengerikan, karena ada darah yang mengalir di sudut bibirnya.

6. Kuburan Belanda Ereveld

Kuburan ini begitu cantik, dengan nuansa putih yag mendominasi dan nisan berbentuk salib. Namun, kuburan Belanda Ereveld disebut-sebut punya kisah mistis dibaliknya. Ini diperkuat dengan adanya penampakan sosok makhluk halus di kawasan sisi barat Ancol ini. Kuburan ini menjadi peristirahatan terakhir tentara-tentara Belanda yang kalah perang, juga noni-noni Belanda yang mati tragis.

Mengerikannya lagi, sosok noni Belanda tersebut sering terlihat gentayangan di sekitar kuburan. Bahkan sesekali mereka juga mengeluarkan suara rintihan yang menyeramkan. Untuk itu, nggak heran kalau malam hari suasana di sekitar kuburan ini begitu mencekam sekaligus bikin merinding. Bahkan, dipastikan nggak ada orang yang nongkrong di sekitar sana. Yakali..sapa juga yang mauu 🙁

7. Cerita Hantu Noni Belanda di Goa Belanda

Kisah noni Belanda lainnya ada di Goa Belanda. Goa yang satu ini memang terkenal dengan suasana mistisnya. Yang paling terkenal adalah suara jeritan misterius seorang perempuan, seperti kesakitan akibat dibantai. Bahkan ada juga sosok yang sering menampakan diri di goa ini. Apalagi kalau bukan hantu noni Belanda, dengan parasnya yang cantik khas perempuan Belanda jaman dulu. Meski digambarkan cantik, tetap saja sosok tersebut menyeramkan.

Baca juga artikel menarik lainnya:
Berikan komentarmu